Ragam Cara Menghilangkan Kutu Air yang Membandel

10 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 17 Feb 2022

Masalah kutu air baik di tangan maupun kaki kerap memberikan efek gatal dan nyeri yang membuat tidak nyaman. Namun, masalah kutu air membandel bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Banyak cara menghilangkan kutu air yang bisa dilakukan baik dengan bantuan bahan alami atau obat medis. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\6\Ragam Cara Menghilangkan Kutu Air yang Membandel.jpg

Lantas, apa saja obat alami dan obat medis yang ampuh sebagai cara menghilangkan kutu air membandel? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Bahan Alami

Bahan-bahan alami konon memberikan efek penyembuhan yang baik bagi penyakit apapun. Hanya saja, efek tersebut bekerja lebih lama bila dibandingkan dengan obat-obat medis yang lain. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kutu air di antaranya sebagai berikut. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\6\Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Bahan Alami.jpg

Daun Sirih

Daun sirih mengandung antiseptik yang bisa membunuh kuman penyebab kutu air. Sehingga, cara menghilangkan kutu air dengan bantuan daun sirih dinilai cukup ampuh. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun sirih dengan garam. 

Baca juga: 15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat 

Lalu, air rebusan tersebut digunakan untuk merendam kaki. Lakukan hal ini selama setengah jam untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Sebisa mungkin, lakukan pula secara rutin, supaya kuman penyebab kutu air bisa cepat hilang. 

Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi.  Kandungan tersebut sangat baik dalam meredakan gatal serta nyeri yang diakibatkan oleh kuman kutu air. 

Cara menghilangkan kutu air dengan bawang putih bisa dilakukan dengan menumbuk satu siung bawang putih. Lalu, tempelkan bawang putih tersebut di bagian kaki atau tangan yang terkena kutu air. Diamkan untuk beberapa saat. Supaya segera sembuh, kamu bisa mencoba melakukannya secara rutin dalam beberapa hari sekali. 

Garam

Garam sudah cukup terkenal sebagai bahan alami yang bagus untuk mengatasi peradangan. Hal ini karena garam memiliki kandungan yang bisa membunuh jamur yang menyebabkan kutu air. Namun, jangan menaburkan garam langsung di atas kutu air ya.

Campurkan garam dengan air hangat untuk pengaplikasiannya. Kemudian, gunakan air tersebut untuk merendam kaki setidaknya selama setengah jam. Lakukan hal ini secara rutin dan lebih baik jika dilakukan sekali dalam satu hari. 

Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil atau disebut juga dengan minyak pohon teh sering kali dirujuk sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit. Bahan yang terkandung dalam tea tree oil sangat ampuh memberantas jamur hingga bakteri membandel penyebab kutu air. 

Kandungan antioksidan dalam tea tree oil juga sangat tinggi, sehingga mampu mencegah terjadinya radikal bebas di kulit. Aplikasi atau cara menghilangkan kutu air dengan bantuan tea tree oil sangatlah praktis. Cukup dengan mengoleskan tea tree oil pada bagian yang terkena kutu air sebanyak 3 kali dalam sehari. Lakukan rutin dan hasil akan tampak sedikit demi sedikit.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan 

Minyak Oregano

Satu lagi bahan alami yang bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kutu air yaitu minyak oregano. Minyak satu ini mengandung fenol atau senyawa antiseptik yang sangat aktif dalam membunuh jamur. Selain itu, fenol juga mampu mencegah pertumbuhan mikroba yang ada dalam tubuh. 

Menggunakan minyak oregano bersamaan dengan minyak pohon teh bisa membantu memaksimalkan hilangnya kutu air. Caranya campurkan 2 tetes minyak oregano dan 3 tetes minyak pohon teh. Oleskan pada bagian yang mengalami kutu air sebanyak 3 kali dalam sehari. 

Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Obat Medis

Tidak hanya bisa dihilangkan dengan bahan alami, obat-obat medis juga mampu membantu penyembuhan kutu air yang membandel. Jenis obat medis yang bisa digunakan cukup bervariasi dan pastikan untuk memahami cara penggunaannya, supaya tidak sampai menyebabkan iritasi.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\PIC\6\Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Obat Medis.jpeg

Sumber gambar: halodoc.com

Butenafine

Butenafine adalah jenis obat medis berbentuk salep yang bisa ditemukan di apotek atau toko obat terdekat. Cara menghilangkan kutu air dengan butenafine dapat dilakukan dengan mengoleskan perlahan pada kulit yang terkena kutu air. 

Jangan mengoleskan Butenafine pada bagian kulit yang tidak bermasalah kutu air, karena bisa menyebabkan infeksi. Lakukan sesuai dengan aturan dalam kemasan. Disamping itu, jangan terlalu sering menggunakannya apalagi sampai melebihi batas aturan pakai. 

Clotrimazole

Clotrimazole umumnya bukan hanya bisa digunakan untuk kutu air. Melainkan obat ini juga kerap dipakai untuk mengobati penyakit kulit lainnya akibat infeksi jamur. Gunakan obat Clotrimazole sebagai cara menghilangkan kutu air dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang terjangkit kutu air. 

Baca juga: Penyebab dan 9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut 

Penggunaannya biasanya sekitar 2 kali dalam sehari dengan jangka waktu 4 minggu hingga 8 minggu. Obat ini tersedia di apotek atau bisa dengan resep dokter supaya lebih aman. Seperti halnya obat lainnya, gunakan obat ini secara teratur sesuai dengan aturan pakai supaya mendapat hasil yang optimal. 

Miconazole

Cara menghilangkan kutu air dengan obat medis lainnya adalah dengan bantuan Miconazole. Obat ini memiliki fungsi antijamur dan kerap pula dipakai untuk menghilangkan penyakit kurap. Berbeda dari obat-obat sebelumnya, Miconazole tersedia dalam bentuk yang bervariasi, mulai dari krim, bubuk, dan spray atau semprot. 

Sebaiknya hanya menggunakan obat ini untuk bagian luar, karena kegunaannya yang memang tidak digunakan untuk obat dalam. Selain itu, Miconazole juga tidak bekerja secara maksimal diketahui hanya bekerja maksimal pada bagian kulit yang terkena kutu air. Sedangkan bagian kuku yang terdampak biasanya tidak bisa disembuhkan dengan obat ini.

Terbinafine

Obat Terbinafine sebagai alternatif cara menghilangkan kutu air, mempunyai banyak fungsi. Beberapa diantaranya mampu mengobati infeksi jamur dan mencegah pertumbuhan jamur kembali. Oleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang terkena kutu air. 

Anjuran penggunaan Terbinafine adalah 2 kali dalam sehari. Sehingga, usahakan untuk tidak menggunakannya melebihi aturan pakai. Untuk menghindari infeksi lebih lanjut, gunakan tangan yang bersih saat mengoleskan Terbinafine. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan kembali setelah selesai mengoleskan Terbinafine.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Berikut Ini! 

Tolnaftate

Tolnaftate sebagai obat pembasmi kutu air bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi kulit. Penggunaan Tolnaftate bisa membantu mengurangi rasa gatal, nyeri, dan rasa terbakar akibat kutu air. 

Obat ini memiliki beberapa bentuk mulai dari krim, bubuk, gel, cairan, hingga spray. Umumnya, cara menghilangkan kutu air dengan Tolnaftate akan ampuh bila diaplikasikan sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika kondisi kutu air sudah membaik, disarankan untuk tetap menggunakan obat ini hingga 2 minggu setelah kondisi membaik. 

Tujuannya supaya kutu air tidak kembali lagi menyerang kulit. Sebelum menggunakan obat, cuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari infeksi. Begitu juga setelah selesai mengoleskan, jangan lupa untuk cuci tangan kembali. 

Nah, sebenarnya cukup banyak cara menghilangkan kutu air yang bisa dilakukan oleh Sobat Pintar. Baik itu dengan bahan alami maupun obat medis, pastikan untuk menggunakannya secara rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download