5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

08 Jun 2021 by kreditpintar, Last edit: 10 Mar 2022

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sangat sering menyerang kita. Gejala dari penyakit ini biasanya ditunjukan dengan peradangan ataupun luka dalam bibir, mulut, maupun permukaan gusi. Apa penyebab sariawan? Dan bagaimana cara mengobati sariawan yang efektif?

penyebab sariawan

Buat kamu yang penasaran ataupun sedang mencari cara mengobati sariawan, simak artikel lengkapnya di bawah ini sampai habis.

Penyebab Sariawan

Sebelum mengetahui cara mengobati sariawan, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari penyakit ini. Sariawan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun yang paling umum adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Selain itu, sariawan juga dapat disebabkan oleh peradangan usus. Pembengkakan yang terjadi pada usus ini membuat kamu lebih sulit menyerap nutrisi dari makanan, sehingga tubuh kamu sulit untuk menyerap asam folat dan vitamin B12.

Berikut ini 5 penyebab sariawan yang paling umum:

Baca juga: Ragam cara menghilangkan kutu air yang membandel.

1. Kekurangan Vitamin B12

Penyebab sariawan yang pertama adalah akibat kurangnya asupan vitamin B12. Kekurangan B12 dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kelelahan, sakit kepala, depresi, kulit pucat atau kuning, gangguan mental, serta nyeri dan peradangan di mulut dan lidah (sariawan).

Kebanyakan kasus kekurangan vitamin B12 biasanya terjadi pada anak-anak. Hal ini karena mereka masih pilih-pilih pada makanan dan menghindari makanan yang mengandung vitamin B12.

Berikut ini makanan yang punya kandungan tinggi dalam vitamin B12:

  • Hati dan ginjal hewan
  • Remis
  • Ikan sarden
  • Daging sapi
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Susu dan produk olahannya
  • Telur

2. Adanya Luka pada Bagian Mulut

Selanjutnya penyebab sariawan lainnya adalah adanya luka pada mulut. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebersihan mulut yang tidak terjaga, menggosok gigi yang terlalu menekan, dan lain-lain.

Untuk menghindarinya, kamu harus menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memilih pasta dan sikat gigi yang benar, berkumur dengan obat kumur, menghindari rokok, dan lain-lain.

3. Imun Tubuh yang Lemah

Sistem daya tahan tubuh dapat melindungi kamu dari berbagai zat berbahaya, kuman dan perubahan sel yang bisa membuat tubuh sakit. Jika sistem imun lemah, tubuh kamu akan mudah terinfeksi penyakit.

Salah satu penyakit yang sering menyerang karena imun tubuh yang lemah adalah sariawan. Oleh karena itu, menjaga imun tubuh merupakan aktivitas penting dalam kesehatan. 

Ada beberapa cara untuk menjaga imun tubuh tetap kuat seperti tidak merokok, diet yang sehat, olahraga teratur, dan lain-lain.

4. Pemakaian Obat

Obat memang punya manfaat yang baik untuk mengobati penyakit. Namun, jika tidak dikonsumsi dengan benar, pemakaian obat justru bisa menjadi malapetaka dan menghadirkan penyakit seperti sariawan.

Obat-obat seperti ibuprofen dapat menyebabkan timbulnya sariawan.

5. Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Seperti yang diketahui, makanan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika makanan yang kita konsumsi ternyata tidak sehat, maka penyakit pun akan mudah datang.

Salah satu makanan yang termasuk tidak sehat adalah makanan yang terlalu pedas, panas, berminyak, dan lain-lain. Untuk mencegah sariawan, kamu bisa membatasi atau bahkan menghentikan konsumsi makanan seperti ini.

Gejala Sariawan

Selain membuat peradangan pada mulut, sariawan juga berpotensi memunculkan gejala lain seperti di bawah ini:

  • Kram perut 
  • Diare
  • Gangguan pencernaan 
  • Cepat marah
  • Kram otot 
  • Mati rasa 
  • Kepucatan 
  • Penurunan berat badan

Baca juga: 3 Makanan Ini Dapat Membantu Menambah Imun Tubuh Untuk Lawan COVID-19!

Cara Mengobati Sariawan

Ada berbagai cara dalam mengobati sariawan, mulai dari yang alami sampai dengan medis. Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan yang efektif.

1. Antibiotik

Antibiotik dapat  membunuh pertumbuhan berlebihan dari bakteri yang menyebabkan sariawan. Antibiotik dapat diberikan untuk jangka waktu dua minggu atau satu tahun. 

Salah satu antibiotik yang populer untuk mengobati sariawan adalah tetrasiklin. 

Jenis antibiotik Ini tersedia secara luas, murah, dan telah terbukti efektif.

2. Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam kasus sariawan, pilihlah buah ataupun sayuran yang banyak mengandung vitamin C, vitamin B, serta zat besi.

Salah satu buah-buahan yang paling populer untuk sariawan adalah jeruk. Selain rasanya yang enak, jeruk ternyata bisa mengobati sariawan dengan efektif karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

3. Berkumur dengan Air Garam

Tahukah kamu jika ternyata air garam bisa mengobati sariawan? Hal ini karena garam memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang berguna dalam pengobatan sariawan.

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat pengobatan sariawan serta mengurangi nyeri yang dihasilkan. Caranya, kamu bisa menggunakan 1 sendok garam dengan ½ cangkir air hangat. Selanjutnya, kumurkan air tersebut selama 15-30 detik.

4. Air Kelapa

Selain rasanya yang segar, air kelapa juga dipercaya bisa menyembuhkan sariawan. Buah ini dipercaya bisa menyembuhkan serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. 

Selain itu, kelapa juga disebut bisa membuat suhu tubuh lebih sejuk. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab dari sariawan adalah suhu tubuh yang tinggi.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sariawan menggunakan kelapa. Selain diminum langsung, kamu juga bisa mencampurkan susu kelapa dengan madu lalu mengoleskannya pada bagian tubuh yang terkena sariawan.

5. Madu

Madu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mengobati sariawan. Seperti garam, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang cukup tinggi. Cara menggunakannya juga gampang, kamu cukup membalurkan madu pada bagian yang terkena sariawan.

6. Kantung Teh

Kantung teh memiliki berbagai manfaat termasuk mengandung basa yang bisa menetralisir sifat asam pada mulut. Selain itu, daun teh juga bermanfaat dalam mengobati sariawan pada mulut karena mengandung antioksidan.

Caranya, kamu bisa mengkompres kantung teh pada bagian yang terkena sariawan selama 5 menit. Jenis teh yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sariawan adalah teh hitam biasa ataupun teh chamomile.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal karena manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut.. Banyak orang memanfaatkan tumbuhan ini dengan cara mengoleskannya pada rambut.

Selain untuk kecantikan, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa membalurkan gel lidah buaya pada mulut yang terkena sariawan.

Selanjutnya, biarkan lidah buaya tersebut menempel selama  beberapa jam dan lakukan aktivitas ini selama 2 sampai 3 kali sehari.

8. Es Batu

Tereksan sepele, ternyata es batu juga punya manfaat baik bagi kesehatan terutama untuk mengobati sariawan. Hal ini karena sariawan dapat membengkak seiring berjalannya waktu. 

Nah, untuk mengurangi atau mengempiskan pembengkakan tersebut, kamu bisa menggunakan es batu dengan cara dikompres menggunakan balutan kain. Lakukan kegiatan ini selama kira-kira 20 sampai 30 menit.

Baca juga: 4 Cara Mengolah Lidah Buaya di Rumah

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download