Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Berikut Ini!

08 Jun 2021 by kreditpintar
Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Berikut Ini!

Penyakit sariawan pada umumnya terjadi di dalam rongga mulut. Biasanya, akan timbul pada permukaan bibir dalam, dinding mulut di sisi kanan maupun kiri. Bahkan beberapa penderitanya juga mengalami pada bagian lidah dan bibir. Penderita yang mengalaminya akan cenderung merasakan perih dan sakit yang sangat mengganggu, tak hanya ketika makan atau minum sesuatu, tetapi juga ketika berbicara.

Penyebab Sariawan

Sebelum mengetahui bagaimana cara meredakan penyakit ini, ada baiknya diketahui terlebih dahulu apa sih yang menyebabkannya timbul dan menyerang rongga mulut. Penyebab munculnya sariawan adalah disebabkan oleh adanya infeksi jamur atau virus. Tak hanya itu, alergi pada jenis makanan tertentu juga menjadi pemicu timbulnya penyakit ini. Sobat Pintar juga bisa terserang karena adanya kekurangan suatu nutrisi tertentu.

Penyebab lain yang mungkin terjadi paling sering adalah turunnya imun, daya tahan tubuh, atau kekebalan tubuh yang bermasalah. Imun yang menurun akan memudahkan virus dan bakteri untuk menyerang bagian tubuh kita. Selain itu, perubahan hormon baik pada laki-laki atau perempuan (biasanya ketika perempuan mengalami menstruasi) juga bisa menjadi pemicu. Kondisi rongga mulut yang terlalu kering, terdapat luka mulut, hingga kebiasaan merokok juga merupakan hal-hal yang mungkin menyebabkan luka mulut akibat panas dalam.

Cara Mengobati dengan Obat Alami

Ada berbagai cara untuk mengobati penyakit ini, salah satunya adalah dengan mengandalkan obat-obatan alami. Apa itu obat-obatan alami? Obat alami didefinisikan sebagai obat yang non kimia. Obat ini dapat diperoleh dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia sama sekali. Ini lebih aman untuk dikonsumsi dalam waktu jangka panjang.

Apabila tidak diobati, pada umumnya luka mulut akibat panas dalam akan sembuh sendiri namun membutuhkan waktu yang cukup panjang, yaitu berkisar antara 10 hari hingga 14 hari. Hal ini tentu akan sangat mengganggu karena Sobat Pintar harus menderita tiap kali makan, minum, tertawa, maupun berbicara dalam kurun waktu beberapa minggu. Oleh karena itu, untuk mempercepat penyembuhannya, maka perlu cara meredakan yang tepat. 

Obat alami pertama yang mampu menyembuhkan penyakit infeksi di rongga mulut ini yaitu melalui langkah berkumur dengan air yang telah dilarutkan dengan garam. Larutan garam dapat Sobat Pintar buat sendiri dengan mencampurkan ½ cangkir berisi air hangat dengan 1 sendok teh garam. Setelah garam betul-betul larut, gunakan air tersebut untuk berkumur selama 15 detik hingga 30 detik, dan ulangi beberapa kali. 

Lakukan langkah berkumur ini setiap hari hingga luka mulut akibat panas dalam yang Sobat Pintar derita bisa mereda. Larutan garam sangat efektif dalam meredakan keluhan peradangan dan nyeri akibat luka mulut akibat panas dalam. Larutan garam juga dapat melakukan penyembuhan dan perbaikan pada jaringan rongga mulut, lidah, gusi, maupun bibir akibat terserang penyakit ini. Selain dengan garam, Sobat Pintar bisa menggunakan baking soda untuk membuat larutan berkumur.

Obat alami yang selanjutnya adalah teh chamomile. Teh jenis ini dikenal dengan kandungannya yang baik, yaitu levomenol dan azulene yang dikenal sebagai senyawa yang mampu menjadi antiseptic maupun anti radang terbaik sehingga dapat meredakan nyeri dan mempercepat proses untuk penyembuhan luka mulut akibat panas dalam. Sobat Pintar bisa menggunakan kantong teh chamomile untuk mengompres bagian yang terasa nyeri. 

Caranya, rendam terlebih dahulu teh chamomile ke dalam air hangat selama beberapa detik hingga terasa panas, lalu gunakan untuk mengompres luka di dalam rongga mulut. Setiap kompresan membutuhkan waktu berkisar 5 menit. Lakukanlah kompresan kantong teh chamomile sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin setiap hari agar luka tersebut segera sembuh dan rasa nyeri benar-benar reda. 

Selanjutnya, Sobat Pintar bisa gunakan madu untuk menyembuhkan luka di dalam rongga mulut Sobat Pintar. Madu juga dikenal dengan kandungan sebaiknya yang bersifat anti bakteri dan juga anti radang. Cara menyembuhkan dengan madu sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskan permukaan luka dengan madu tersebut dan lakukan pengulangan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari secara rutin setiap harinya. Pilih jenis madu murni yang belum mengalami proses pasteurisasi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain dengan obat alami, Sobat Pintar bisa memperbaiki kebiasaan makan dengan memperkaya kandungan vitamin C, vitamin V, nutrisi, zat besi, dan juga zinc. Kandungan-kandungan vitamin dan nutrisi tersebut sangat baik untuk meredakan luka luka mulut akibat panas dalam sekaligus mencegahnya datang di kemudian hari. Makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus maupun bakteri penyakit.

Makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi di atas dapat ditemui pada beraneka jenis sayuran maupun buah-buahan. Sobat Pintar juga bisa menemukannya pada suplemen tambahan makanan untuk menyederhanakan dan mempercepat pemenuhan asupan tubuh. Selain vitamin, mineral, dan nutrisi, pastikan juga kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik. 

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan rongga mulut menjadi kering sehingga luka mulut akibat panas dalam dapat  mudah menyerang. Bagi Sobat Pintar yang memiliki kebiasaan merokok, disarankan pula untuk tidak merokok terlebih dahulu sampai keluhan nyeri akibat penyakit ini benar-benar sembuh. Selanjutnya juga diperlukan pengurangan frekuensi merokok demi kesehatan rongga mulut Sobat Pintar. 

Yang Perlu dilakukan Agar Sariawan Tidak Semakin Parah

Ketika sedang menderita luka di dalam rongga mulut, disarankan beberapa hal agar luka tersebut tidak semakin parah. Selain menghindari kebiasaan merokok, Sobat Pintar juga perlu menghindari kebiasaan menyentuh bagian permukaan yang terluka karena beresiko menimbulkan jenis bakteri baru yang berasal dari jari Sobat Pintar. Kemudian, hindari makanan yang asam, pedas, dan makanan bertekstur keras seperti kacang, keripik, dan sebagainya.

Konsumsi makanan dengan tekstur lunak sehingga mudah ditelan tanpa perlu proses mengunyah terlalu banyak. Kurangi pula minum-minuman manis dan mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda. Jangan mengkonsumsi alkohol terlebih dahulu. Apabila minum, disarankan untuk menggunakan sedotan untuk mengurangi rasa sakit pada permukaan mulut. Rutinlah menggunakan larutan atau obat berkumur untuk meredakan nyeri.

Cara Mencegah

Selain mengetahui apa saja cara meredakan penyakit ini, Sobat Pintar juga perlu mengetahui cara mencegah agar tidak lagi terserang di kemudian hari. Yang pertama yaitu dengan menghindari jenis-jenis makanan yang berisiko melukai dan mengiritasi rongga mulut seperti makanan dengan tingkat pedas dan asam yang tinggi. Hindari makan ketika kondisi makanan masih terlalu panas. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lebih halus atau lembut untuk menggosok gigi agar tidak menyebabkan luka maupun iritasi.

Jaga dengan baik kondisi kebersihan rongga mulut dan gigi Sobat Pintar dengan melakukan sikat gigi sebanyak minimal 2 kali dalam sehari. Kemudian. hindari pula pembersih mulut yang memiliki kandungan sodium lauryl sulfate karena kandungan tersebut berisiko mengiritasi rongga mulut.

Demikianlah informasi terkait apa saja penyebab dan cara mengobati luka mulut akibat panas dalam. Sobat Pintar juga bisa menjumpai dokter untuk keluhan yang tidak kunjung sembuh hanya dengan pengobatan secara alami saja. Dan apabila Sobat Pintar menderita luka mulut akibat panas dalam terlalu sering, temui dokter untuk melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload