4 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Tanpa Tumbuh Lagi

07 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Sebagian dari wanita akan merasa risih jika memiliki bulu kaki lantaran dapat dianggap merusak penampilan. Apalagi, bagian kaki merupakan salah satu mahkota pada wanita agar lebih terlihat cantik dan percaya diri. Oleh sebab itu, banyak cara menghilangkan bulu kaki yang disarankan oleh beberapa pakar agar penampilan makin menawan. 

Ada berbagai cara menghilangkan bulu kaki yang dapat dipilih seseorang seperti menggunakan alat pencukur sederhana atau yang menggunakan teknik waxing kaki dan menggunakan laser.

Namun, pada artikel ini akan Kredit Pintar rangkum dari berbagai sumber beberapa cara menghilangkan bulu kaki yang lebih terjangkau dan dapat dikerjakan di dalam rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Baca juga: Wajib Coba! Rekomendasi Skin Care Lokal, Ramah di Kantong

Penyebab Bulu Kaki Cepat Panjang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bulu kaki cepat panjang, antara lain:

1. Seringnya mencabut bulu

Niatan untuk memiliki kaki yang bersih dari bulu lebat membuat Sobat Pintar sering mencabut bulu kaki.

Namun itu merupakan teknik yang salah lantaran bulu yang secara paksa dikeluarkan dari folikel akan merangsang pertumbuhannya lebih tebal.

Lebih dianjurkan untuk mencukur atau menggunakan krim penghilang bulu jika berniat menghilangkan bulu kaki.

2. Masa Kehamilan

Seperti dilansir dari American Pregnancy Association, masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab bulu kaki panjang lantaran pada masa kehamilan memicu perubahan hormon pada wanita.

3. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Obat steroid dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, obat yang terkadang digunakan untuk mengatasi Endometriosis.

Tak hanya itu, obat berasal dari hormon androgen juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di seluruh bagian tubuh, tak terkecuali pada bagian kaki.

Teknik dan Cara Menghilangkan Bulu Kaki

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat mempengaruhi tumbuhnya bulu kaki, ada beberapa cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk dapat dengan cepat dan mudah cara menghilangkan bulu kaki dengan menggunakan berbagai metode.

1. Laser Hair Removal

Laser hair removal adalah salah satu prosedur kecantikan yang paling umum dilakukan di AS. Teknik ini bekerja dengan memancarkan cahaya yang sangat terkonsentrasi ke dalam folikel rambut.

Laser berguna untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dari wajah, kaki, dagu, punggung, lengan, ketiak, garis bikini, dan area lainnya.

Manfaat laser hair removal meliputi:

  1. Sangat presisi, laser dapat secara selektif menargetkan rambut gelap dan kasar sambil membiarkan kulit di sekitarnya tidak rusak.
  2. Kecepatan, setiap denyut laser membutuhkan waktu sepersekian detik dan dapat merawat banyak rambut pada saat yang bersamaan. Laser dapat merawat area yang kira-kira berukuran seperempat setiap detik. Area kecil seperti bibir atas dapat dirawat dalam waktu kurang dari satu menit, dan area yang luas, seperti punggung atau kaki, dapat memakan waktu hingga satu jam.
  3. Prediktabilitas, kebanyakan pasien mengalami kerontokan rambut permanen setelah rata-rata tiga sampai tujuh sesi.

2. Elektrolisis

Merupakan proses di mana jarum kecil dimasukkan ke dalam folikel rambut. Jarum menghasilkan percikan listrik yang dapat menghambat pertumbuhan bulu dengan cara menghancurkan folikel rambut yang ada di bawah permukaan kulit.

Tak hanya dapat digunakan pada bagian yang umum saja seperti halnya ketiak, kaki, maupun tangan, elektrolisis juga dapat dilakukan pada bagian wajah.

Proses yang satu ini sedikit akan menyiksa lantaran pada akan berlangsung berkali-kali menusukkan jarum di area tertentu hingga bagian bulu tak lagi tersisa.

Baca juga: Tinggikan Badan Secara Alami, Dengan Cara Ini

3. Waxing

Waxing di rumah bisa menjadi metode yang terjangkau untuk menghilangkan rambut, tetapi penting untuk mengambil tindakan pencegahan. Jangan pernah melakukan proses waxing pada kulit yang terbakar sinar matahari atau sangat sensitif, dan jangan lakukan waxing jika Sobat Pintar tengah mengkonsumsi isotretinoin dalam enam bulan terakhir. 

Untuk teknik dan hasil terbaik, dokter kulit merekomendasikan tips berikut :

  1. Pastikan panjang rambut optimal

Sebelum waxing, pastikan panjang rambut Anda sekitar seperempat hingga tiga perempat inci. Jika rambut lebih panjang, potong menjadi lebih pendek menggunakan gunting pengaman agar waxing tidak terlalu berantakan dan menyakitkan.

  1. Hindari krim retinoid sebelum waxing

Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas yang mengandung retinol dan retinoid.

  1. Kurangi ketidaknyamanan

Karena waxing bisa menyakitkan bagi sebagian orang, pertimbangkan cara untuk mengurangi ketidaknyamanan. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, atau mengoleskan kompres dingin ke kulit sekitar 30 menit sebelum waxing, dapat membantu.

  1. Cuci dan keringkan area waxing

Sebelum waxing, bersihkan area yang akan di-wax untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan produk perawatan kulit dengan lembut. Setelah itu, keringkan kulit Anda secara menyeluruh. Kulit yang bersih dan kering memungkinkan lilin menempel dengan benar.

  1. Oleskan strip kain
  2. Letakkan strip kain di atas lilin dan tekan dengan kuat. Biarkan kain selama dua hingga tiga detik.
  3. Lepaskan strip kain

Untuk melepasnya, pegang kulit dengan kencang dengan satu tangan dan gunakan tangan Anda yang lain untuk menarik kain dengan cepat ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut. Jika Anda melakukan waxing di tempat yang sulit dijangkau, seperti ketiak, pertimbangkan untuk meminta bantuan teman atau kerabat.

  1. Menenangkan kulit

Setelah waxing, tenangkan kulit Anda dengan mengoleskan kompres dingin jika Anda merasa sakit, menghindari mandi air panas dan mandi air panas, mengenakan pakaian longgar dan mengoleskan pelembab yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Cari pelembab berlabel “bebas minyak” atau “non-komedogenik.”

4. Mencukur

Cara terakhir ini terbilang cukup tak asing bagi siapapun, selain biaya yang tak begitu tinggi, Sobat Pintar juga dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menyediakan beberapa alat dan bahan.

Namun, meskipun terbilang murah, perlu diketahui bahwa seseorang tak boleh sembarangan menggunakan pisau cukur lantaran itu akan menjadi penentu berhasilnya dari sebuah cara menghilangkan bulu kaki.

Menurut Dr. Miller dikutip Kredit Pintar dari EverydayHealth, pastikan terlebih dahulu jika ingin menggunakan pisau cukur.

“Anda benar-benar hanya perlu memastikan bahwa pisau cukur Anda tajam dan bersih, dan memiliki paling banyak dua bilah. Menggunakan gel atau krim pelembab juga dapat membantu mendapatkan hasil cukur yang lebih halus,” tulisnya.

Baca juga: Tips Mudah Untuk Menjaga Wajah Agar Tetap Awet Muda

Untuk dapat memiliki kaki mulus, Sobat Pintar sebaiknya memulai dengan opsi yang paling terjangkau, dengan mengetahui beberapa cara menghilangkan bulu kaki seperti penjelasan diatas, semoga Sobat Pintar semua semakin tampil lebih percaya diri.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download