Cara Menghasilkan Uang dari Twitch Paling Mudah, Coba Sekarang!

27 Apr 2021 by kreditpintar
twitch

Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, ada banyak cara yang dapat Kamu lakukan untuk mendapatkan uang, salah satunya dari live streaming game. Ada berbagai platform yang dapat Kamu pilih untuk siaran langsung game, mulai dari YouTube, Facebook Game, hingga Twitch. Mungkin diantara ketiganya, platform ini masih terdengar asing, padahal Kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga milyaran Rupian dari platform satu ini, lho.

Platform ini merupakan sebuah platform live streaming video yang terkenal di kalangan gamer karena memiliki fokus pada konten-konten video game. Menariknya, platform ini akan memberikan monetisasi seperti halnya YouTube namun dengan persyaratan yang lebih mudah. Ingin tahu informasi lebih lengkap terkait platform yang satu ini? Yuk simak baik-baik penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Twitch? 

Ini merupakan platform video siaran langsung yang dimiliki oleh perusahaan Twitch Interactive yang merupakan anak perusahaan Amazon dan dibeli oleh Amazon di tahun 2014 yang saat ini sangat populer sebagai platform video game siaran langsung. Seperti halnya YouTube, Kamu bisa mendapatkan penghasilan di platform  ini melalui iklan yang ditampilkan di video yang Kamu unggah di platform ini.

Twitch Berada di Bawah Amazon

Sebelum terkenal sebagai platform video siaran langsung, platform ini awalnya merupakan bagian dari Justin.tv. Setelah platform ini dibeli oleh Amazon pada tahun 2014, platform ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, seperti memiliki 140 juta pengunjung setiap bulannya dan ada 15 juta mengguna setiap harinya.

Lebih menarik lagi, setengah dari 15 juta pengguna yang aktif di Switch ini menghabiskan waktu mereka rata-rata selama 20 jam. Saat ini platform ini telah memiliki 2,2 juta broadcasters setiap bulannya dan 35% dari mereka mengakses platform ini melalui smartphone. Dengan angka-angka yang fantastis ini, platform ini sangat menjanjikan bagi Kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dari video game siaran langsung.

Cara Kerja Game Streamer di Twitch

live streaming

Buat Kamu yang tertarik menjadi bagian dari platform ini, belum terlambat untuk mencoba dan mulai menghasilkan uang dari platform satu ini. Berikut beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk menjadi salah satu bagian dari platform ini dan mendapatkan uang di sana:

1. Persiapkan dengan Memilih Niche Game 

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan adalah dengan memilih niche game yang ingin Kamu tampilkan di platform ini. Niche merupakan kategori yang menjadi target pasar dan ingin Kamu fokuskan. Dalam hal ini kategori yang dimaksud adalah kategori game yang akan Kamu pilih.

Ada berbagai niche game yang dapat Kamu pilih, namun pastikan Kamu memilih sesuai dengan niche yang Kamu sukai. Ini dilakukan agar Kamu melakukan siaran langsungdengan senang hati dan tanpa terbebani. Memilih niche yang disukai juga akan menjadi alasan bertahan saat Kamu merasa bosan atau belum mendapatkan keberhasilan.

2. Miliki Audiens yang Setia 

Cara kedua untuk sukses adalah, Kamu harus memiliki audiens yang setia dengan konten-konten yang Kamu buat. Audiens setia akan menonton dan mengikuti setiap konten yang Kamu buat tanpa diminta atau diberikan imbalan. Ini adalah tugas yang harus Kamu lakukan.

Kamu dapat melakukannya dengan cara mengetahui apa yang audiens inginkan. Kamu dapat melakukan riset dengan cara bertanya kepada salah satu audiens atau bertanya ke orang yang lebih berpengalaman di platform ini.

3. Gabung ke Komunitas

Gabung ke komunitas menjadi cara ketiga yang harus Kamu lakukan untuk menjadi live streamer sukses di platform ini. Jangan sekali-kali merasa lebih eksklusif dan tidak mau bergabung dengan sesame influencer. Bergabung dengan sesama influencer satu niche sangat dibutuhkan untuk berbagai hal, seperti belajar dari pengalaman mereka ataupun membangun awareness dengan cara berkolaborasi bersama mereka.

Ada banyak cara yang dapat Kamu lakukan, seperti melakukan siaran langsung bersama mereka, mengadakan giveaway bersama, dan lainnya. Selain itu, pastikan Kamu juga rutin melakukan interaksi di platform influencer lainnya agar semakin dikenal dan memiliki banyak relasi.

4. Buat Streaming yang Menarik

Membuat streaming yang menarik menjadi kunci yang tidak dapat digantikan oleh lainnya. Audiens pastinya menyukai konten streaming yang menarik dan tidak ragu berpindah ke tempat lain jika konten tersebut tidak menarik. Jadi, pastikan Kamu selalu mengedepankan hal ini.

Pastikan Kamu tidak asal saat main game dan terlihat sebagai gamer yang tidak profesional. Kamu wajib membuat perencanaan yang baik sebelum melakukan siaran langsung, seperti game apa yang akan Kamu pilih, formatnya seperti apa, bagaimana Kamu akan melakukan interaksi dengan audiens dan lainnya. Perencanaan ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi saat Kamu melakukan siaran langsung di platform ini.

5. Lakukan Kerjasama dengan Non Gaming

Agar semakin dikenal di platform ini, Kamu dapat melakukannya dengan melakukan kerjasama dengan berbagai brand. Sayangnya, saat ini brand yang fokus dengan game masih sedikit, jadi pastikan Kamu membuka diri dengan brand-brand non gaming yang mengajak Kamu kerja sama. Ada berbagai brand yang bisa diajak kerjasama di platform ini seperti KFC, Guess, produk gadget, dan lain sebagainya.

6. Promosi di Media Sosial

Tidak ada salahnya jika Kamu mempromosikan diri di media sosial yang Kamu miliki. Mempromosikan diri di media sosial akan membawa audiens yang awalnya tidak mengenal Kamu menjadi tertarik dengan konten-konten yang Kamu buat. Kamu dapat mempromosikan diri di berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga YouTube.

7. Lakukan Monetisasi

Untuk bisa mendapatkan penghasilan di platform ini, Kamu perlu melakukan monetisasi. Untuk memenuhi cara kerja monetisasi ini, ada beberapa persyaratan yang harus Kamu penuhi, seperti telah mencapai 500 menit waktu streaming dalam 30 hari terakhir, memiliki 7 hari menyiaran video unik dalam 30 hari terakhir, memiliki minimal 50 pengikut, dan memiliki minimal penonton 3 konkuren di 30 hari sebelumnya. 

8. Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Cara terakhir yang wajib Kamu lakukan adalah pastikan Kamu selalu bekerja keras dan pantang menyerah. Merintis karir sebagai influencer bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan kesabaran yang ekstra dan pantang menyerah saat apa yang Kamu ekspektasikan tidak juga menjadi kenyataan.

Banyak influencer gagal karena menyerah di tengah jalan. Jadi, pastikan Kamu tetap bekerja keras dan pantang menyerah.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan tentang cara mendapatkan uang di platform ini yang wajib Kamu coba. Memulai karir sebagai video streamer game di platform ini memang bukan sesuatu yang mudah. Ada berbagai hal yang harus Kamu persiapkan, baik itu peralatan atau konten yang akan Kamu buat.

Buat Kamu yang membutuhkan pinjaman modal untuk berbagai kebutuhan, seperti membeli peralatan video streaming game di Kredit Pintar. Kredit Pintar dapat menjadi solusi tepat dan akan membantu Kamu bebas dari permasalahan finansial. Kredit Pintar telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, jadi dapat dipastikan Aman dan terpercaya.

kredit pintar