Inilah Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah

07 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Ada kondisi tertentu dimana mungkin Sobat Pintar ingin mengetahui bagaimana cara menghapus akun Google yang sudah tak terpakai lagi demi menghindari kebocoran data yang belakangan makin marak beredar.

Perlu diketahui, Akun Google saat ini memang telah menjadi kebutuhan dasar dari seluruh pengguna internet di dunia untuk dapat menggunakan berbagai layanan dan aplikasi yang beredar.

Dengan memiliki akun Google, seseorang akan dapat mengakses banyak layanan yang ada mulai dari hiburan, financial, layanan transportasi, dan lain sebagainya.

Namun, terkadang ada sebagian orang yang juga memiliki lebih dari satu akun Google guna kepentingan yang lain seperti halnya jika ingin mengumpulkan khusus untuk pekerjaan dan penggunaan pribadi (hiburan) yang ingin dipisahkan sendiri-sendiri.

Akan tetapi ada juga yang hendak ingin menonaktifkan beberapa akun Google pribadinya dan lebih ingin menggunakan satu akun saja.

Lantas, bagaimana cara menghapus akun Google yang mudah tanpa harus kehilangan semua data yang pernah ada di dalamnya.

Lakukan Hal Ini Sebelum Menghapus Akun Google Secara Permanen

Ada baiknya sebelum melakukan proses penghapusan, terlebih dahulu Sobat Pintar melakukan langkah backup semua data yang tertaut pada email tersebut mulai dari media sosial, perbankan, atau aplikasi lainnya 

  1. Perhatikan lebih dulu akun yang Sobat Pintar miliki untuk dipelajari bagaimana akun akan dinonaktifkan agar data yang ada sebelumnya tidak terhapus.
  2. Perbarui terlebih dahulu informasi pemulihan akun sebelum menghapusnya, langkah ini ditujukan jika suatu saat akan memulihkan kembali akun Google.
  3. Lakukan backup data 

Apabila file-file penting sudah diselamatkan, pastikan kembali tidak ada data atau hal lainnya yang tertinggal di akun Google.

Apa Yang Terjadi Setelah Menghapus Akun Google

Saat menghapus akun Google, pemilik akun akan kehilangan akses ke semua konten yang disimpan di akun, yang meliputi kontak, foto, file, kalender, dan semua hal lain yang terkait dengan akun.

Pengguna juga tidak dapat masuk ke perangkat apa pun dengan akun Google yang telah dihapus. Setelah akun Google dihapus, pemilik mungkin tidak bisa mendapatkannya kembali. Jadi, buatlah cadangan konten Google sebelum melanjutkan untuk menghapus akun.

Baca Juga : 2 Cara Cepat Pulihkan Akun Google

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Setelah yakin semua file telah dicadangkan atau dipindahkan ke tempat penyimpanan lain. Berikut cara menghapus akun Google lewat PC.

Untuk mulai menghapus akun Google secara permanen melalui perangkat PC atau laptop, Sobat Pintar bisa melakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka browser web di komputer Windows, Mac, Linux, atau Chromebook dan akses situs Akun Google . Di sini, masuk ke akun Google yang ingin dihapus. Jika lupa kata sandi, tidak sulit untuk memulihkan kata sandi Gmail .
  2. Dari bilah sisi di sebelah kiri situs Akun Google, pilih “Data & Privasi.”
  3. Pada halaman “Data & Privasi”, gulir ke bawah ke bagian “Opsi Lainnya”. Di bagian ini, klik “Hapus Akun Google”.
  4. Google mungkin meminta untuk memasukkan kata sandi aku. Klik bidang “Masukkan Kata Sandi”, ketik kata sandi, lalu klik tombol “Berikutnya”.
  5. Setelah itu, Sobat Pintar akan tiba di halaman “Hapus Akun Google”. Halaman ini mencantumkan konten yang akan dihapus saat menghapus akun Google. Tinjau daftar ini dengan cermat.
  6. Setelah meninjau daftar, gulir ke bawah halaman “Hapus Akun Google”. Di bagian bawah, aktifkan kedua kotak dan klik “Hapus Akun.”. 

Peringatan: Pastikan Sobat Pintar benar-benar ingin menghapus akun Google, karena ini adalah halaman terakhir dari proses penghapusan akun.

  1. Google akan menampilkan halaman yang mengatakan bahwa akun serta semua datanya, telah dihapus.

Kiat: Jika Sobat Pintar Ingin mencoba mendapatkan kembali akun yang dihapus ini, klik tautan “Dukungan Akun” lalu ikuti langkah-langkah di sana.

Cara Menghapus Email Google Melalui Android

  1. Buka pengaturan di setiap gadget yang digunakan berbasis sistem Android
  2. Pilih sub menu ‘akun’ yang akan dihapus.
  3. Setelah memilih akun yang akan dihapus, pilih akun Google
  4. Ketuk Hapus Akun .
  5. Konfirmasikan dengan mengetuk Hapus Akun.
  6. Jika ini merupakan satu-satunya akun Google di ponsel, pengguna harus memasukkan pola, PIN, atau sandi ponsel untuk keamanan.

Cara Menghapus Akun Google Dari iPhone

  1. Buka Pengaturan dan buka pengaturan untuk Mail, Kontak, atau Kalender .
  2. Pada halaman berikutnya, ada bagian yang disebut Akun . Ketuk di atasnya.
  3. Ketuk salah satu akun yang ingin dihapus.
  4. Ketuk Hapus Akun di bagian bawah.

Baca Juga : Investor Pemula, Cek Manfaat Google Finance Buat Kamu, nih!

Berapa Lama Akun Google Yang Dihapus Dapat Dipulihkan Lagi

Akun pengguna dapat dipulihkan hingga 20 hari setelah dihapus. Selebihnya, data akan terhapus dan tidak dapat dipulihkan, bahkan dengan dukungan Google Workspace.

Itulah beberapa tahapan dan hal yang perlu diperhatikan bagaimana cara menghapus akun Google secara permanen maupun sementara hingga cara memulihkannya dengan mudah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload