Tinggal Tap! Cara Menggunakan NFC di Smartphone

06 Oct 2021 by Laruan

Selain memiliki tampilan yang eye-catching, di era modern seperti sekarang ini, perusahaan smartphone memang dituntut untuk bisa menghasilkan produk-produk yang semakin memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah melengkapi produk smartphone terbarunya dengan teknologi NFC. Memangnya apa sih NFC itu? Apa saja fungsinya dan bagaimana cara menggunakan NFC di smartphone? Yuk, temukan jawabannya dalam pembahasan yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Tinggal Tap! Cara Menggunakan NFC di Smartphone
Hand with smart bracelet holding bank card and smartphone on coral color background. Cashless payment, online shopping. Top view.

Mengenal Teknologi Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication (NFC) merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan atau menyinggungkan dua perangkat tersebut. Umumnya, jarak yang dibutuhkan harus sangat dekat, hanya beberapa sentimeter saja.

Cara kerja dari teknologi ini sendiri adalah dengan mengirimkan atau menerima data melalui gelombang radio. Berbeda halnya dengan Bluetooth yang menggunakan induksi elektromagnetik.

Mengaktifkan Fitur NFC Pada Smartphone

Nah, setelah mengetahui apa itu NFC, sekarang saatnya sobat pintar mengaktifkannya terlebih dahulu agar bisa digunakan. Jangan langsung asal tap!

Cara mengaktifkan NFC pada smartphone sendiri sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama tentu saja sobat pintar harus memastikan bahwa smartphone yang digunakan memang sudah dibekali dengan fitur NFC. Bagaimana bisa diaktifkan jika tidak ada fiturnya.

Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  1. Masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’
  2. Pilih ‘Connections’ atau ‘Konektivitas’
  3. Pada mana tersebut sobat pintar bisa menemukan pilihan NFC, silahkan aktifkan dengan menggeser ke posisi ‘ON’

Sobat pintar juga bisa mengaktifkannya dengan lebih mudah melalui cara berikut ini:

  1. Swipe layar ke bawah
  2. Cari menu NFC
  3. Tap menu tersebut untuk mengaktifkan NFC

Perlu diingat bahwa cara ini mungkin berbeda pada smartphone yang sobat pintar gunakan, tergantung pada tampilan antar muka atau letak menu pada smartphone tersebut.

Lalu, bagaimana jika smartphone yang digunakan belum dibekali dengan NFC? Padahal saat ini sobat pintar sangat membutuhkannya untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Tenang, salah satu solusinya tentu saja dengan membeli smartphone yang baru. Tetapi karena smartphone dengan NFC memang terkenal tidak murah, sobat pintar bisa menabung terlebih dahulu atau mengajukan pinjaman online.

Salah satu pinjaman online yang aman, diawasi OJK, dan pengajuannya sangat mudah adalah Kredit Pintar. Dimana untuk mengajukan pinjaman melalui aplikasi ini juga tidak perlu menggunakan agunan. Bahkan bunga pinjamannya pun cukup rendah, dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

Tinggal Tap! Cara Menggunakan NFC di Smartphone
536772

Fungsi dan Penggunaan NFC Pada Smartphone

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, saat ini NFC di smartphone sobat pintar tentu sudah aktif dan siap untuk digunakan. Berikut adalah beberapa cara menggunakan NFC berdasarkan fungsinya yang perlu sobat pintar ketahui:

  1. Untuk Menyambungkan Smartphone ke Perangkat Lain

Menghubungkan dua perangkat secara dua arah untuk mengirim atau menerima informasi merupakan fungsi utama NFC. 

Aktivitas ini tidak memerlukan koneksi Wi-Fi ataupun LTE. Untuk menggunakannya sobat pintar hanya perlu menempelkan dua smartphone yang sama-sama memiliki NFC. Selanjutnya sobat pintar bisa mulai mentransfer atau menerima dokumen, kontak, gambar atau video, hingga membagikan aplikasi.

  1. Untuk Pembayaran Cashless

Saat ini fitur pembayaran cashless sudah banyak digunakan di berbagai tempat perbelanjaan maupun layanan jasa. NFC adalah salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan dalam sistem transaksi modern ini.

Nah, untuk bisa melakukan pembayaran cashless menggunakan NFC, sobat pintar hanya perlu menempelkan smartphone ke alat pembayaran khusus yang sudah disediakan di tempat perbelanjaan atau layanan jasa. Selanjutnya, NFC akan mentransmisikan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Di luar negeri sendiri sudah cukup banyak metode pembayaran yang memanfaatkan NFC. Sebut saja Apple Pay, Samsung Pay, dan Google Pay. Sayangnya, fitur-fitur tersebut belum bisa digunakan secara maksimal di Indonesia.

  1. NFC Tag Untuk Mengakses Perintah Tertentu

NFC Tag adalah sebuah stiker kecil yang mengandung chip NFC. Tag ini biasanya berisi alamat web atau perintah untuk tindakan tertentu di smartphone.

Untuk menggunakannya sobat pintar hanya perlu menempelkan smartphone ke stiker atau tag yang terpasang di sebuah lokasi. Kemudian NFC akan menampilkan informasi yang sobat pintar butuhkan.

Hingga saat ini NFC tag sudah banyak dimanfaatkan oleh tempat perbelanjaan untuk menunjukkan harga dan detail barang yang mereka jual. Bahkan sudah banyak pula perusahaan dari berbagai sektor yang menggunakan fitur ini untuk menandai lokasi bisnis mereka.

Tinggal Tap! Cara Menggunakan NFC di Smartphone

Selain itu, fitur ini juga bisa mempermudah aktivitas sobat pintar. Misalnya, mendengarkan musik favorit dari aplikasi pemutar musik yang ada di rumah. Untuk melakukannya cukup dengan menempelkan smartphone ke aplikasi pemutar musik yang sudah dipasangi NFC tag, selanjutnya aplikasi akan terbuka dan memutar musik secara otomatis.

  1. Memudahkan Akses Informasi Smart Card

Sobat pintar mungkin sudah sering mendengar mengenai akses smart card menggunakan NFC. Bahkan ini merupakan fungsi NFC yang paling populer di tanah air.

Menggunakan bantuan NFC, sobat pintar memang bisa dengan mudah mengecek sekaligus mengisi saldo smart card seperti e-Money maupun kartu e-Toll. Cara menggunakan NFC untuk perintah ini juga sangat mudah, cukup dengan menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone. 

Smartphone yang sobat pintar gunakan akan secara otomatis mendeteksi dan menyarankan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses informasi maupun mengisi saldo kartu tersebut.

  1. Menandai Posisi atau Lokasi Suatu Tempat

Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan poin ke-3, di atas. NFC juga sudah mendukung fitur penanda atau tagging lokasi yang sangat canggih. Fitur ini disebut dengan LBS (Location Based Service).

Menggunakan fitur ini sobat pintar bisa menandai posisi atau lokasi tertentu hanya dengan menempelkan NFC tag khusus. Bahkan fitur ini juga memungkinkan sobat pintar untuk melakukan check-in dan check-out di suatu gedung. Misalnya perkantoran yang sudah dilengkapi dengan NFC.

  1. Membuka Pintu Kamar Hotel & Mobil

Selain berbagai fungsi yang telah disebutkan di atas, teknologi NFC saat ini juga sedang terus dikembangkan untuk semakin memudahkan berbagai aktivitas pengguna smartphone.

Dari berbagai perkembangan yang telah dilakukan, salah satunya adalah untuk membuka pintu hotel atau kunci mobil secara cepat dan mudah, tanpa perlu menggunakan kunci manual, kartu akses, maupun remote.

Cara menggunakan NFC untuk aktivitas yang satu ini juga mudah. Hanya perlu mengaktifkan NFC, kemudian mendekatkan smartphone ke pintu hotel atau mobil. Tap! Maka secara otomatis pintu akan terbuka. Praktis, cepat, dan tentunya lebih aman!

Jadi, itulah berbagai informasi mengenai NFC yang perlu sobat pintar ketahui. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone yang sudah dilengkapi NFC, ya! Setelah mengetahui fungsi dan cara menggunakannya seperti yang disebutkan di atas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload