5 Cara Mengembalikan Indera Perasa Dengan Mudah

30 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 05 Sep 2022

Anosmia adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya merasa indera perasanya menurun hingga menghilang. Jika Sobat Pintar merasa menderita penyakit ini, Kredit Pintar punya tips cara mengembalikan indera perasa.

Cara Mengembalikan Indera Perasa

Menghilangnya kemampuan penciuman tidak bisa kita anggap sepele, karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mulai dari tidak bisa menikmati makanan, tidak merasakan bau badan, hingga tidak menyadari adanya kebocoran gas beracun. Sangat bahaya, bukan?

Untuk beberapa kasus, penderita anosmia ini bersifat sementara dan akan sembuh dengan seiringnya waktu. Rata-rata, penyebab penderita merasa indera perasanya menurun karena flu.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penyebab apa saja yang membuat penderita menderita anosmia di bawah ini!

Baca juga: Cara Mudah Sembuhkan Flu di Rumah

Kenali 5 Penyebab Anosmia

Anosmia dapat terjadi saat molekul kimia yang menimbulkan bau terhalang untuk menempel pada bagian ujung saraf indera perasa di bagian hidung. Kondisi inilah yang membuat penderita tidak dapat mencium aroma di sekelilingnya. Berikut adalah beberapa penyebab anosmia yang harus diwaspadai.

1. Terdapat Masalah Pada Bagian Dinding Hidung

Terdapat Masalah Pada Bagian Dinding Hidung

Penyebab utama anosmia terjadi disebabkan oleh masalah pada dinding hidung penderitanya. Biasanya, masalah ini dapat timbul akibat iritasi atau penumpukan lendir di dalam hidung. Salah satu penyakit yang menimbulkan masalah ini adalah pilek, sinusitis, dan flu.

2. Terjadi Sumbatan Pada Hidung

Penyebab anosmia yang kedua bisa terjadi akibat sumbatan pada hidung penderita. Sumbatan atau hambatan di bagian rongga hidung ini bisa terjadi akibat beberapa hal, mulai dari tumor, polip, atau kelainan tulang hidung penderita.

3. Indera Perasa Hilang Karena Trauma Kepala

Cedera di bagian kepala yang menyebabkan trauma bisa menjadi salah satu penyebab indera perasa Sobat Pintar menghilang. Cedera kepala ini tidak hanya berbahaya untuk otak dan saraf penting lainnya di bagian kepala saja, tetapi juga bisa menghambat saraf penciuman bau penderitanya.

Akan tetapi, anosmia yang terjadi karena trauma kepala ini bersifat sementara. Jadi, Sobat Pintar jangan perlu khawatir dan takut saat mengalami masalah ini.

Baca juga:  Flu dan Pilek, Apa Bedanya?

5. Anosmia Terjadi Karena Penyakit Bawaan Lahir

Indera perasa yang hilang juga bisa terjadi akibat penyakit bawaan lahir. Salah satu contoh penyakitnya adalah sindrom turner dan sindrom kallman. Kedua sindrom inilah yang menyebabkan anosmia terbentuk secara permanen.

5. Adanya Kerusakan Saraf Penciuman

Penyebab terakhir anosmia bisa terjadi karena adanya kerusakan pada saraf penciuman. Kerusakan ini biasanya bersifat permanen dan disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumor otak, menelan zat racun, diabetes, malnutrisi, penuaan, kekurangan zinc, hingga proses radioterapi.

Perlu Sobat Pintar ingat, bila kalian merasa memiliki penyakit ini, segeralah kunjungi rumah sakit terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Untuk beberapa kasus, penyakit ini merupakan gejala awal dari beberapa penyakit serius.

Kehilangan Indera Perasa Dapat Memicu Depresi

cara mengembalikan indera perasa

Menghilangnya kemampuan indera perasa membuat penderitanya merasa depresi. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak dapat mencium bau-bauan yang ada di sekitarnya, bahkan bau badannya sendiri.

Tidak hanya itu, penderita anosmia biasanya juga kehilangan nafsu makan karena tidak dapat merasa dan mencium aroma makanan yang dihidangkan di depan mereka.  Hal inilah yang membuat mereka merasa depresi sehingga penderita tidak nafsu makan dan berat badannya menurun secara drastis.

Di lain sisi, penyakit ini cukup sering terjadi pada lansia. Tapi, jika menghilangnya indera perasa ini terjadi dalam jangka waktu lama, bisa jadi penyakit ini termasuk gejala penyakit serius yang harus ditangani oleh dokter ahli secepatnya.

Cara Mengembalikan Indera Perasa yang Hilang

Jika Sobat Pintar merasa mengalami kehilangan kemampuan perasa, kalian tidak perlu khawatir dan takut. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya indera perasa kalian bisa kembali dengan normal. Berikut adalah 5 cara mengembalikan indera perasa:

1. Melatih Penciuman Secara Rutin

cara mengembalikan indera perasa

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala anosmia adalah melatih indera penciuman dengan mencium bau dan aroma. Sobat Pintar dapat melakukan cara ini dengan menghirup aroma secara perlahan selama 20 – 30 detik.

Lakukan cara ini 3 kali sehari selama 4-6 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan, Sobat Pintar menggunakan benda yang memiliki aroma yang unik. Hindari mencium benda yang memiliki bau busuk, seperti karet terbakar, kabel terbakar, atau sampah.

Kredit Pintar punya beberapa rekomendasi aroma yang bisa Sobat Pintar andalkan:

  1. Daun Mint
  2. Jeruk
  3. Minyak kayu putih
  4. Bunga Mawar
  5. Vanilla

2. Rutin Mengonsumsi Jahe

Cara mengembalikan indera perasa yang kedua adalah rutin mengonsumsi jahe. Jahe memiliki aroma yang khas yang dapat membantu mengembalikan indera perasa Sobat Pintar.

Sobat Pintar dapat mengonsumsi jahe dengan mencampurkannya ke teh atau menggunakan air hangat. Caranya sangat mudah, kupaslah jahe dan potong-potong jadi ukuran kecil-kecil. Lalu, seduh satu sendok teh jahe mentah bersama air panas selama 15 menit. Untuk hasil maksimal, konsumsilah ramuan ini secara rutin.

3. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih juga dapat membantu mengembalikan indera perasa juga, Sobat Pintar. Soalnya, bawang putih memiliki sifat anti virus yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih, Sobat Pintar dapat mengembalikan indera perasa yang hilang pada bagian jalur napas dan rongga mulut.

Berikut adalah cara-cara untuk mengolah bawang putih yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah:

  1. Pertama, hancurkan 4-5 siung bawang putih dan campurkan ke dalam air mendidih.
  2. Lalu, rebus bawang putih selama 2 menit dan masukkan sedikit garam.
  3. Minumlah ramuan tersebut saat masih panas.
  4. Rutinlah minum ramuan ini selama 2 kali sehari supaya indera perasa dapat kembali normal.

4. Mengonsumsi Cabai

Cabai memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, cabai juga bisa membantu untuk mengembalikan fungsi indera penciuman dan membersihkan hidung yang tersumbat.

5. Rutin Membersihkan Saluran Hidung

Cara mengembalikan indera perasa yang terakhir adalah membersihkan saluran hidung. Cara ini terbilang cukup efektif dan bekerja dengan cepat untuk mengembalikan indera perasa Sobat Pintar.

Sobat Pintar dapat membersihkan hidung dengan menggunakan nasal spray. Cara membersihkannya juga terbilang cukup mudah, Sobat Pintar dapat menyemprot nasal spray ke bagian hidung. Alat ini juga berguna banget jika Sobat Pintar memiliki sinusitis atau polip.

Baca juga: Cara Tepat Redakan Hidung Tersumbat

Sudah Paham Cara Mengembalikan Indera Perasa?

Jadi itulah 5 penyebab indera perasa yang hilang dan cara mengembalikan indera perasa yang wajib diketahui. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada saudara atau teman Sobat Pintar yang sedang mengidap penyakit ini. Selalu ingat, jangan pernah menganggap remeh penyakit anosmia ini, dan segera kunjungi dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

05 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download