Mari Cari Tahu Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat

30 Oct 2021 by Laruan

Seperti apa cara menghilangkan hidung tersumbat yang benar-benar efektif dan ampuh? Ketika mengalami hidung tersumbat, berbagai aktivitas yang kita lakukan akan terhambat, bahkan bernapas pun akan terasa sangat sulit dilakukan. Tidak hanya itu, hidung tersumbat juga dapat menyebabkan munculnya gejala lainnya yang mengganggu, seperti sakit kepala dan kehilangan indra penciuman. 

Nah, berkaitan dengan permasalahan ini, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan hidung tersumbat ini dengan cepat. Namun sebelum membahas tentang cara menghilangkan hidung tersumbat ini, ada baiknya Sobat Pintar ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang dapat menjadi penyebab hidung tersumbat berikut ini. 

Penyebab Hidung Tersumbat

Mengetahui penyebab hidung tersumbat sejatinya sangatlah penting. Dengan ini, Sobat Pintar bisa mengantisipasi atau mengambil tindakan pencegahan agar tidak terjadi kondisi hidung tersumbat. Lantas, apa saja penyebab hidung tersumbat tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.  

  1. Flu

Flu merupakan penyebab hidung tersumbat pertama, yang terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini nantinya akan menyerang organ penting sistem pernapasan mulai dari tenggorokan, hidung, hingga paru-paru. Apabila terinfeksi virus ini, Sobat Pintar dapat mengalami peradangan pada selaput lendir di hidung yang memicu terjadinya hidung tersumbat. 

  1. Batuk Pilek

Mungkin banyak dari Sobat Pintar yang  menganggap batuk pilek adalah sama dengan  flu. Namun pada  faktanya, batuk pilek  dan flu merupakan penyakit yang berbeda. Batuk pilek dalam hal ini disebabkan oleh virus rhinovirus bukanlah virus influenza. Salah satu gejala yang akan timbul saat pilek ini adalah hidung tersumbat. 

  1. Alergi

Penyebab hidung tersumbat yang terakhir yaitu alergi. Hal ini terjadi ketika sistem imun bereaksi terhadap zat tertentu. Salah satu reaksi alergi yaitu terjadi gangguan pada sistem pernapasan yang mana terjadi peningkatan produksi lendir pada rongga hidung. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan timbulnya gejala seperti pilek, bersin hingga hidung tersumbat. 

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat? Mungkin banyak dari Sobat Pintar yang mengira bahwa hidung tersumbat hanya dapat dihilangkan dengan cara mengonsumsi obat-obatan. Namun, sejatinya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan hidung tersumbat tanpa mengonsumsi obat. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dilakukan.  

  1. Hirup Uap Hangat

Cara pertama yang bisa Sobat Pintar lakukan yaitu dengan menghirup uap hangat. Untuk melakukannya, Sobat Pintar hanya perlu memanaskan  air hingga mendidih lalu menempatkannya pada wadah. Setelah itu tempatkan wajah di atas wadah yang telah berisi air panas teseuth dan hirup uangnya secara perlahan. Sobat Pintar juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk hasil yang maksimal. Minyak kayu putih dalam hal ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan hidung tersumbat. 

  1. Jaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Selain menghirup uap hangat, Sobat Pintar juga perlu menjaga suhu tubuh tetap hangat agar bisa menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Hal ini karena suhu dingin dapat menyebabkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat akan mudah menebal. Oleh karena itu, jagalah suhu tubuh tetap hangat dengan menggunakan selimut ataupun pakaian hangat saat tidur.  Tidak hanya itu, Sobat Pintar perlu mematikan kipas angin ataupun AC terlebih dahulu saat hidung tersumbat. 

  1. Mandi Air Hangat

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini karena air hangat yang digunakan untuk mandi akan menghasilkan uap yang hangat. Uap hangat tersebut akan terhirup oleh Sobat Pintar sehingga dapat mengencerkan lendir yang menyumbat rongga hidung. Namun perlu diingat, jangan gunakan air yang terlalu panas untuk mandi, karena hanya akan menyebabkan kulit melepuh kepanasan. 

  1. Kompres Hangat Pada Hidung

Masih menggunakan air hangat, cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya yaitu dengan mengompres hangat pada hidung. Kompres hangat ini dianggap mampu meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh sinusitis serta melegakan hidung. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membasahi waslap dengan air hangat lalu menempelkannya ke hidung yang tersumbat. 

  1. Semprot Hidung Dengan Saline Spray

Sobat Pintar juga dapat menggunakan saline spray atau semprotan saline untuk menghilangkan hidung tersumbat. Semprotan saline in dapat memberikan kelembapan ekstra pada hidung tersumbat sehingga dapat mengencerkan lendir dan menghilangkan hidung tersumbat. Meskipun Sobat Pintar bisa mendapatkan produk saline spray ini di apotek terdekat, namun sebaiknya konsultasikan pemakaiannya dengan dokter terlebih dahulu, untuk meminimalisir efek samping. 

  1. Mengonsumsi Teh Herbal 

Ternyata konsumsi teh herbal saja sudah bisa mengatasi permasalah hidung tersumbat yang Sobat Pintar alami. Pasalnya teh herbal  seperti peppermint tea memiliki kandungan menthol yang dapat menjadi dekongestan alami. Tidak hanya dapat menghilangkan masalah hidung tersumbat, mengonsumsi teh herbal juga dapat membuat Sobat Pintar lebih rileks karena dapat mengurangi stres. 

  1. Menggunakan Humidifier

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang bisa Sobat Pintar lakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan humidifier. Humidifier atau pelembap udara ini dapat mengubah air menjadi uap sehingga udara di dalam kamar akan menjadi lembap. Udara lembap ini sangat membantu meredakan pembengkakan darah pada area hidung. Tidak hanya itu, lendir di dalam hidung pun akan menjadi lebih ringan sehingga mudah keluar dari hidung. 

  1. Menggunakan Bantal Ekstra Saat Tidur

Hidung tersumbat ketika hendak tidur memang terasa sangat tidak nyaman. Lalu bagaimana mengatasinya? Cara mengatasinya yaitu dengan  menggunakan bantal ekstra saat tidur. Cobalah untuk menumpuk 2 bantal menjadi satu, lalu gunakan tumpukan bantal tersebut untuk tidur. Cara yang satu ini dipercaya  dapat mengeluarkan cairan di dalam hidung sehingga  hidung tersumbat pun dapat teratasi.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Selain menjadi bumbu masakan, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan hidung tersumbat. Hal ini berkat kandungan antijamur dan antibakteri yang dimiliki bawang putih. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunyah bawang putih secara langsung. Jika Sobat Pintar enggan untuk mengunyah bawang putih secara langsung, maka cobalah untuk menumisnya bersama makanan. 

  1. Perbanyak Minum Air

Cara terakhir yang Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan memperbanyak minum air. Walaupun terdengar sepele, namun minum air putih terutama air hangat ini dapat mengatasi hidung tersumbat dengan efektif. Hal ini karena air hangat dapat mengencerkan lendir yang ada di saluran hidung serta meredakan nyeri yang disebabkan oleh hidung tersumbat. Sobat Pintar juga bisa menambahkan jahe atau mint. 

Cukup sekian penjelasan mengenai cara menghilangkan hidung tersumbat yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah. Apabila hidung tersumbat yang sedang dialami sobat Pintar tidak kunjung mereda, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Tak perlu khawatir soal biaya, karena pinjaman kilat dari Kredit Pintar dapat menjadi solusi untuk Sobat Pintar yang ingin berobat namun terkendala biaya. Cepat dan mudah, pinjaman dari Kredit Pintar ini sudah bisa diterima dalam hitungan menit saja, loh. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload