Cara Mendapatkan Subscriber Youtube yang Banyak

30 Oct 2021 by Laruan

Ada banyak jalan menuju roma, ada banyak cara mendapatkan subscriber yang real di Youtube dengan mudah. Dengan banyaknya subscriber ini, kanal Youtube akan semakin ramai dengan viewers, yang berarti akan semakin deras pula penghasilan yang mengalir berkat AdSense yang dihasilkan dari setiap video yang diunggah.

Sebuah gambar berisi teks, perangkat

Deskripsi dibuat secara otomatis

Kepopuleran Youtube Saat Ini

Youtube kini telah menjadi platform menonton video yang digemari oleh masyarakat. Bahkan, saat ini kepopuleran Youtube telah berhasil menggeser keberadaan televisi yang telah menemani masyarakat kita dari zaman baheula. 

Memang tidak dapat disangkal lagi, bahwa kepopuleran Youtube saat ini telah menjadi magnet yang menarik semua orang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Dikatakan bahwa Youtube saat ini memiliki sekitar 1 miliar pengguna yang aktif setiap harinya. 

Tidak hanya sebagai penonton, Youtube juga telah menciptakan satu golongan yang disebut dengan Youtuber, yakni mereka yang membagikan konten di Youtube. Kehadiran seorang Youtuber sendiri bisa karena berbagai alasan, mulai dari sekedar sharing hal bermanfaat, untuk memperoleh kepopuleran, hingga untuk mendapatkan tambahan penghasilan. 

Cara Mendapatkan Subscriber di Youtube

Apapun tujuannya, mengawali langkah di Youtube sebagai seorang Youtuber memang gampang-gampang susah. Di sini Sobat Pintar harus punya aura yang menjual untuk memperoleh lebih banyak subscriber dan viewers. Nah, jika Sobat Pintar tertarik untuk menjadi seorang Youtuber, berikut ini ada beberapa tips untuk memperoleh subscriber secara organik, dengan efektif.

  1. Membuat konten yang unik

Subscriber atau viewers di Youtube pada dasarnya tidak datang begitu saja. Mereka mampir ke channel Sobat Pintar karena tertarik dengan konten yang dibuat. Untuk itu, coba buat konten yang unik untuk dapat menarik lebih banyak massa. 

Konten yang unik sendiri dapat dikatakan sebagai konten yang sesuai dengan ketertarikan penonton, namun juga anti-mainstream atau berbeda dengan sekian banyaknya video yang ada di Youtube. Cobalah untuk get creative dan jangan takut menuju tak terbatas dan melampauinya (seperti kata Buzz Lightyear), karena itulah yang sebenarnya disukai oleh penonton. 

  1. Buat judul dan thumbnail yang menarik

Sudah buat konten out of the box, menarik, dan berkualitas, tapi kok masih sepi subscriber? Bisa jadi itu karena judul atau thumbnail konten Sobat Pintar kurang memikat. Untuk itu, cobalah untuk membuat judul semenarik mungkin, yang bisa membuat penonton penasaran dan pada akhirnya tertarik untuk menonton konten Sobat Pintar. Apabila suka dengan konten yang ditontonnya, dijamin penonton akan auto-subscribe kanal Youtube Sobat Pintar. 

Satu hal yang perlu diperhatikan mengenai hal ini adalah sebaiknya jangan membuat judul dan thumbnail yang provokatif, kontroversial, berpolemik, dan juga yang terlalu clickbait. Dengan judul seperti ini, calon subscriber yang sempat mampir mungkin akan beranjak pergi dari kanal Youtube Sobat Pintar. Sayang banget, kan?

  1. Upload konten secara rutin

Konten sudah unik dan berkualitas, judul dan thumbnail pun sudah dibuat semenarik mungkin hingga menarik lebih banyak massa. Tapi kok subscriber-nya masih minim? Mungkin ini terjadi karena Sobat Pintar  terhitung jarang upload konten. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa konten baru,  kanal Youtube Sobat Pintar akan dilupakan oleh para viewers. 

Selain itu, kesempatan konten Sobat Pintar untuk muncul secara organik di halaman beranda penonton juga akan semakin kecil. Untuk itu, cobalah untuk membuat jadwal upload konten secara rutin. Meskipun terbilang berat, namun ini adalah cara mendapatkan subscriber yang paling penting dan tidak bisa dilewatkan.

  1. Jaga komunikasi dengan viewers

Ketika konten video Sobat Pintar berhasil memasuki beranda orang lain dan memperoleh lebih banyak viewers, cobalah untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Sesedikit apapun viewers-nya, percayalah mereka akan merasa lebih senang jika diajak berinteraksi dan seperti dilibatkan dalam konten video. Jika Sobat Pintar berhasil menjalin komunikasi yang baik dengan para viewers ini, dijamin mereka pasti tidak akan ragu lagi untuk subscribe. 

Untuk menjaga komunikasi dengan viewers ini, hal yang perlu dilakukan sebenarnya cukup simpel. Bisa dimulai dengan cara membalas pendapat viewers di kolom komentar, meminta mereka untuk subscribe, like, dan share video, bahkan Sobat Pintar juga bisa meminta saran topik bahasan yang ingin dibahas untuk konten berikutnya. 

  1. Melakukan promosi di platform lain

Meskipun konten video Sobat Pintar dibuat khusus untuk di-upload pada platform Youtube, namun tentu tidak ada salahnya mencoba promosi di platform lainnya, bukan? Dengan cara ini, Sobat Pintar mungkin akan mampu menjangkau lebih banyak lagi penonton yang berpotensi menjadi subscriber setia. 

Promosi di platform lain ini bisa dilakukan melalui akun media sosial, melalui blog pribadi dan forum diskusi, hingga melalui email marketing ataupun dengan berkolaborasi dengan Youtubers lainnya. Pastikan bahwa promosi ini dilakukan di tempat-tempat yang relevan dan memang merupakan tempat di mana mayoritas target audiens kanal Youtube Sobat Pintar berada. Sebagai contoh, untuk konten video review film, Sobat Pintar bisa promosi melalui blog-blog yang menulis tentang sinopsis film. Mudah, bukan?

  1. Memaksimalkan kenyamanan subscriber

Agar subscriber yang sudah ada saat ini tetap stay dan rajin nonton konten di kanal Youtube Sobat Pintar, cobalah ciptakan kenyamanan semaksimal mungkin. Nah sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam konteks menciptakan keamanan ini. 

Pertama, Sobat Pintar bisa mengatur konten-konten dalam kanal Youtube ke dalam playlist-playlist yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Selain memudahkan audiens, hal ini juga akan membuat konten video Sobat Pintar ditonton secara berkelanjutan. Cara lainnya adalah dengan menambahkan subtitle pada konten video, membuat konten dengan durasi yang lebih panjang, hingga membuat video dengan kualitas gambar dan editing yang apik untuk ditonton.

  1. Optimalkan performa SEO

Cara mendapatkan subscriber yang cukup efektif berikutnya ini berkaitan dengan optimasi performa SEO. Dengan cara ini, konten video dari kanal Youtube Sobat Pintar bisa tampil di halaman pertama atau daftar teratas di mesin pencarian. 

Adapun cara untuk memaksimalkan SEO ini dapat dilakukan dengan memilih judul dan keyword yang tepat dan sedang tren, mengisi deskripsi video dengan penjelasan yang paling banyak dicari, menyesuaikan nama file video yang diunggah dengan keyword tersebut, menggunakan closed caption, hingga menyematkan tag spesifik dan tag umum untuk mempermudah proses algoritma dalam membaca konten Sobat Pintar.

Nah, sampai sini dulu penjelasan tentang cara mendapatkan subscriber di Youtube. Apabila Sobat Pintar tertarik untuk menjadi seorang Youtuber, mungkin ada beberapa hal yang harus dimiliki untuk menunjang proses pembuatan konten, seperti kamera dan mikrofon yang bagus, hingga laptop dan aplikasi-aplikasi untuk editing video. Nah, jika terkendala biaya, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman kilat ke Kredit Pintar yang anti ribet dan super cepat!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload