Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Online Mudah dan Cepat, Modal KTP

29 Jan 2021 by Andro
cara mendapatkan pinjaman uang online

Dibandingkan pinjaman bank, pinjaman online memiliki proses pengajuan yang jauh lebih ringkas dan cepat disetujui. Selain itu, rata-rata pinjaman online juga tidak mensyaratkan agunan layaknya Anda meminjam uang di bank.  Lantas bagaimana sih cara mendapatkan pinjaman uang online mudah dan cepat?

Di bawah ini kami akan jelaskan langkah demi langkah mendapatkan pinjaman uang online secara cepat, hanya dengan modal KTP.

1. Pilih aplikasi pinjaman online terpercaya

Pesatnya perkembangan industri Fintech (Financial Technology) di tanah air belakangan ini membuat banyak aplikasi pinjaman online bermunculan.

Sayangnya, tidak semua merupakan aplikasi pinjaman online terpercaya. Sebagian adalah aplikasi pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK namun masih nekat beroperasi.

Anda perlu waspada dengan aplikasi pinjaman online ilegal seperti ini. Soalnya, di samping mereka tidak memiliki kantor resmi yang bisa Anda kunjungi, aplikasi pinjaman online ilegal juga seringkali memberikan suku bunga pinjaman yang sangat tinggi di luar ketentuan OJK.

Selain itu, mereka juga biasanya sangat barbar dalam melakukan penagihan pinjaman. Misalnya, berani mengeluarkan kata-kata yang tidak patut, memberikan ancaman kepada debitur, menyebarkan data peminjam, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara membedakan antara pinjaman online legal dan ilegal?

Mudah saja. Cukup cek nama aplikasi pinjaman online tersebut di situs OJK, tepatnya di laman publikasi, lalu cari publikasi terakhir yang membahas tentang penyelenggara fintech terdaftar dan berizin OJK.

Jika tidak ada nama aplikasi pinjaman online yang Anda cari di publikasi tadi, maka kemungkinan besar aplikasi pinjol tersebut ilegal sehingga wajib untuk dihindari.

Daftar aplikasi pinjaman online Legal Terdaftar/Berizin OJK

OJK

Berdasarkan publikasi terakhir OJK, setidaknya ada 161 perusahaan fintech terdaftar dan berizin OJK yang ada di Indonesia saat ini.

Di antara seratus lebih perusahaan tersebut, berikut adalah beberapa aplikasi pinjaman online terpercaya yang patut Anda pertimbangkan:  

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online tunai cepat cair yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK. Sejak berdiri tahun 2017, Kredit Pintar terus memberikan inovasi dan pelayanan terbaik sehingga berhasil menjadi salah satu aplikasi pinjaman online terpopuler di Indonesia.

Hal ini terbukti dari banyaknya ulasan positif yang diterima oleh Kredit Pintar dan total jumlah unduhan aplikasi ini di Play Store yang sudah mencapai lebih dari 10 juta unduhan.

Kredit Pintar menyediakan produk pinjaman cicilan dan sekali bayar dengan limit hingga Rp8 juta dan tenor maksimal satu tahun. Sedangkan persentase suku bunga yang dibebankan kepada peminjam juga tergolong rendah berkisar antara 0,19 % – 0,5% per hari.

Cara mendapatkan pinjaman uang online di aplikasi Kredit Pintar terbilang mudah. Pertama, pastikan Anda sudah terdaftar di Kredit Pintar terlebih dahulu. Setelah itu, login Kredit Pintar dengan cara masukkan no hp dan kata sandi.

Jika sudah, ajukan pinjaman berdasarkan limit dan tenor yang tersedia. Terakhir, tunggu sampai pinjaman disetujui dan dana cair ke rekening pribadi Anda. Untuk informasi yang lebih detail, nanti akan kami jelaskan di bagian berikut.

2. Akulaku

Akulaku merupakan platform pinjaman online lain yang memiliki banyak penggunanya. Aplikasi Akulaku berada di bawah naungan PT. Akulaku Finance Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

Akulaku menyediakan layanan pinjaman online KTA sekali bayar, pinjaman cicilan, dan fasilitas belanja barang secara kredit di beberapa aplikasi e-commerce di Indonesia seperti Shopee dan Bukalapak.

3. Rupiah Cepat

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online terpercaya Rupiah Cepat yang sudah resmi terdaftar, berizin, dan diawasi oleh OJK. Di Rupiah Cepat, Anda dapat meminjam uang hingga Rp5.000.000 dengan tenor maksimal 90 hari. Sementara untuk suku bunga pinjaman antara 0,6% sampai dengan 0,8% per hari.

4. TunaiKita

TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online legal yang sudah resmi terdaftar di OJK. Serupa dengan Kredit Pintar, TunaiKita juga memiliki produk pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit hingga Rp20 juta dan tenor maksimal 6 bulan.

5. UKU

UKU adalah platform Fintech P2P lending yang masih terbilang baru di Indonesia. UKU menyediakan pinjaman online jangka pendek dan cicilan dengan limit mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp5 juta. Sedangkan untuk jangka waktu pengembaliannya maksimal hingga 180 hari atau 3 bulan.

Di antara ratusan platform pinjaman online yang sudah resmi terdaftar dan berizin OJK, Anda tentunya bebas menentukan mana yang akan Anda gunakan sesuai pilihan masing-masing.

Namun, untuk keperluan artikel ini, kami menggunakan aplikasi Kredit Pintar sebagai contoh untuk menjelaskan bagaimana cara mendapatkan pinjaman uang online mudah dan cepat hanya dengan bermodalkan KTP.

Meskipun hanya contoh, sebetulnya kami juga memilih aplikasi Kredit Pintar karena memang ini merupakan aplikasi pinjaman online terbaik yang sudah terbukti disukai oleh banyak orang dan melayani lebih dari 10 juta peminjam di seluruh wilayah Indonesia.

2. Registrasi Akun di Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Sebelum melakukan registrasi, Anda perlu mendownload aplikasi Kredit Pintar terlebih dahulu di Google Play. Setelah itu install aplikasi Kredit Pintar di handphone Anda, lalu ikuti seluruh tahap di bawah ini:

  • Buka aplikasi Kredit Pintar
  • Daftar dengan memasukkan no hp Anda dan lakukan verifikasi kode OTP
  • Isi formulir data diri seperti nama lengkap, informasi alamat, pekerjaan, penghasilan, rekening bank, dan lain-lain
  • Masukkan juga beberapa nomor kontak darurat sebagai penjamin
  • Berikutnya, unggah semua dokumen yang diminta seperti foto KTP, foto selfie dengan KTP, dan lakukan verifikasi wajah
  • Tunggu sampai proses verifikasi data selesai
  • Pendaftaran berhasil

3. Ajukan Pinjaman Online

Kredit pintar memiliki dua produk pinjaman online yang bisa Anda ajukan. Pertama, pinjaman jangka pendek sekali bayar dan kedua, pinjaman cicilan dengan limit hingga 1 tahun.

Saat awal mendaftar, kemungkinan besar Anda hanya mendapatkan jenis pinjaman jangka pendek sekali bayar. Namun setelah pinjaman pertama berhasil dilunasi, akan terbuka jenis pinjaman online cicilan yang bisa Anda ajukan. Walau demikian, semuanya tetap tergantung pada nilai skor kredit dari masing-masing peminjam.

Berikut langkah-langkah cara mendapatkan pinjaman uang online mudah di Kredit Pintar:

  • Buka aplikasi dan login Kredit Pintar
  • Cek jenis pinjaman, limit, dan tenor yang tersedia di aplikasi Kredit Pintar beserta biaya-biayanya, seperti biaya suku bunga, biaya layanan, dan total tagihan yang harus dibayar
  • Pilih produk pinjaman yang Anda inginkan, kemudian pilih juga apa tujuan peminjaman Anda
  • Klik tombol Ajukan
  • Tunggu sampai proses penilaian selesai dan pinjaman berhasil dicairkan ke rekening

4. Bayar tagihan sebelum Jatuh Tempo

Untuk meningkatkan limit pinjaman di Kredit Pintar, pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.

Di samping memperoleh peningkatan limit pinjaman, umumnya Anda juga akan mendapatkan biaya bunga yang lebih rendah pada pinjaman-pinjaman selanjutnya. Sehingga Anda bisa pinjam uang lebih banyak dan bayar lebih sedikit di aplikasi Kredit Pintar.

Kesimpulan

Sekarang ini ada banyak sekali cara mendapatkan pinjaman uang online dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah dengan mendaftar di aplikasi pinjaman online terpercaya Kredit Pintar. Login Kredit Pintar sekarang juga untuk ajukan pinjaman online cepat cair, bunga rendah, dan tanpa jaminan.

Baca Juga:

5 Aplikasi Pinjaman Uang Aman dan Terpercaya

Daftar Situs Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Di Indonesia

mobile-closeKredit PintarDownload