Cara Menabung Emas di Pegadaian

16 Sep 2021 by Laruan

Hal yang tak pernah diajarkan sewaktu belajar di sekolah adalah literasi pendidikan finansial. Dan ketika pandemi melanda di semua negara, termasuk Indonesia, semua lapisan masyarakat di uji ketahanan finansialnya. Bagi mereka yang sudah membiasakan menabung melalui banyak instrumen seperti tabungan emas di Pegadaian, saham, kripto, deposito, dana darurat, dan jenis tabungan lainnya sudah pasti bisa bertahan. Ini cara menabung emas di pegadaian.

Tapi bagaimana dengan kalangan masyarakat yang hanya mengandalkan satu sumber penghasilan; gaji misalnya. Kalau mereka masih punya pekerjaan sekalipun gajinya dipotong sebesar 50%, setidaknya mereka masih bisa bertahan. 

Beda cerita yang terkena phk & pekerja harian sudah pasti kesulitan memperoleh pendapatan. Ditambah lagi pemberlakuan ppkm makin membuat mobilitas kerja jadi serba terbatas sehingga berimbas pada penurunan income.

Kalau sudah begini, alih-alih menyerah dan meratapi nasib kenapa dulu nggak belajar Pendidikan finansial, lebih baik kamu coba mulai berubah karena tak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan, yuk mulai aja dulu, misalnya saja; menabung emas di Pegadaian.  

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Sekalipun kondisis sedang pandemi dan serba kekurangan, bukan berarti kamu tidak bisa berinvestasi atau menabung lho. Nyataya, kamu tetap bisa menabung logam mulia (emas) di Pegadaian dengan pembayaran minimum dan berkala. Penasaran? Yuk disimak ulasannya dibawah ini;

  1. Outlet Pegadaian Tersedia Dimanapun

Dengan tersedianya banyak cabang Pegadaian di berbagai kota, kamu bisa mengunjungi outlet atau kantor cabang Pegadaian terdekat. Tidak berani keluar rumah karena kondisi masih pandemi dan tidak aman?

Tenang saja, kamu bisa mengakses layanannya via daring melalui Pegadaian digital service atau marketplace. Dengan kemudahan ini, tidak ada alasan yang menghambat kamu untuk menabung emas di Pegadaian.

  1. Bisa Cetak Emas dengan Ukuran Minimum

Tahukah kamu, bahwa Pegadaian menerima order atau pemesanan emas dengan jumlah minimum? Ya, kamu bisa mencetak emas mulai dari kepingan 1 gram. Dengan mekanisme ini, menabung emas di Pegadaian jadi makin mudah, bukan?

  1. Harga Jual dan Beli yang Kompetitif

Salah satu instrumen keuangan yang bisa kamu andalkan untuk melawan inflasi adalah dengan menabung emas. Di Pegadaian, kamu bisa mendapatkan harga beli dan jual emas yang kompetitif serta menguntungkan untuk pelanggan.

  1. Biaya Administrasi Transaksi Emas yang Ringan

Salah satu pertimbangan pelanggan dalam membeli, menjual, atau bahkan menabung emas di Pegadaian adalah seberapa banyak mereka harus membayar biaya administrasinya. Untungnya, Pegadaian menerapkan biaya administrasi hanya Rp. 2000 dan ini terbilang ringan sehingga tidak membebankan para pelanggannya.

  1. Tingkat Karatase / Kemurnian Emas Terjamin 24 Karat

Pertimbangan lainnya, pelanggan menginginkan tingkat kemurnian atau karatase terjamin. Kabar baiknya, emas yang dijual oleh Pegadaian, tingkat karatasenya terjamin hingga 24 karat. Jadi, pelanggan bisa yakin dan merasa terjamin saat melakukan transaksi jual beli atau menabung emas di Pegadaian.

  1. Transaksi Jual Beli dan Tabungan Emas di Pegadaian Dikelola dengan Profesional & Transparan

Semua aktivitas transaksi di Pegadaian dijamin transparansinya karena Pegadaian meyakini bahwa hanya pelayanan yang profesional dan terbaiklah yang akan membuat pelanggan percaya dan memilih Pegadaian sebagai tempat terbaik untuk menabung emas.

  1. Bisa Nabung Emas Mulai Dari 0,01 gram

Nah, bagian ini nih yang paling disukai banyak orang. Apalagi di masa sulit seperti sekarang, opsi menabung emas di Pegadaian dengan mekanisme top-up mulai dari 0,01gram ini bisa jadi solusi tepat untuk kamu yang ingin menabung emas dengan nominal kecil dan berkala. Jika rutin, tabungan emasmu bisa jadi makin banyak dan bisa diuangkan saat membutuhkannya.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Sebelum mulai menabung emas, kamu harus mengetahui syarat apa saja yang harus dilengkapi. Dengan patuh administrasi, kamu bisa menabung emas dengan nyaman, aman, dan terdaftar resmi sebagai nasabah di Pegadaian. Kira-kira ada syarat apa saja yang harus dilengkapi? Silahkan baca uraian berikut ini;

  1. Pastikan kamu memiliki KTP / Passport yang masih berlaku

Syarat pertama tergolong cukup mudah dipenuhi dan kami yakin bahwa kamu bisa melengkapi persyaratan pertama ini.

  1. Mengetahui Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas

Karena kamu akan membuka tabungan emas di Pegadaian, sudah seharusnya bagi calon nasabah untuk mengetaui biaya pembukaan rekening tabungan emas. Dengan mengetahui biaya administrasi pembukaan rekening, kamu bisa mengalokasikan bujet dengan tepat dan akurat. Berikut daftar biaya pembukaan rekening tabungan Emas;

ChannelBiaya Pembukaan RekeningBiaya Fasilitas Penitipan Emas Per 1 TahunPembelian Saldo EmasBiaya Transaksi
Outlet PegadaianRp. 10.000Rp. 30.0000,01 gram
Pegadaian DigitalRp. 0Gratis untuk penitipan 1 tahun pertamaRp. 50.000
Pegadaian Syariah DigitalRp. 0Rp. 30.000Rp. 70.000
Agen PegadaianRp. 10.000Rp. 30.000Rp. 57.500Rp. 25000
  1. Memahami Sistem Tabungan Emas di Pegadaian

Syarat ketiga, setelah mengetahui biaya pembukaan rekening baru dan biaya admin lainnya. Kamu sebagai calon nasabah yang ingin menabung emas di Pegadaian harus tahu cara kerja sistem tabungan di Lembaga ini.

Well, mekanismenya cukup mudah dipahami, kamu bisa mengunduh aplikasi Pegadaian digital. Di aplikasi tersebut, kamu bisa melihat harga jual (Harga emas yang dijual Pegadaian kepada nasabah) dan harga beli (harga yang ditetapkan Pegadaian apabila nasabah ingin menjual kembali measnya di Pegadaian). Cukup mudah, bukan?

Setelah mengetahui syarat dasar diatas, selanjutnya kamu bisa ikuti panduan atau cara membuat tabungan emas di Pegadaian.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara Mudah Membuat Tabungan Emas di Pegadaian

Cukup mengikuti 3 langkah saja, kamu sudah bisa punya buku tabungan emas di Pegadaian, lho! Apa saja caranya? Mari disimak panduan dibawah ini;

  1. Siapkan KTP

Seperti yang sudah diulas pada poin syarat membuka rekening tabungan sebelumnya, kamu wajib melampirkan ktp untuk membuat rekening tabungan emas di Pegadaian. Mudah, bukan?

  1. Kunjungi Outlet Pegadaian Terdekat atau Buka Aplikasi Pegadaian Digital

Langkah kedua, kamu bisa mengunjungi outlet Pegadaian terdekat dari rumahmu. Kalau tidak mau keluar rumah, kamu bisa mengunduh aplikasi Pegadaian digital supaya bisa mengurus pendaftaran via daring.

  1. Isi Formulir Pendaftaran Pembukaan Rekening Emas di Outlet Pegadaian / Aplikasi

Ketiga, menyesuaikan dengan opsi yang kamu pilih sebelumnya ya. Kamu bisa mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening baru di outlet Pegadaian atau dengan mengisi e-form di aplikasi. Silahkan dipilih sesuai dengan preferensi pribadi lebih nyaman yang mana. 

Sebagai tambahan informasi, untuk kamu yang mendaftar rekening baru lewat aplikasi digital. Buku tabungannya bisa diambil di outlet Pegadaian terdekat ya.

  1. Top-Up Emas Pertamamu

Langkah selanjutnya, rekening sudah jadi dan kamu bisa mulai melakukan transaksi top-up tabungan emas pertamamu. Kamu bisa top-up emas mulai dari 0,01 gram. Sangat terjangkau, bukan?

Last but not least, semoga artikel tentang cara menabung emas di Pegadaian ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kondisi ekonomimu ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload