Cara Memindahkan Whatsapp dan Backup Data ke HP Baru

26 Jul 2021 by Laruan

Sebagai aplikasi pengirim pesan terpopuler di dunia, Whatsapp menyediakan beragam fitur bagi penggunanya, mulai dari mengirim gambar hingga melakukan video call.  Tanpa terasa, Sobat Pintar menyimpan banyak data foto, video, dan dokumen terkait pekerjaan di Whatsapp. Jangan sampai data-data tersebut hilang saat Sobat Pintar berganti HP. Sehingga, Sobat Pintar wajib memahami cara memindahkan Whatsapp apabila kondisi itu terjadi.

Cara Memindahkan Whatsapp dan Backup Data ke HP Baru

Berikut ini adalah tiga langkah yang bisa Sobat Pintar terapkan:

Cara backup data Whatsapp

Tahap ini bertujuan untuk menyimpan atau backup semua data yang ada di Whatsapp Sobat Pintar ke dalam Google Drive. Jadi, nantinya data akan bisa Sobat Pintar panggil kembali ke Whatsapp di ponsel baru. 

Backup data sangat penting untuk antisipasi jika HP tiba-tiba error atau rusak. Langkah backup data adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp, klik tiga titik di sudut kanan atas, pilih Setelan (Setting)
  2. Kemudian pilih Chat, pilih Cadangan Chat (Chat Backup), pilih akun Google Drive yang ingin Sobat Pintar pakai untuk menyimpan data, pilih Cadangkan (Backup Over)
  3. Tunggu hingga proses backup selesai, lama tidaknya proses ini sepenuhnya bergantung dari kapasitas data dan kualitas internet yang Sobat Pintar punya

Cara memindahkan Whatsapp ke HP baru

Apabila semua data sudah di-backup ke Google Drive, maka data tersebut bisa diunduh lagi jika Sobat Pintar login Whatsapp dari HP mana saja. Semua data aman tersimpan secara online. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi Whatsapp, masukkan nomor HP yang biasa Sobat Pintar gunakan untuk Whatsapp di HP lama, jangan salah memasukkan kode negara.
  2. Klik Lanjut (Next).
  3. Whatsapp akan mengirimkan SMS berisi 6 digit kode verifikasi untuk memastikan bahwa nomor HP tersebut benar.
  4. Masukkan 6 digit kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  5. Setelah itu, Whatsapp akan mengarahkan Sobat Pintar untuk membuka backup data di akun Google Drive.
  6. Silakan login ke akun Google untuk mengakses Google Drive.
  7. Whatsapp akan mengunduh semua data yang ada di Google Drive, durasi proses ini bergantung pada kapasitas data dan kualitas internet yang Sobat Pintar punya.
  8. Jangan lupa untuk menulis nama dan memasang display picture (DP).
  9. Setelah menyelesaikan tahapan cara memindahkan Whatsapp ini, Sobat Pintar sudah bisa menggunakan akun Whatsapp secara normal, chat-chat lama juga akan muncul kembali.

Cara mengganti nomor Whatsapp di HP baru

Bukan hanya memindahkan akun, Sobat Pintar juga bisa mengubah nomor Whatsapp di HP yang baru digunakan. Prosesnya cukup mudah dan cepat, tidak jauh berbeda dengan dua metode yang sudah kita bahas sebelumnya. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp, klik tiga titik di sudut kanan atas, pilih Setelan (Setting).
  2. Sobat Pintar akan menemukan beberapa pilihan menu di sana, pilih Akun (Account), lalu klik Ganti Nomor (Change Number).
  3. Masukkan nomor HP lama dan baru, lalu klik Lanjut (Next).
  4. Sobat Pintar bisa secara otomatis memberi kabar kepada semua teman bahwa nomor Whatsapp Sobat Pintar telah diganti dengan klik menu Beri Tahu Kontak.
  5. Klik Selesai (Done).

Seperti itulah metode cara memindahkan Whatsapp ke HP baru. Bagaimanapun juga, untuk melakukan pemindahan Whatsapp, Sobat Pintar juga perlu mengerti cara backup data dan mengganti nomor Whatsapp di HP baru karena semuanya saling terkait satu sama lain. Satu hal penting lain adalah pastikan Sobat Pintar memiliki space yang cukup di Google Drive agar proses backup data Whatsapp bisa dilakukan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload