Cara Membuat Patung

31 Mar 2023 by kreditpintar, Last edit: 04 Apr 2023

Patung adalah salah satu jenis karya yang banyak dipakai oleh banyak kalangan. Adapun patung karena banyak disukai maka membuat orang tertarik. Dan tentu saja karena tertarik beberapa orang  tentu saja merasa ingin tahu cara membuat patung. Kendati patung itu sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun rupanya di sini masih orang yang belum tahu dengan apa itu patung secara lengkap dan detail.

Cara Membuat Patung dari Tanah Liat Halaman all - Kompas.com

Dan untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan anda mengenai patung secara lengkap. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna untuk anda mengenai patung. Dan terlebih cara membuatnya. Penasaran kan? Yuk kita simak bersama penjelasan kami di bawah ini. 

Apa itu patung

Patung merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dibuat oleh manusia  yang dibuat dengan metode subtraktif dan adaptif. Dalam pembuatannya patung itu sendiri tak hanya berbentuk manusia saja. Namun dalam perkembangannya patung juga ada dalam bentuk hewan dan juga bentuk lain. 

Dalam perkembangannya patung yang ada di Indonesia merupakan pengaruh dari budaya barat, Negara China dan India.

Baca Juga: Wisata Pacet yang Menarik untuk Dikunjungi!

Alat untuk membuat patung

Ketika kita membuat sesuatu pasti kita membutuhkan alat-alat tertentu. Begitu pula di sini ketika kita akan membuat patung pasti membutuhkan alat-alat.

Dan tentu saja setiap alat yang dipakai pasti mempunyai fungsi tertentu. Adapun alat yang dipakai berupa: ember, meja putar, butsir tatah, ganden, sendok, pahat, palu, tang. baskom, timbangan, penyekat,  papan kayu, kuas, scapper, dan mangkok kecil. 

 Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai alat membuat patung dan fungsi kegunaannya. 

  • Butsir

Alat untuk membentuk patung yang terbuat dari kayu dan kawat

  • Meja putar

Meja yang cara penggunaannya dengan cara diputar. Meja ini dipakai untuk memudahkan dalam proses pembuatan patung. 

  • Palu 

Alat untuk memukul

  • Tang 

Alat untuk memotong atau mengencangkan kawat

  • Sendok

Untuk mengambil adonan atau mengambil kerangka yang akan dibuat patung.

  • Pahat 

Alat yang dipakai untuk memahat dengan cara mengurangi bahan. 

  • Baskom

Alat untuk menaruh bahan atau adonan tanah liat atau gips

  • Ember

Tempat untuk menaruh  air bersih

  • Timbangan

Untuk menimbang adonan sesuai dengan ukuran

  • Penyekat 

Alat untuk menyekat atau membatasi antar cetakan

  • Kuas

Alat untuk mengolesi atau mewarnai patung

  • Pisau 

Untuk merapikan patung atau membersihkan hasil cetakan

  • Mangkok kecil plastic

Untuk menampung tepung gips yang ada dalam karung

Bahan dalam membuat patung 

Memahami Teknik Pembuatan Patung Beserta Bahan yang Digunakan - Varia  Katadata.co.id

Dalam melakukan pembuatan patung pasti kita membutuhkan bahan-bahan yang dipakai. Begitu pula di sini ketika akan membuat patung. Lalu apa saja bahan yang dipakai untuk membuat patung? Di bawah ini kami akan menguraikan untuk anda mengenai bahan yang dipakai untuk membuat patung. 

  • Bahan empuk

Bahan yang empuk ini adalah bahan yang mempunyai tekstur yang lunak dan tentu saja mudah untuk dibentuk.  Adapun contoh bahan empuk yaitu: lilin, sabun, tanah liat, platisin, dan juga polystin.

Baca Juga:  Berikut 5 Rekomendasi Wisata Trawas Terbaru

  • Bahan sedang

Bahan yang kandungan teksturnya tidak terlalu empuk dan juga tidak terlalu keras. Adapun contoh bahan yang mempunyai tekstur sedang adalah kayu mahoni, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.

  • Bahan keras

Bahan keras adalah bahan yang mempunyai tekstur yang keras dan biasanya terbuat dari batu dan juga kayu. Adapun contoh dari bahan keras adalah  kayu jati, kayu sonokeling, kayu ulin, batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer).

  • Bahan cetak atau cor 

Bahan yang dalam proses pembuatan melalui cetak atau cor.  Adapun contoh dari bahan cetak atau cor adalah semen, gips, logam, timah, perak, emas, dan beberapa bahan kimia seperti fiber atau resin.

  • Bahan limbah atau bekas

Bahan yang berasal dari barang bekas yang kemudian di daur ulang dan kemudian dipakai untuk bahan membuat patung. Adapun contoh bahan dari limbah atau bekas adalah Contohnya adalah: koran bekas, jerami, besi, potongan kayu dan lain-lain.

Teknik untuk membuat patung

Setelah kita mengetahui bahan dan juga alat yang dipakai untuk membuat patung. Tentu saja kita merasa penasaran dengan apa saja teknik membuat patung.

Teknik adalah salah satu cara yang dipakai dalam membuat suatu karya seni, termasuk dalam membuat karya seni patung. Nah di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda sekalian.

  • Teknik pahat

Teknik pahat adalah teknik yang dipakai dalam membuat patung dengan cara memperkecil bahan baku pembuatan. Lalu dibentuk berdasarkan bentuk atau model yang diinginkan. Teknik pahat ini biasanya menggunakan batu cadas dan batu marmer. 

  • Teknik ukir 

Teknik ukir adalah cara pembuatan patung yang hampir mirip dengan teknik pahat. Hanya yang membedakan ada pada bahan   pembuatan.  Dimana pada teknik ukir itu hanya dipakai pada bahan bahan kayu. 

  • Teknik butsir

 Teknik butsir adalah teknik pembuatan patung yang dipakai untuk bahan yang lembek. Adapun itu seperti: lilin, bubur kertas, tanah liat. 

Cara membuat patung 

Setelah kita mengetahui aneka macam jenis dan hal dalam membuat patung. Di bawah ini kami akan informasikan untuk anda cara membuat patung.

  • Menyiapkan alat dan bahan
Tahapan Cara Membuat Patung dari Tanah Liat | kumparan.com

Tahap pertama pada cara membuat patung adalah dengan menyiapkan bahan dan juga alat.  Bila kita membuat patung dengan menggunakan bahan tanah liat kita perlu membersihkan dari kotoran. 

Selain itu kita perlu untuk aneka macam jenis alat seperti:  pisau, alat butsir, meja putar, pahat, cetakan, sundip dan sebagainya.

Baca Juga: Ini Dia 10+ Rekomendasi Wisata Mojokerto Paling Hits!

  • Mencampurkan tanah liat dengan air 

Tahap kedua pada cara membuat patung adalah mencampurkan tanah liat dengan patung. Di tahap ini kita perlu memperhatikan takaran air yang diberikan pada tanah liat.

Bila takaran air terlalu sedikit maka membuat tanah liat menjadi keras. Namun bila air takaran terlalu banyak bisa membuat bahan tanah liat menjadi lembek. 

  • Membentuk tanah liat

Tahap ketiga pada  cara membuat patung adalah membentuk tanah liat. Di tahap ini kita membentuk tanah liat sesuai dengan model yang kita inginkan. 

  • Membakar tanah liat

Dan cara membuat patung yang terakhir adalah dengan membakar. Untuk durasi  waktu pembakaran itu tergantung dari bahan dan juga tekstur. 

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai cara membuat patung. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terlebih di sini untuk anda yang berencana untuk belajar cara membuat patung.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Apr 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download