Cara Membuat Masker Wajah Dengan 5 Bahan Alami

30 Sep 2021 by Laruan

Sobat Pintar sudah tahu belum, cara membuat masker wajah alami agar kulit tampak cerah dan bersih? Sebenarnya ada banyak pilihan masker yang bisa digunakan untuk membuat wajah tampak bersih dan cerah. Dengan pilihan masker wajah yang terbuat dari bahan alami ini, Sobat Pintar sudah tidak perlu repot-repot melakukan berbagai macam perawatan kulit yang biasanya cukup ribet dan mahal. 

Cara membuat masker wajah alami untuk mencerahkan

Masker wajah alami pada umumnya terbuat dari campuran bahan makanan seperti buah serta sayuran, yang pastinya aman untuk kulit wajah. Selain itu, karena dibuat secara mandiri, masker wajah alami ini terhindar dari zat-zat kimia yang mungkin bisa menimbulkan reaksi negatif di wajah. 

Bagi Sobat Pintar yang tidak memiliki waktu luang untuk menjalani perawatan kulit di klinik kecantikan, maka masker wajah alami ini bisa menjadi alternatif terbaik. Untuk itu, simak terus penjelasan bagaimana membuat masker untuk kecantikan dari bahan alami berikut ini, ya!

Cara Membuat Masker Wajah Alami

Cara membuat masker wajah dari bahan alami di rumah

Ada berbagai macam pilihan bahan alami yang bisa Sobat Pintar gunakan sebagai masker untuk mencerahkan wajah. Masker wajah alami ini bisa menjadi alternatif yang pas untuk Sobat Pintar yang bingung memilih produk perawatan kulit yang begitu beragam di pasaran. Langsung saja, ini dia bagaimana membuat masker untuk kecantikan dengan campuran bahan alami untuk dicoba di rumah.

1. Pepaya dan Pisang

Memiliki kandungan vitamin A dan C, kombinasi kedua jenis buah ini sangat bagus untuk menghempaskan permasalahan wajah kusam dan mendatangkan wajah glowing yang tampak sehat. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim papain yang dapat meregenerasi kulit dengan lebih cepat.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • ¼ buah pepaya
  • Madu

Cara Menggunakan:

  1. Mula-mula, haluskan pepaya dan pisang yang telah disediakan hingga lumat dan tercampur rata.
  2. Tambahkan madu secukupnya, lalu aduk hingga bahan masker wajah alami tampak kental.
  3. Oleskan masker dari bahan alami ini pada wajah, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  4. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.
  5. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk bersih.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer bagi mereka yang tengah menjalankan diet. Untuk wajah sendiri, oatmeal dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengikis sel kulit mati di permukaan wajah yang menjadi penyebab kulit kusam dan pori-pori tersumbat. Hasil akhirnya, Sobat Pintar akan merasakan kulit wajah yang tampak lebih cerah dan halus. 

Bahan-bahan:

  • ⅓ cangkir oatmeal
  • ½ cangkir air hangat (bukan panas mendidih)
  • 2 sdm madu

Cara menggunakan:

  1. Campurkan oatmeal dan air hangat ke dalam sebuah mangkok, aduk merata, kemudian diamkan hingga 2 menit.
  2. Tambahkan madu ketika campuran sudah agak dingin, lalu aduk kembali.
  3. Oleskan campuran masker pada permukaan wajah hingga merata.
  4. Setelah 10 sampai 15 menit, bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. 
  5. Lap sisa-sisa masker dengan handuk bersih.

3. Yogurt

Sobat Pintar tahu tidak, yogurt ternyata merupakan bahan pembersih wajah alami, loh. Hal ini sejatinya karena yogurt punya kandungan asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Tidak hanya itu saja, kandungan Zinc, Kalsium, dan juga Vitamin B dalam yogurt juga dapat membantu regenerasi sel kulit dan menangkal radikal bebas.

Bahan-bahan:

  • 1 sdt yogurt
  • 1 sdm madu

Cara menggunakan:

  1. Mula-mula, campurkan madu dan yogurt hingga kedua bahan tersebut menyatu dan rata.
  2. Setelah itu, langsung oleskan campuran masker wajah alami ke wajah hingga merata, lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  3. Setelah mengering, bilas masker yogurt dari wajah dengan menggunakan air hangat, lalu bersihkan wajah dengan handuk.

4. Putih Telur

Ingin kulit yang lebih bersih, sehat, dan bercahaya? Campuran masker putih telur ini mampu mewujudkannya! Putih telur dalam hal ini dapat berfungsi sebagai bahan alami yang dapat membasmi noda-noda hitam dari wajah, hingga melindunginya dari paparan polusi dan radikal bebas.

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • ½ sdt madu

Cara menggunakan:

  1. Pertama-tama, pisahkan putih telur dari kuningnya terlebih dahulu.
  2. Campurkan putih telur dengan madu yang telah disediakan.
  3. Oleskan masker putih telur ke wajah, kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas masker hingga bersih dengan air hangat, hingga tidak ada lagi sisa masker yang tertinggal.
  5. Keringkan wajah dengan handuk bersih. 

5. Alpukat

Apabila permasalahan kulit Sobat Pintar bukan hanya sekedar kulit kusam saja, melainkan juga timbulnya tanda-tanda penuaan dini, maka masker alami dari alpukat bisa menjadi solusinya. Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini akibat terpapar matahari secara berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam alpukat juga dapat membuat kulit tampak lebih kenyal dan elastis.

Bahan-bahan:

  • ½ buah alpukat
  • 1 butir telur
  • 2 sdm oatmeal

Cara menggunakan:

  1. Pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian masukkan ke dalam wadah bersama alpukat dan oatmeal. Campur hingga merata.
  2. Oleskan masker ke permukaan wajah hingga merata, lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  3. Bilas dengan air hangat lalu keringkan wajah dengan handuk bersih setelahnya.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara membuat masker wajah dari bahan-bahan alami di rumah untuk mencerahkan kulit. Sobat Pintar bisa menggunakan campuran bahan alami ini kapan saja, di mana saja, karena sifatnya yang praktis dan mudah dibuat.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa masker wajah ini mungkin tidak akan sama keefektifannya untuk setiap orang. Pada si A campuran masker ini mungkin akan sangat efektif. Akan tetapi di kulit wajah si B mungkin tidak memberikan efek sama sekali, dan bahkan bagi si C yang memiliki kulit sensitif, mungkin akan timbul reaksi negatif sebagai efek samping. 

Untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti kasus C, sebaiknya Sobat Pintar menggunakan produk perawatan wajah yang sudah pasti terjamin keamanannya. Memang sedikit mahal dan akan sedikit PR selama pemakaiannya, namun risiko wajah mengalami reaksi negatif akan semakin kecil. Tentu Sobat Pintar ingin yang terbaik untuk wajah sendiri, bukan?

Jika keuangan menjadi masalah dalam hal ini, Sobat Pintar tidak perlu bersedih karena Kredit Pintar akan mampu mencarikan jalan keluar terbaik. Sebagai salah satu perusahaan fintech terbesar di Indonesia, Kredit Pintar mampu menyediakan akses pinjaman jangka pendek untuk Sobat Pintar yang membutuhkan dana untuk keperluan perawatan wajah, sehingga tidak perlu rempong mengurusi cara membuat masker wajah alami. Hingga kini, Kredit Pintar sudah membantu sekitar 4 juta peminjam, dengan total pinjaman mencapai Rp 19 Triliun, loh. Kredit Pintar juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK untuk mendukung keamanan pengajuan pinjaman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload