Cara Membuat Linktree Untuk Banyak Keperluan

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Mengapa saat ini informasi tentang cara membuat Linktree cukup banyak dicari? Hal ini karena penggunaannya lumayan penting. Khususnya bagi para pemilik olshop, atau selegram. Pasalnya, dengan adanya Linktree pengguna bisa menaruh link Whatsapp, marketplace, hingga link konten yang dibuat. 

Pada umumnya, orang-orang ingin buat linktree untuk Instagram sehingga dapat langsung mengarah ke Whatsapp, Line, atau e-commerce. Penasaran bagaimana cara membuat Linktree paling tepat? Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini

Manfaat Linktree

Manfaat Linktree ini adalah pengguna dapat menaruh banyak link pada bio social medianya. Misalnya untuk Instagram, serta media sosial lainnya. Adanya link tersebut pada bio membuat pengunjung media sosial Anda jadi makin mudah mengakses pada link lainnya. 

Linktree ini sangat berguna bagi Anda pemilik online shop, sehingga pelanggan lebih cepat untuk mengakses kontak Anda. Misalnya jika ingin langsung menghubungi, tinggal klik link untuk diarahkan pada Whatsapp. 

Selain pemilik online shop, influencer yang aktif di Instagram pun juga membutuhkan Linktree. Contohnya, dengan linktree tersebut, pengunjung media sosial Anda akan lebih mudah mengakses karya atau konten yang dibuat. Tautan yang mengarah ke konten tersebut bisa ditaruh pada linktree tadi. 

Tahapan Persiapan Sebelum Mulai Buat Linktree

Sebelum mulai buat Linktree, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari tahap registrasi akun, sampai melakukan settingan tampilan sebelum nantinya memasukkan link-link media sosial yang diinginkan ke dalamnya. Langkah persiapan buat Linktree adalah sebagai berikut:

  • Buka Situs Linktree

Langkah awal adalah hanya hanya perlu buka situsnya saja. Dari browser, silahkan ketik alamat http://linktr.ee/. Jika sudah berhasil terbuka, langsung saja klik tombol “Get Started For Free”. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk laman pendaftaran akun. 

  • Registrasi

Proses selanjutnya adalah melakukan proses registrasi. Sebelumnya, Anda sudah diarahkan untuk pendaftaran akun, bukan? Tinggal lanjutkan saja, dengan mengisi kolom email, username, dan password. Jika semua data sudah Anda isi, klik saja menu “register”. Setelah itu, tinggal ikuti saja petunjuk berikutnya sampai selesai. 

  • Ganti Foto Profil Serta Tema Yang Diinginkan

Langkah berikutnya adalah mengganti profil. Caranya adalah, klik menu “pink an image”. Selain foto profil, Anda pun dapat mengganti tema sesuai yang diinginkan. Buat yang akan membuat linktree keperluan bisnis, boleh mencoba aplikasi membuat logo untuk dijadikan foto profil supaya makin terlihat professional.

  • Buka Menu Links

Apabila foto profil dan tema sudah dipilih, Anda sudah bisa langsung memulai membuat linktree. Caranya tinggal buka saja menu “links”. Untuk selanjutnya, Anda bisa ikuti tahapan yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

Cara Membuat Linktree WhatsApp

  • Buka Situs Linktree

Membuat linktree untuk WA sama sekali tidak ribet. Anda bisa mulai dengan membuka situs Linktree seperti pada penjelasan sebelumnya. Setelah itu silahkan lakukan login ke akun Linktree yang tadi sebelumnya sudah dibuat. 

  • Mulai Buat Linktree

Setelah berhasil login dan masuk akun pribadi Anda, bisa mulai membuat linktree. Caranya silahkan klik “add new Link”. Tidak akan sulit menemukan menu tersebut, karena letaknya ada di bagian atas halaman. 

  • Masukkan Judul

Selanjutnya, Anda bisa langsung masukkan judul dan link WA punya Anda sendiri. Apabila pada samping kiri link WA Anda sudah berwarna hijau, artinya prosesnya berhasil. Anda bisa langsung lanjut ke tahap berikutnya

  • Salin Link Linktree Dan Buka Setting Profil Akun

Berikutnya, pengguna harus menyalin link linktree yang dimaksud. Caranya adalah, klik tombol “copy”. Setelah itu, silahkan buka setting profil akun Instagram. Terakhir, bisa langsung paste link di section opsi “website”.

Apabila seluruh langkah tadi sudah Anda ikuti dengan benar, harusnya kini link WA di Linktree sudah berhasil dibuat. Tanda jika sudah berhasil adalah, setiap ada orang yang klik link pada bio IG Anda akan langsung terarah pada nomor WA Anda. 

Cara Membuat Linktree Line

  • Buka Situs Linktree

Membuat Linktree Line sebetulnya tidak beda jauh dengan WA tadi. Langkah pertama, Anda buka situs Linktree dulu, lalu langsung masuk akun yang sudah dimiliki. Oleh karena itu, password dan username Linktree tidak boleh Anda lupakan. 

  • Klik “Add New Link” Lalu Masukkan Judul

Tahap berikutnya pun masih sama. Anda hanya perlu klik menu “add new link” lalu masukkan judul dari link Line milik Anda. Sebelum mengetik ID line, tulis dulu http://line.me./ti/p/- (ID Line).

  • Pastikan Link Aktif

Jika Anda sudah berhasil memasukkan ID atau judul line Anda, periksa ulang. Tanda jika link sudah aktif dan tidak terjadi kesalahan adalah adanya tombol samping kiri link line yang sudah berubah warna menjadi hijau. 

  • Klik “Copy” Kemudian Paste Ke Media Sosial

Tahap berikutnya adalah Anda bisa klik “copy”. Tinggal paste saja link Linktree pada Instagram maupun media sosial lain yang Anda kehendaki. Ketika Anda berhasil membuat link Line pakai Linetree ini, baik pada Instagram maupun media sosial lain, orang akan lebih mudah menghubungi Anda. 

Cara Membuat Linktree Marketplace (Shoppe)

  • Buka Situs Linktree

Selain membuat linktree untuk media sosial, tadi juga sempat dijelaskan aplikasi ini sangat berguna bagi pemilik online shop. Anda bahkan dapat dikatakan sangat membutuhkan linktree ini, untuk mempermudah hubungan dengan pelanggan. Langkah pertama sama dengan ketika buat Linktree untuk WA maupun Line.

Anda bisa buka terlebih dahulu situs Linktree. Seperti biasa, setelah berhasil masuk situsnya, lanjutkan dengan input password dan username. Lalu, Anda akan diarahkan pada laman akun Linktree pribadi Anda.

  • Klik “Add New Link” Lalu Masukkan Judul

Seperti biasa, untuk mengawali pembuatan Linktree, silahkan klik menu “add new link”. Setelah itu, masukkan judul dan link akun Shopee milik Anda. Masukkan judul dan link akun Shopee dengan baik, supaya prosesnya jadi lebih cepat.

  • Tekan Tombol Slider Untuk Mengaktifkan Link

Selanjutnya, Anda bisa mulai tekan tombol “slider” untuk mengaktifkan link. Pada umumnya, jika Anda ingin melihat prosesnya berhasil atau tidak, periksa saja bagian link. Jika link sudah berubah hijau, artinya proses berhasil.

  • Klik “Copy” Dan “Paste”

Tahap terakhir, Anda tinggal klik “copy” dan paste link tersebut ke platform media sosial Anda. Bisa Instagram, Twitter, dan lainnya sesuai selera. Dengan menggunakan linktree untuk laman Shopee milik Anda, akan lebih mudah pelanggan untuk mengakses toko online Anda. 

Demikian tadi cara membuat Linktree Whatsapp, Line, serta marketplace. Menggunakan linktree ini sangat bermanfaat bagi Anda. Khususnya Anda para pengembang toko online, atau influencer yang aktif di Instagram atau media sosial lainnya. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload