Cara Membuat Kue Salju, Jajanan Manis Bikin Ngiler

24 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 24 Aug 2022

Apakah kamu penasaran dengan cara membuat kue salju yang legit dan sangat manis itu? Kue salju atau putri salju adalah salah satu butter cookies yang populer dan masyarakat Indonesia minati.

Jajanan satu ini tampaknya menjadi hidangan wajib di acara-acara besar, misalnya hari raya umat Islam. Harganya pun terbilang lebih mahal daripada jajanan lainnya.

Ternyata, untuk membuat kue putri salju hanya membutuhkan bahan sederhana. Kamu dapat menikmati butter cookies dan membuatnya dalam berbagai bentuk sesuai keinginan.

Di Indonesia, ada kue kering dan kue basah. Contoh kue basah seperti kue agar-agar, kue apem, kue cincin, dan kue nagasari. Sedangkan contoh kue kering seperti kue putri salju, kue nastar, kue kastengel, dan lain sebagainya.

Secara umum, kue kering lebih tahan daripada kue basah karena bahan di dalamnya tidak mengandung banyak air. Bahkan kalau kamu biarkan dalam toples tanpa membuka segel, kue kering mampu bertahan hingga 6 bulan lamanya.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu bagaimana cara membuat kue salju (kue kering), berikut ulasan bahan dan prosesnya.

Baca juga: Harga Mixer Tangan dan Standing Mixer

Cara Membuat Kue Salju, Jajanan Manis Bikin Ngiler

Siapkan Bahan Kue Putri Salju

Tak ayal penyebutannya sebagai putri salju, sebab terdapat gula berwarna putih dalam bentuk bubuk yang menghiasi kue ini. Tekstur kuenya pun sulit untuk kita jelaskan.

Kue putri salju punya tekstur renyah (khas kue kering), namun ketika sudah kita kunyah, maka akan terasa sangat lembut dan lumer di mulut. Rasa yang sangat manis dan bikin nagih pasti sudah terbayang di kepala.

Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat kue putri salju antara lain:

1. Bahan Pembuat Kue

a) Tepung terigu protein (sedang) sebanyak 400 gram;

b) Tepung maizena 50 gram;

c) Mentega 300 gram;

d) Gula halus 100 gram;

e) Telur (kuning saja) 2 butir;

f) Keju (sudah kamu parut) 100 gram.

Bahan di atas untuk membuat kue putri salju untuk 1 porsi. Proses persiapan membutuhkan waktu sekitar 30 menit, sedangkan memasaknya butuh waktu sekitar 30 menit juga.

2. Bahan Taburan

Rahasia manis dan lembutnya selain dari tekstur kue itu sendiri, ternyata bersumber dari gula taburan kue putri salju. Inilah rahasianya, yaitu menggunakan 2 jenis gula yang terdiri dari gula halus dan gula donat.

Siapkan bahan taburan kue putri salju baik gula halus dan gula donat secukupnya. Berhubung membuat sendiri, kamu bisa menakar berapa taburan yang kamu inginkan.

Baca juga: Dikenal Kue Legendaris, Ini Cara Membuat Kue Semprit

Cara Membuat Kue Salju, Jajanan Manis Bikin Ngiler

Cara Membuat Kue Salju yang Legit dan Lembut

Setelah bahan-bahan di atas sudah siap, lanjut ke proses bagaimana cara membuat kue salju yang legitnya tidak pernah kita lupakan itu. Simak urutan langkah berikut.

1. Panaskan Oven

Pertama-tama kamu bisa memanaskan oven terlebih dulu. Selanjutnya siapkan loyang (usahakan berbentuk segi empat) untuk meletakkan adonan nantinya.

Jangan lupa olesi loyang menggunakan bahan margarin agar kue tidak lengket hingga gosong. Dalam proses pengolesan, tidak perlu terlalu banyak, namun jangan terlalu sedikit.

2. Mix Adonan Kue Salju

Selanjutnya adalah mencampur (mix) adonan kue ke dalam wadah besar. Bahan tersebut antara lain: mentega, gula halus, dan kuning telur 2 butir.

Kamu dapat menggunakan alat bantu mixer agar prosesnya benar-benar merata dan cepat. Pastikan adonan sudah tercampur semuanya hingga sempurna, tidak perlu terburu-buru, ya.

3. Tambah Keju Parut

Kalau sudah kamu rasa adonan tercampur rata dan halus, tambahkan keju yang sudah kamu parut sebanyak 100 gram ke dalamnya. Lakukan pencampuran lagi menggunakan mixer agar keju masuk ke adonan semuanya.

Keju inilah yang membuat rasa kue salju seperti ada gurih namun tidak terlalu kuat. Dominan rasa kue salju tetap manis legit yang sangat lembut.

4. Masukkan Tepung Maizena

Proses dan cara membuat kue salju berikutnya adalah dengan mencampur tepung maizena sedikit demi sedikit. Pada proses ini, kamu tidak perlu menggunakan mixer, namun hanya menggunakan tangan (uleni).

Tetap uleni adonan sambil terus mencampur tepung maizena sedikit demi sedikit. Proses ini berakhir kalau adonan kue salju terasa sudah kalis.

5. Cetak Adonan

Jika adonan sudah benar-benar kalis, proses berikutnya adalah yang paling seru. Kamu siapkan tempat (misalnya di atas plastik) untuk membentuk dan mencetak adonan.

Perhatikan tebal kue, sebaiknya tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Siapkan cetakan (umumnya berbentuk bulan sabit) untuk memotong kue satu per satu.

Kamu juga bisa menggunakan cetakan dengan bentuk lainnya sesuai dengan selera. Ada yang menggunakan cetakan bulat (bulan penuh) ada juga cetakan berbentuk lain.

6. Masukkan ke Oven

Ketika kamu mencetak adonan dengan bentuk tertentu, sekalian langsung taruh ke atas loyang. Tadi loyang yang kamu siapkan sudah diolesi margarin, kan?

Berikan jarak antar kue, dan masukkan ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 150 derajat celcius. Panggang di sana kurang lebih 25 menit dan maksimal 30 menit.

7. Taburi dengan Bahan Taburan

Kalau kue sudah matang, angkat dari loyang, taruh lebih dulu di wadah tertentu. Hati-hati karena pada saat ini kue masih dalam keadaan panas.

Dinginkan lebih dulu, jangan langsung menaburi menggunakan gula. Jika sudah dingin, kamu dapat menaburi dengan gula halus dan gula donat sesuai selera masing-masing!

Pada proses terakhir ini, banyak yang terburu-buru menaburi ketika kue masih dalam keadaan panas karena baru keluar dari oven. Menjadikan gula seperti meleleh dan lengket, sehingga kurang maksimal tampilannya nanti.

Baca juga: Cara Bikin Kue Cubit Aneka Varian, Cocok Buat Jualan!

Menyimpan Kue Salju ke Toples

Proses pembuatan sebenarnya cukup singkat, kamu sudah bisa mencicipi betapa manis dan legit kue salju ini. Simpan ke dalam toples dan dapat menjadi camilan kapanpun yang kamu inginkan.

Terutama di hari raya umat Islam, bisnis kue salju bisa menghasilkan pemasukan sebagai usaha dadakan berdasarkan momentum tersebut. Atau kamu membuat kue salju sendiri agar tidak membeli, sehingga lebih hemat.

Melihat cara membuat kue salju atau putri salju di atas, ternyata sangat mudah, kan? Kalau alat dan bahan sudah siap semua, kapan pun bisa kamu mulai.

Kue putri salju sangat identik dengan hari besar lebaran, punya tekstur renyah di luar. Tetapi rasanya manis dan legit, apalagi kalau sudah kita kunyah.

Rasa tersebut seakan lumer di seluruh mulut, membuat masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi jenis kue kering satu ini. Harganya di pasaran untuk 1 toples dengan berat 500 gram, harganya rata-rata 50 ribuan loh.

Melihat harga yang cukup mahal tersebut, tentunya cara membuat kue salju di atas dapat menjadi alternatif untuk bikin sendiri di rumah. Siapkan alat dan bahan, kemudian selamat mencobanya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download