Cara Membuat Jus Alpukat Praktis dan Nikmat

09 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Alpukat adalah salah satu buah yang banyak disukai untuk dikonsumsi untuk sehari-hari. Bentuk buahnya yang unik serta memiliki rasa yang cukup manis dengan tekstur yang super lembut. Alpukat cukup nikmat dibuat jus, maka dari itu Sobat Pintar perlu tahu cara membuat jus alpukat yang sedap dan enak diminum. 

Alpukat juga kerap kali diberikan untuk bayi yang mulai mendapat makanan pendamping ASI. 

Simak Cara Membuat Jus Alpukat

Selain untuk bayi, orang dewasa juga bisa mengkonsumsinya dengan membuat aneka sajian nikmat dan lezat dari buah alpukat, seperti smoothies yang dicampur dengan buah atau sayur dengan tekstur yang kental dan nikmat. 

Selain itu, buah alpukat juga bisa dibuat jus yang menyehatkan. Jika Sobat Pintar ingin minum jus alpukat sangat disarankan diminum pada pagi hari untuk bisa menambah energi pada tubuh secara lebih maksimal. Kalau Sobat Pintar tertarik, ada beberapa resep cara membuat jus alpukat yang nikmat dengan beberapa tambahan bahan lain, sebagai berikut.

Baca juga: Konsumsi 7 Minuman Segar Ini, Dipercaya Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

1. Cara Membuat Jus Alpukat Kental dan Lembut

Jus alpukat enak bila dibuat dengan kental. Hal itu akan menambah cita rasa tersendiri, apalagi jika ditambahkan dengan es batu pastinya akan seger banget bila diminum.

Bahan:

  1. 1 buah alpukat
  2. 200 ml air
  3. susu kental manis
  4. 25 gram fiber creme serta 75 ml air hangat
  5. 75 ml air panas untuk sirup serta 50 gram gula pasir
  6. es batu

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yakni mengambil daging buah alpukat yang sudah matang, setelah itu larutkan gula serta air panas untuk sirup
  2. Blender daging alpukat sampai halus dengan larutan fibercreme serta sirup sampai lembut dan mengental
  3. Tuangkan dalam gelas serta jangan lupa tambahkan susu kental manis dan es supaya lebih segar
  4. Jus alpukat siap untuk dinikmati

Baca juga: Tidak Sulit, Resep Boba Ini Pasti Berhasil!

2. Cara Membuat Jus Alpukat Gula Merah

Siapa sih yang menolak kalau di sajikan jus alpukat yang nikmat dan lezat? Sobat Pintar bisa membuat jus alpukat dengan tambahan gula merah yang akan lebih menambah rasa nikmat saat meminumnya. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  1. 1/2 buah alpukat yang sudah diambil dagingnya
  2. 1 sdm gula
  3. 200 ml air
  4. 2 sdm susu kental manis
  5. Gula merah yang sudah cair
  6. es batu

Cara Membuat

  1. Pertama-tama haluskan semua bahan kecuali gula merah yang sudah cair
  2. Kemudian tambahkan gula merah pada dinding gelas, selanjutnya Sobat Pintar bisa menuangkan jus alpukat pada gelas
  3. Jus alpukat sudah jadi siap untuk disajikan

Baca juga: Cara Membuat Milkshake Oreo, Coklat, Strawberry

3. Cara Membuat Jus Alpukat Segar

Membuat jus alpukat yang segar dengan tambahan es batu sesuai selera, cocok dinikmati saat cuaca sedang terik. Sobat Pintar bisa membuat jus alpukat segar dengan beberapa bahan berikut ini.

Bahan:

  1. 1 buah alpukat jenis mentega
  2. 1 sachet dancow putih
  3. Susu coklat
  4. es batu

Cara Membuat

  1. Cara pertama yakni dengan mencampur 3/4 bagian alpukat dengan dancow bubuk
  2. Setelah itu kocok sampai merata sempurna, kemudian potong dadu 1/4 alpukat
  3. Setelah itu tuang jus alpukat dalam gelas yang sudah disiapkan dengan menambah es batu secukupnya saja. Jangan lupa tambahkan potongan alpukat dadu dan siram dengan susu coklat
  4. Jus alpukat yang nikmat dan praktis dibuat siap untuk Sobat Pintar nikmati

4. Cara Membuat Jus Alpukat Kurma

Jus alpukat yang dipadukan dengan kurma akan semakin menambah cita rasa nikmat tiada tara. Jus alpukat yang sudah enak dengan ditambah kurma akan semakin membuat energi pada tubuh terkumpul untuk memulai aktivitas pagi sampai sore hari nanti. Berikut bahan dan cara membuatnya yang gampang.

Bahan:

  1. 3 buah alpukat yang sudah diambil dagingnya
  2. 5 buah kurma yang sudah dibuang bijinya
  3. 1 sdt kopi bubuk
  4. 1 sdt chia seeds yang direndam dalam air sebentar
  5. 1/2 gelas susu kambing
  6. 1 sdm madu
  7. Topping dengan kacang almond

Cara Membuat

  1. Langkah pertama adalah mencairkan semua bahan dalam blender kecuali kacang almond yang gunanya sebagai topping
  2. Kemudian tambah susu kambing, kopi bubuk serta madu dan diblender hingga mengental dan halus
  3. Langkah berikutnya siapkan gelas untuk menuangkan jus alpukat, Brikan topping kacang almond di atasnya
  4. Jus alpukat siap untuk Sobat Pintar minum

Manfaat Konsumsi Jus Alpukat

Jus alpukat mengandung banyak nutrisi, vitamin, mineral, tembaga, dan kaya akan serat. Vitamin yang ada di dalamnya seperti vitamin K, vitamin, B, vitamin C, serta vitamin E yang bagus untuk kesehatan. Terdapat manfaat yang perlu Sobat Pintar ketahui dari jus alpukat, antara lain:

1.      Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kalau Sobat Pintar ingin terhindar dari konstipasi serta kanker usus, lebih baik dimun jus alpukat karena banyak mengandung serat. Jus yang kaya serat itu diperkirakan memiliki kandungan serat mencapai 7 sampai 8 gram dari setengah buahnya. Jadi cocok sekali diminum supaya terhindar dari kanker usus serta konstipasi.

2.      Menambah Energi Pada Tubuh

Manfaat yang dapat Sobat Pintar rasakan dari mengkonsumsi jus alpukat yakni untuk menambah energi pada tubuh. Hal tersebut karena terdapat kandungan vitamin B yang baik dan berfungsi untuk menambah energi pada tubuh Sobat Pintar, sehingga lebih bersemangat dan tidak gampang loyo. Sebaiknya minum jus alpukat secara rutin, maka Sobat Pintar bisa melewati aktivitas seharian dengan penuh energi.

3.      Bantu Menurunkan Berat Badan

Nah, bagi Sobat Pintar yang sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus alpukat. Mengapa demikian? Karena minuman tersebut bisa membantu untuk menurunkan berat badan, tetapi jangan menambahkan gula maupun susu kental manis. Sebab, bisa mengurangi manfaat dari jus alpukat untuk tubuh Sobat Pintar yang sedang dalam program diet.

4.      Menyehatkan Jantung

Jus alpukat memiliki kandungan beta sitosterol yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan jantung Sobat Pintar. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka Sobat Pintar sudah mendapat manfaat dari beta sitosterol yang terbukti manjur untuk menurunkan kolesterol yang bisa bantu menyehatkan jantung.

5.      Menyehatkan Penglihatan

Seringnya keluar pada saat terik matahari yang memaparkan sinar ultraviolet, Sobat Pintar bisa banyak minum jus alpukat untuk membantu menyehatkan penglihatan. Kandungan yang ada dalam jus alpukat misalnya seperti antioksidan dengan jenis zeaxanthin serta lutein bisa mengurangi kerusakan pada mata akibat terkena paparan sinar ultraviolet.

6.      Meningkatkan Suasana Hati atau Mood

Terdapat kandungan vitamin B dalam jus alpukat bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan suasana hati atau mood. Nah, karena ada vitamin B tersebut bisa membantu Sobat Pintar untuk mengatasi depresi yang merespon anti depresan dengan sangat baik.

Berbagai cara membuat jus alpukat di atas memang sangat mudah dan praktis bukan. Sobat Pintar bisa membuatnya sendiri dirumah dengan beberapa bahan tambahan tersebut. Pilih mana yang Sobat Pintar suka, karena terdapat banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa juga berbagi manfaat yang terkandung di dalam jus alpukat yang bisa membuat tubuh Sobat Pintar menjadi lebih sehat dan energi bertambah. Sehingga dapat menjalan aktivitas dari pagi sampai selesai dengan penuh semangat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download