Tidak Sulit, Resep Boba Ini Pasti Berhasil!

25 Aug 2021 by Laruan

Boba merupakan salah satu jenis topping minuman yang diminati sebagian besar masyarakat. Segala jenis minuman seperti susu, teh susu, kopi, dan sebagainya rasanya kurang lengkap jika belum diberikan tambahan bola-bola manis yang satu ini. Bahkan beberapa dessert juga tepat apabila dilengkapi dengan boba. Resep minuman boba pun menjadi salah satu resep yang banyak dipelajari. Tidak heran apabila kepopuleran resep boba tidak juga surut dari waktu ke waktu.

Tidak Sulit, Resep Boba Ini Pasti Berhasil!

Banyak penjual minuman yang menyediakan pilihan topping boba untuk menarik minat pembeli. Sebenarnya topping bola-bola kenyal nan manis ini bisa dibuat sendiri di rumah, lho! Ternyata, cara pembuatan topping ini sangat mudah. Tak hanya itu, bahan baku pembuatannya juga mudah ditemukan dan tidak mahal. 

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat boba sendiri, pastikan Anda menggunakan resep dan formula yang dijamin berhasil. Siapkan pula berbagai bahan yang dibutuhkan dan pilih yang memiliki kualitas terbaik agar tekstur yang didapatkan sesuai dengan harapan. 

Tekstur boba yang diinginkan adalah yang kenyal dan tidak terlalu keras maupun terlalu empuk. Apabila terjadi kesalahan dalam mencampur porsi bahan, maka akan mempengaruhi tekstur yang dihasilkan nantinya. Diperlukan pula cara memasak yang tepat dan tingkat kematangan yang sesuai untuk mendapatkan tekstur boba yang terbaik. Simak di sini resep minuman boba anti gagal yang wajib dicoba!

Bahan-Bahan Wajib yang Harus disiapkan

Sebelum mulai membuat, sudah tentu Anda harus menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan agar dapat menghasilkan boba dengan tekstur dan rasa yang pas. Pastikan tidak ada bahan yang ditinggal atau disubstitusi supaya percobaan pembuatan boba Anda tidak gagal. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan:

  1. 150 gram tepung tapioka
  2. 400 ml air 
  3. 20 gram coklat bubuk
  4. 150 gram gula merah
  5. 150 gram gula pasir

Coklat bubuk pada resep di atas dibutuhkan apabila Anda menginginkan rasa boba yang khas dan kuat akan rasa coklatnya. Jika Anda kurang menyukai rasa coklat yang kuat, bahan tersebut dapat Anda tinggalkan atau ganti sesuai selera rasa yang diminati. Pastikan untuk menakar jumlah masing-masing bahan dengan tepat dan sesuai.

Tidak Sulit, Resep Boba Ini Pasti Berhasil!

1. Campur Bahan Utama

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pembuatan bola-bola manis ini adalah dengan mencampurkan bahan-bahan utama. Ada pun bahan utama yang dimaksud adalah tepung tapioca dan coklat bubuk yang perlu dicampur terlebih dahulu pada suatu wadah. Apabila Anda tidak menggunakan coklat, Anda bisa melewati langkah pertama resep ini.

2. Masak Gula Merah dan Gula Pasir

Siapkan panci dan isikan dengan air ke dalamnya. Kemudian masukkan gula pasir dan gula jawa yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan pastikan gula pasir maupun gula jawa tersebut larut di dalam air yang mendidih. Apabila telah larut, lakukan penyaringan agar residu gula yang timbul bisa terpisah dari larutan air gula.

3. Masak Campuran Bahan Utama

Apabila penyaringan telah selesai dilakukan, Anda perlu untuk memasak kembali air larutan gula tersebut, namun gunakan api yang kecil saja. Sembari memasak air larutan gula, masukkan setengah saja campuran tepung tapioca dan coklat bubuk yang telah disiapkan pada langkah pertama tadi. Aduk adonan hingga merata. Pastikan api kompor tetap menyala kecil.

Apabila telah merata, tambahkan seluruh campuran tepung tapioca dan coklat bubuk yang masih tersisa sebelumnya. Kembali lakukan pengadukan dengan kondisi nyala api yang kecil. Pastikan untuk terus mengaduk hingga adonan merata dan mulai terasa lengket dan berat. Jangan masak adonan terlalu lama karena berisiko bau hangus karena adonan terlalu masak.

4. Uleni Adonan 

Langkah selanjutnya adalah siapkan wadah datar yang telah dialasi dengan tepung tapioca yang masih kering. Kemudian, angkat adonan boba dan letakkan pada wadah tersebut. Tunggu hingga adonan agak dingin kemudian uleni dengan tepung tapioca hingga adonan tak lagi terasa lengket. Pastikan adonan tersebut benar-benar tidak lagi lengket.

Apabila adonan sudah siap, bentuk memanjang dengan cara menggulungnya. Kemudian potong kecil-kecil adonan tersebut menjadi banyak bagian. Setiap satu bagian, lakukan penggulungan kembali hingga bentuknya memanjang. Sementara Anda menggulung satu per satu bagian adonan, tutup bagian adonan lainnya yang belum diproses dengan plastic agar adonan tidak mengering.

5. Bentuk Adonan Menyerupai Bola-Bola Kecil

Apabila Anda telah selesai menggulung bagian adonan yang telah dipotong-potong sebelumnya, lakukan kembali pemotongan adonan menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Ambil satu per satu bagian dan bentuk menjadi bola-bola. Letakkan bola-bola adonan ke dalam wadah yang telah diisi dengan sedikit tepung tapioka agar satu bola dengan bola lainnya tidak saling menempel.

Lakukan hal tersebut hingga seluruh adonan habis. Kemudian siapkan panci dan didihkan air secukupnya untuk merebus boba. Sebelum bola-bola adonan direbus, ayak terlebih dahulu adonan yang telah dibentuk menjadi bola-bola dengan saringan supaya tepung tapioka yang menempel tidak terlalu banyak ikut terebus di dalam air.

6. Rebus Adonan Hingga Masak

Setelah rebusan air benar-benar mendidih, masukkan sedikit demi sedikit adonan bola-bola. Aduk secara pelan-pelan dan pastikan bola-bola tidak menempel satu sama lain. Apabila boba sudah setengah matang, maka bola-bola akan mengapung. Tunggu sekitar 25 menit dengan nyala api sedang untuk memastikan adonan benar-benar matang. Biasanya air rebusan akan mulai menyusut dan mengental.

Setelah 25 menit berlalu, matikan api dan diamkan hingga 15 menit. Tutup panci selama 15 menit tersebut kemudian aduk beberapa saat boba yang telah direbus. Saring kembali adonan bola-bola yang telah matang tersebut agar terpisah dari sisa air rebusan yang telah mengental. Masukkan boba yang telah matang ke dalam wadah yang berisi air dingin atau air es. 

Aduk beberapa saat dan lakukan penyaringan ulang. Pastikan bahwa tidak ada lagi sisa rebusan air yang menempel. Jika sudah selesai disaring, langsung simpan ke dalam wadah yang bersih dan tutup rapat. Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas dan siap untuk digunakan sebagai topping minuman kapan pun Anda mau.

Topping bola-bola manis ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap minuman kesukaan Anda. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan pelengkap aneka dessert favorit seperti misalnya roti bakar boba, pudding boba, dan lain sebagainya. Ada banyak inspirasi untuk mengkreasikan topping bubble ini sehingga makanan atau minuman manis favorit Anda akan terasa lebih nikmat.Demikianlah resep minuman boba dan cara membuat boba anti gagal. Pastikan untuk mengikuti seluruh instruksi yang ada. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil masakan yang lebih baik dan lezat. Pastikan pula untuk melakukan langkah demi langkah dalam proses pembuatan dengan baik dan sesuai. Selalu simpan boba di dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam kulkas agar lebih tahan lama.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload