Tutorial Cara Membuat Facebook Dengan Mudah

30 Oct 2021 by Laruan

Penasaran dan bingung tentang cara membuat Facebook? Pada dasarnya, membuat akun di Facebook sangatlah mudah dilakukan. Tidak membutuhkan waktu yang lama, kamu sudah bisa memiliki akun dan berselancar di platform yang merupakan salah satu sepuh-nya medsos ini.

Tutorial Cara Membuat Facebook Dengan Mudah

Didirikan oleh Mark Zuckerberg, Facebook dipercaya telah mendapatkan sekitar 62,5 miliar dolar atau setara dengan 875 triliun rupiah terhitung pada tahun 2019 silam. Hebatnya lagi, founder dari Facebook membangun platform ini saat ia masih sangat muda dan duduk di bangku kuliah. 

Facebook sendiri memang sudah ada sejak tahun 2004 silam. Itu berarti, sudah 17 tahun platform yang satu ini masih bertahan di tengah banyaknya perkembangan sekian banyak daftar medsos yang ada. Selama itu pula, Facebook telah mempertemukan penggunanya dengan teman lama maupun teman baru, keluarga jauh dan keluarga dekat, bahkan telah platform ini pun menjadi tempat banyak orang mencari penghasilan.

Karena itulah, tentu tidak mengherankan jika Facebook menjadi platform medsos yang paling banyak digunakan di dunia, dengan total pengguna aktif mencapai 2,7 miliar per Januari 2021. Sampai saat ini pun, pendaftar baru di Facebook terus bertambah, di mana Sobat Pintar yang tengah membaca ini mungkin merupakan salah satunya. 

 Cara Membuat Facebook

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, cara membuat Facebook sejatinya tidaklah sulit sama sekali. Dalam hal ini, Sobat Pintar hanya perlu menyediakan nomor HP yang aktif atau alamat email yang akan didaftarkan. Setelah nomor HP dan email disediakan, berikut ini langkah-langkah pembuatan akun Facebook yang bisa dijalankan melalui perangkat gadget masing-masing.

  1. Pergi ke laman Facebook

Langkah pertama ini terbilang sangat sederhana, di mana Sobat Pintar akan diminta untuk pergi ke laman Facebook. Untuk menuju ke situs ini, silakan ketikkan kata kunci Facebook pada browser, lalu pilih situs Facebook.com.

  1. Buat akun baru

Setelah itu, Sobat Pintar akan diarahkan pada laman utama Facebook dan akan menemukan pilihan Buat Akun Baru. Pilih opsi tersebut.

  1. Isi data diri

Selanjutnya Sobat Pintar akan diarahkan untuk mengisi data yang terdiri dari kolom nama depan, nama belakang, nomor HP/email, kata sandi, tanggal lahir, dan juga jenis kelamin. Isi data ini dengan benar, lalu klik Daftar pada bagian bawah halaman.

  1. Masukkan kode konfirmasi

Begitu Sobat Pintar meng-klik opsi Daftar, selanjutnya akan diminta kode konfirmasi pembuatan akun, melalui informasi kontak yang sudah dimasukkan sebelumnya. Apabila Sobat Pintar mengisi alamat email, maka periksa kode konfirmasi ini pada kotak masuk email. Namun, apabila sebelumnya Sobat Pintar memasukkan nomor HP, biasanya akan masuk kode konfirmasi melalui SMS. Masukkan kode konfirmasi tersebut pada kolom tersedia, lalu pilih opsi Lanjutkan. 

  1. Mengatur profil

Setelah melakukan verifikasi, akun Facebook Sobat Pintar sebenarnya sudah jadi. Nah, Sobat Pintar kemudian akan diarahkan ke halaman beranda untuk melakukan beberapa pengaturan profil. Sobat Pintar bisa memulai dengan meng-upload foto pribadi untuk diatur menjadi foto profil di Facebook. 

Setelah itu, Sobat Pintar juga bisa memilih foto sampul untuk melengkapi halaman profil Facebook. Selain menambahkan foto profil dan sampul, Sobat Pintar juga bisa mulai mengatur Kota tempat tinggal, lalu mengisi tempat bekerja atau sekolah, hingga memasukkan status hubungan Sobat Pintar saat ini. 

Mulai Menggunakan Facebook

Setelah mengetahui cara membuat Facebook dan mengatur beberapa setting dasar untuk profil, Sobat Pintar bisa menggunakan panduan ini untuk mulai berselancar di Facebook. Apa saja fitur-fitur yang ada di Facebook dan bagaimana cara menggunakannya? Simak terus di sini sampai selesai, ya!

  1. Obrolan online

Dengan akun Facebook, Sobat Pintar sudah bisa terhubung dengan miliaran orang lainnya yang ada di platform tersebut. Di sini Sobat Pintar bisa mulai menjalin obrolan melalui fitur chat. Untuk penggunaan di ponsel, Sobat Pintar memerlukan aplikasi tambahan bernama Facebook Messenger.

  1. Membagikan postingan

Hal pertama yang paling banyak dilakukan pengguna baru Facebook adalah membuat postingan baru. Dalam hal ini, Sobat Pintar sebagai pengguna baru Facebook juga bisa melakukan hal yang sama, yakni membagikan konten berupa kalimat, maupun dengan link, gambar, ataupun video. Postingan ini bisa dibagikan pada timeline Sobat Pintar sendiri ataupun pada timeline teman, dan bisa dilakukan hingga lebih dari satu kali, sesuai dengan kemauan Sobat Pintar sendiri. 

  1. Mengunggah foto

Ingin kenangan bersama teman-teman dibagikan di Facebook? Sobat Pintar bisa memanfaatkan fitur album untuk menyimpannya. Fitur ini memungkinkan Sobat Pintar menyimpan banyak foto, lebih dari satu, dan kemudian mengunjunginya kembali jika sewaktu-waktu ingin melihatnya. Selain itu, teman-teman Facebook Sobat Pintar juga bisa melihat koleksi foto ini dan memberikan komentar atau tanggapan tertentu.

  1. Membuat acara

Selain menjadi platform untuk berbagi konten, Facebook juga dapat dimanfaatkan untuk membuat event tertentu. Nah dengan fitur ini Sobat Pintar bisa mengundang siapa saja yang diinginkan untuk hadir, memasukkan lokasi tempat event berlangsung, dan mengatur waktu pelaksanaannya. Fitur yang satu ini tentu sangat cocok untuk Sobat Pintar yang ingin mendapatkan kenalan baru dari dunia maya.

  1. Melakukan siaran langsung

Jika Sobat Pintar sebelumnya sudah pernah menggunakan Instagram, tentu fitur siaran langsung ini sudah tidak asing lagi, bukan? Dalam hal ini, Facebook juga memungkinkan Sobat Pintar untuk membagikan momen yang tengah berlangsung melalui fitur ini. Fitur ini juga menyediakan kolom partisipasi dan komentar untuk memungkinkan penonton berinteraksi dengan broadcaster. Bagaimana, menarik bukan?

Nah mungkin sampai di situ dulu penjelasan mengenai cara membuat Facebook dan beberapa fitur menariknya yang bisa dicoba untuk pemula. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur Facebook lainnya yang menarik untuk dijelajahi. So, berusahalah untuk aktif di platform ini dan manfaatkan semua fitur tersebut, ya. Jika tekun, Sobat Pintar bahkan bisa memulai bisnis yang besar dengan memanfaatkan audiens dari Facebook. 

“mau sih, tapi untuk memulai bisnis tidak punya modal”. Kalau soal itu, percayakan Kredit Pintar untuk membantu pembiayaan modal usaha Sobat Pintar sekalian. Kredit Pintar sendiri merupakan platform penyedia layanan pinjaman uang online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Selama ini, Kredit Pintar telah membantu jutaan orang sukses dalam memulai usahanya. 

Tidak perlu khawatir akan ribet dan belibet, karena dengan memanfaatkan teknologi terdepan, aplikasi yang satu ini mampu cairkan pinjaman tanpa jaminan hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, loh. Jadi, Sobat Pintar bisa memulai bisnis kapanpun di manapun, tanpa perlu khawatir lagi soal modal. 

Ingat, potensi bisnis sekarang sudah semakin besar, loh. Dengan berjualan melalui platform Facebook, Sobat Pintar bisa menemukan berbagai macam audiens yang sesuai dengan target pasar bisnis masing-masing. Jadi bagaimana? Sudah tahu cara membuat Facebook, sayang kan kalau tidak diteruskan menjadi bisnis yang potensial?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload