Cara Membuat Bandrek, Minuman Yang Menghangatkan

02 Oct 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Oct 2023

Ketika musim hujan datang, paling enak ya makan makanan berkuah yang hangat atau minum minuman penghangat. Tidak heran, kalau saat musim hujan tiba pedagan bakso dan penjual bandrek bisa meraup keuntungan lebih dari hari biasanya. Sebenarnya cara membuat bandrek tidaklah susah. Yuk, bikin dengan ikuti resep di sini. 

Cara Membuat Bandrek

Baca juga Cara Membuat Jus Alpukat Praktis dan Nikmat

Apa itu bandrek?

Bandrek merupakan salah satu jenis minuman penghangat yang dibuat dengan bahan dasar jahe dan gula merah. Minuman ini merupakan minuman tradisional yang berasal dari Bandung. Banyak orang yang percaya bahwa bandrek memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek dan lain sebagainya. Di Sunda, daerah asalnya, bandrek juga kerap ditambah dengan rempah-rempah lain supaya bisa menghasilkan efek hangat yang lebih besar.  Adapun beberapa rempah yang kerap menjadi bahan tambahan bandrek yaitu serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan masih banyak lagi. Bandrek juga sangat cocok dikonsumsi dengan kacang rebus, ubi jalar rebus, dan gorengan. 

Perbedaan bandrek dan wedang jahe

Jadi, meskipun kerap dianggap sama nyatanya wedang jahe dan bandrek adalah dua jenis minuman yang berbeda meskipun dibuat dari bahan dasar yang sama. Perbedaan yang paling signifikan adalah dari rasanya. Bandrek memiliki rasa jahe yang lebih kuat dari wedang jahe. Bandrek, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, juga mengandung bahan atau rempah lain untuk memperkuat efek hangatnya. Sementara wedang jahe hanya terbuat dari jahe saja. 

Nah setelah mengetahui apa itu bandrek dan apa perbedaannya dengan wedang jahe, pada bagian selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat bandrek. Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Bandrek

Resep bandrek asli

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat bandrek menggunakan resep asli dari sunda. Selamat mencoba!

Bahan yang diperlukan

  1. 1000 ml air 
  2. 160 gram jahe/jahe merah
  3. 150 gram gula merah
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 8 butir cengkeh
  6. 4 lembar daun pandan
  7. 2 batang kayu manis
  8. Garam secukupnya

Cara membuat

Resep bandrek yang asli menggunakan bahan-bahan di atas akan menghasilkan air bandrek yang jernih dengan rasa hangat yang sangat kuat. Resep ini memiliki rasa yang jauh berbeda dengan resep bandrek yang menambahkan kental manis ke dalamnya, penambahan kental manis akan memberikan rasa bandrek yang lebih ringan dan lembut. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan rasa bandrek yang asli, Anda wajib mengikuti cara membuat bandrek berikut ini. 

  • Pertama, Anda bisa membakar jahe terlebih dahulu di atas api kompor atau dengan bara api. Tujuan pembakaran ini adalah agar aroma khas dari jahe bisa keluar dan memberikan cita rasa yang lebih nikmat. 
  • Kemudian, masukkan semua bahan yang ada di atas termasuk jahe yang sudah dipanggang tadi ke dalam panci atau wadah yang telah diisi dengan air. 
  • Masaklah semua bahan dengan menggunakan api sedang hingga air mendidih dan berubah warna menjadi agak kecoklatan. Tetap hidupkan api sampai wedang tersebut mengeluarkan aroma jahe yang kuat. 
  • Apabila Anda sudah menciumnya, Anda bisa mengangkatnya dan menyaring rempah-rempah tadi. Apabila belum cukup jernih, Anda bisa melakukan penyaringan sebanyak dua kali. 
  • Resep bandrek asli siap dihidangkan. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat bandrek yang asli? Tentunya Anda bisa membuatnya bersama keluarga di rumah sebagai sajian hangat di malam hari atau di saat musim hujan. 

Baca juga Cara Buat Wedang Jahe untuk Menambah Imun

Berbagai minuman hangat khas Indonesia lainnya 

Sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang perbedaan antara wedang jahe dan bandrek. Begitu pula dengan resep dari bandrek yang asli. Nah, di bagian terakhir ini kita akan membahas beberapa minuman khas masyarakat Indonesia lainnya yang juga terbuat dari bahan jahe dan bisa menjadi opsi lain sebagai minuman penghangat di kala musim hujan. Adapun beberapa rekomendasinya adalah sebagai berikut.

1. Bandrek susu

Wedang hangat dengan bahan dasar jahe dan ditambah dengan susu pasti akan cenderung disebut sebagai bajigur. Padahal, ternyata ada juga wedang berbahan jahe yang juga diberi tambahan susu yaitu bandrek susu. Berbeda dengan bajigur, bandrek susu merupakan minuman hasil variasi dari minuman bandrek yang asli. Jadi cara membuatnya juga hampir sama dengan cara membuat bandrek pada umumnya, tapi ditambah dengan sedikit susu kental manis atau krimer untuk memberikan cita rasa jahe yang lebih ringan dan lembut. 

2. Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas dari Jawa Barat yang katanya hampir mirip dengan bandrek susu. Ya, karena dibuat dari bahan dasar yang hampir sama yaitu air rebusan jahe, gula merah, daun pandan dan juga garam. Adapun hal yang membedakan bajigur dan bandrek susu adalah penggunaan santan encer yang membuat warnanya jadi terlihat mirip dengan bandrek susu. Tidak hanya itu, bajigur juga biasanya disajikan bersama potongan kolang-kaling yang diiris tipis. Beberapa penjual bajigur, juga kerap menambahkan kental manis untuk menambah rasa manis dan creamy pada wedang tersebut.

3. Wedang jahe kopi susu

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari segelas kopi, Anda wajib mencoba wedang hangat yang satu ini, yaitu wedang jahe kopi susu. Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat wedang jahe yang lain. Pertama, Anda perlu merebus jahe dengan gula jawa terlebih dahulu. Setelah itu seduh kopi yang telah disiapkan dengan air rebusan jahe tadi. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit kental manis ke dalamnya.  Aduk sampai rata dan koreksi rasanya. 

Cara Membuat Bandrek

Minuman yang terbuat dari jahe memang sangat cocok untuk menjadi minuman penghangat dikala musim hujan, gak cuma ampuh mengusir rasa dingin. Minuman dari jahe dikenal memiliki cita rasa yang nikmat. Bahkan saat ini minuman dari jahe juga dapat ditemukan dalam kemasan instan. Jadi, Anda bisa menyeduhnya kapan saja dengan mudah. 

Baca juga Inilah 4 Resep Cara Membuat Roti

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download