4 Cara Konsumsi Buah Zuriat, Ini Manfaat Menurut Medis

14 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Bagaimana cara konsumsi buah zuriat itu ya ? Buah ini sempat viral di social media beberapa waktu lalu, karena dianggap bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita dengan maksimal.

Hal ini tentu harus dibuktikan secara medis, karena hingga kini belum ada penelitian mengenai buah adam hawa yang sebenarnya memang tidak tumbuh dan tidak ada di Indonesia.

Apa Itu Buah Zuriat dan Cara Konsumsi Buah Zuriat?

Buah zuriat atau buah dom ini memiliki nama latin hyphaene thebaica merupakan buah yang tumbuh dan berasal dari timur tengah, khususnya di benua Afrika seperti di negara Mesir, Yaman, hingga Arab Saudi.

Orang yang pernah mencoba buah Zuriat mengatakan bahwa rasa dan aroma buah yang berbentuk seperti kentang ini sangat khas. Rasanya mirip dengan gula merah, tapi juga ada rasa roti jahenya.

Meskipun bagian luar buah zuriat tampak seperti kentang, cara konsumsi buah zuriat  setelah dibelah, isi buahnya ternyata mirip dengan buah kelapa.

Setelah cukup viral sebagai “buah keturunan” karena dianggap bisa mempercepat program kehamilan, buah zuriat ini sekarang banyak dijual dalam bentuk obat herbal dengan segudang manfaat.

Buah zuriat ini memiliki ukuran yang bulat dengan ukuran 6×5 cm. warna buah ini kuning, hingga cokelat. Rasa buahnya memang manis lebih mirip roti jahe.

Buah kesuburan ini juga sering disebut gingerbread fruits, yang juga suka dibawa oleh para jamaah haji dan umrah Indonesia sebagai oleh-oleh khusus.

Kandungan dan Cara Konsumsi Buah Zuriat Menurut Medis

Sebuah jurnal yang berjudul Antioxidants in Foods and Its Applications, menyebutkan kandungan buah zuriat yang memiliki protein tinggi. 

Setelah sempat viral, buah zuriat menarik perhatian para medis untuk meneliti kandungan di dalamnya. Sebelum mengetahui cara konsumsi buah zuriat, berikut ini kandungan dalam buah zuriat menurut medis:

  • Buah zuriat kaya akan kandungan serat dan karbohidrat 
  • Memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yaitu omega 3 dan 6
  • Memiliki kandungan vitamin B tinggi
  • Memiliki kandungan asam folat dan asam linoleat
  • Memiliki kandungan natrium, kalsium, kalium, fosfor, magnesium 
  • Sebagai buah dengan kandungan antioksidan fenol dan flavonoid yang tinggi 
  • Buah zuriat  dengan antibakteri yang baik
  • Buah zuriat antidiabetes, antihipertensi, dan mampu menurunkan kadar lemak dalam darah

Baca juga : Berbagai Jenis Kopi dengan Kualitas Unggul yang Ada di Indonesia

Manfaat dan Cara Konsumsi  Buah Zuriat

Dengan kandungan protein hingga vitamin yang tinggi, buah zuriat tentunya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan menurut medis. Berikut ini manfaat buah zuriat menurut medis:

Dapat Mencegah Penuaan Dini

Buah yang berasal dari Afrika utara ini ternyata memberikan manfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah tersebut.

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Zat ini juga menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan memperlambat terjadinya penuaan dini.

Buah zuriat juga memiliki kandungan vitamin C dan B yang tinggi, dan kedua vitamin ini sangat baik untuk regenerasi kulit kita.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Masalah kesehatan sering muncul karena kadar gula darah yang tidak terkendali. Beberapa penyakit yang muncul cukup berbahaya seperti diabetes, kolesterol, dan jantung.

Mengkonsumsi buah zuriat dan mengetahui cara konsumsi buah zuriat, ternyata dapat membantu mengendalikan kadar gula darah kita.

Sebuah jurnal berjudul Pakistan Journal Pharmaceutical Science, pernah mengungkapkan bahwa pasien diabetes yang mengkonsumsi buah zuriat ini, ternyata lebih stabil kadar gula darahnya.

Melindungi Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya. Jika tidak, akan menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti gagal ginjal.

Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan ginjal, cara konsumsi buah zuriat wajib diketahui. Buah zuriat memiliki kandungan fosfor dan kalium yang tinggi, berperan penting dalam filter ginjal.

Buah zuriat juga dapat mencegah penyakit batu ginjal, yang cukup mengganggu kinerja organ ginjal kita. 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Siapa yang selalu mengeluh tentang sistem pencernaan yang tidak lancar? Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan yang bermasalah. 

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa buah zuriat ini tinggi serat. Setidaknya sebanyak 22 persen kandungan buah ini adalah serat. 

Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah BAB, bisa diobati dengan mengetahui cara konsumsi buah zuriat yang benar menurut medis. 

Baca juga : Rekomendasi Sereal untuk Diet

Meningkatkan Fungsi Hati

Fungsi organ hati juga tidak kalah penting dalam tubuh kita, dan kita harus memastikan organ hati kita berfungsi dengan baik. 

Hati atau liver dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Dengan mengetahui cara konsumsi buah zuriat, kadar kolesterol dalam hati bisa menurun. 

Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam tubuh kita terdapat lemak jahat dan lemak baik yang sama-sama diserap oleh tubuh. Masalahnya, lemak jahat yang terlalu tinggi bisa menyumbat aliran darah dan menimbulkan penyakit.

Penyakit jantung adalah salah satu yang diakibatkan oleh lemak jahat terlalu tinggi. Untuk menurunkannya, cara konsumsi buah zuriat dengan benar dapat menurunkan lemak jahat di tubuh. 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pandemic covid 19 masih belum beranjak, kita masih perlu menjaga kesehatan sistem imun kita dengan baik. Buah zuriat bisa menjadi solusi untuk sistem imun kita

Kandungan vitamin C yang tinggi, dapat memperkuat antibodi kita dengan lebih maksimal. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa buah zuriat adalah makanan probiotik.

Makanan yang mengandung banyak bakteri –bakteri baik, sehingga mampu melawan bakteri-bakteri jahat di dalam tubuh. 

Cara Konsumsi Buah Zuriat Agar Mendapat Manfaat Maksimal

Buah zuriat dengan aroma dan rasa yang khas, mirip seperti roti jahe dengan banyak manfaat untuk kesehatan.

Umumnya, cara konsumsi buah zuriat ini bisa dimakan langsung saat masih segar atau dimasak untuk bahan makanan.

Bagian daging dari buah zuriat bisa dikonsumsi, bisa sebagai camilan, atau manisan buah khas Mesir .

Adapun cara konsumsi buah zuriat menurut medis, agar bisa mendapatkan manfaatkan kesehatan yang maksimal sebagai berikut:

Dihaluskan

Cara konsumsi buah zuriat yang pertama adalah dengan dihaluskan.  Kamu bisa mengambil beberapa buah zuriat kemudian membuka cangkang buah dengan palu, dan haluskan hingga menjadi serbuk.

Hasil serbuk buah zuriat nanti bisa dicampurkan bersama minuman lain, seperti teh atau susu. Bisa juga dicampurkan ke dalam adonan kue lebaran nanti.

Dimakan Langsung

Buah zuriat enaknya memang dimakan langsung. Jika kebanyakan buah-buahan dimakan saat matang, justru buah zuriat harus dimakan ketika masih mentah.

Ketika terlalu matang, buahnya sulit dimakan. Tapi tenang saja, jika terlanjur matang bisa dicampurkan ke dalam masakan lainnya.

Direbus Buahnya

Cara konsumsi buah zuriat berikutnya adalah dengan merebus buahnya. Caranya mudah, potong terlebih dulu buah zuriat dengan pisau yang cukup tajam.

Potong buah dom ini menjadi beberapa bagian kecil (kulit dan isinya). Tambahkan 6 gelas air dan rebus hingga warna airnya berubah menjadi kecoklatan.

Baca juga : Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Rebus Biji dan Kulitnya

Bukan hanya buahnya yang bisa direbus. Bagian biji dan kulit buah zuriat juga bisa direbus dan diambil manfaatnya.

Caranya cukup dengan mengupas 2 buah zuriat, lalu ambil bagian biji dan kulitnya. Kemudian direbus dengan 5 gelas air selama 15 menitan. Setelah airnya berubah, diamkan enam jam lalu minum.

Setelah itu blender air rebusan dengan kulitnya, sementara bagian bijinya dibuang saja. Hasil blenderannya bisa diminum. 

Mengkonsumsi buah zuriat mungkin bisa membantu meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria, jika rajin mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang. 

Namun, kamu harus memperhatikan efek samping yang mungkin muncul ketika mengkonsumsi buah zuriat. 

Demikian pembahasan mengenai cara konsumsi buah zuriat , manfaat dan  kandungannya menurut medis. Selamat mencoba! Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download