7+ Cara Install Windows 10, Dijamin Anti Gagal

17 Sep 2021 by Laruan

Beberapa laptop atau PC keluaran terbaru sudah menggunakan Windows 10. Namun, bagi Sobat Pintar yang sebelumnya tidak menggunakan Windows 10, maka bisa segera menggantinya dengan cara menginstall. Apabila Sobat Pintar belum paham terkait cara install windows 10 ini, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

7+ Cara Install Windows 10, Dijamin Anti Gagal

Amankah upload Selfie KTP untuk pendaftaran fintech? Simak Selengkapnya di sini.

Beberapa Hal yang Mesti Dipersiapkan Sebelum Install Windows 10 

Jika Sobat Pintar ingin menginstall windows 10 di laptop atau PC yang dimiliki, maka ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, yaitu:

1. Pastikan Baterai Laptop Penuh 

Baterai laptop penting Sobat Pintar isi sampai penuh agar saat proses instalasi dilakukan, maka tidak akan ada masalah atau kegagalan apapun. Jika ternyata baterai laptop cepat habis, maka Sobat Pintar bisa menyediakan stop kontak. Nantinya, Sobat Pintar bisa menginstal windows 10 sambil mengisi baterai laptop tersebut. 

Apabila Sobat Pintar memiliki UPS untuk jaga-jaga kalau listrik padam, maka Sobat Pintar bisa menyediakan UPS juga. Perlu Sobat Pintar ketahui, proses install windows 10 ini akan memakan waktu kurang lebih selama 30 menit. Jadi, pastikan bahwa Sobat Pintar sudah menyiapkan semuanya dengan baik.

2. Memiliki File Software dari Windows 10

Sebelum mengetahui tips install OS Windows 10, Sobat Pintar mesti memiliki file software-nya terlebih dahulu. Umumnya, file software Windows 10 bisa didapatkan dalam bentuk VCD maupun flashdisk. Jika file windows 10 yang dimiliki dalam bentuk VCD, maka pastikan laptop Sobat Pintar mendukung untuk membaca file tersebut. Sobat Pintar bisa menggunakan VCD atau DVD drive portable yang terpasang pada laptop. 

Namun, kini Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena sudah ada banyak software windows 10 yang bisa Sobat Pintar dapatkan melalui internet. Jadi, Sobat Pintar tinggal mengunduh, lalu simpan di drive, dan instal secara gratis. 

Nah, kalau kedua hal itu sudah Sobat Pintar persiapkan dengan baik, maka Sobat Pintar bisa langsung melakukan beberapa tips install OS Windows 10 berikut ini. 

3. Cara Booting Windows 10 Paling Cepat dan Mudah 

Sebelum masuk ke tahap tips install OS Windows 10, Sobat Pintar mesti melakukan booting terlebih dahulu, yaitu: 

  • Langkah pertama, Sobat Pintar harus menyiapkan DVD maupun flashdisk installer Windows 10 terlebih dahulu. Dalam hal ini, Sobat Pintar mesti memiliki installer Windows 10 yang sudah terhubung.
  • Masukkan DVD maupun flashdisk installer windows 10 ke PC atau laptop agar bisa terhubung.
  • Selanjutnya, Sobat Pintar bisa membuka menu ‘Start’, lalu klik ikon ‘Windows’ yang berada di bagian sudut kiri bawah. Biar lebih mudah, Sobat Pintar bisa klik tombol ‘Win’ saja.
  • Langkah berikutnya Sobat Pintar harus menekan ikon ‘Power’, kemudian pilih ‘Restart’.
  • Kemudian, Sobat Pintar mesti menekan sekaligus menahan tombol Del atau F2 agar bisa masuk ke pengaturan BIOS.
  • Masukkan Key yang terdapat pada laptop atau PC Sobat Pintar. Perlu diketahui, setiap laptop atau PC memiliki key berbeda-beda yang bisa ditemukan di masing-masing perangkat tersebut.
  • Selanjutnya, klik ‘Boot options’, lalu pilih perangkat yang akan Sobat Pintar boot.
  • Jika Sobat Pintar menggunakan flashdisk, maka bisa memilih ‘Removable Devices Option’. Namun, jika menggunakan DVD, maka bisa memilih ‘Drive CD-ROM’.
  • Sobat Pintar bisa menekan tombol + / F5 sampai pilihan boot mulai muncul di perangkat.
  • Lalu, Sobat Pintar dapat menyimpan pengaturan dengan cara tekan tombol F10 dan enter.
  • Maka, komputer akan menyimpan perubahan serta melakukan restart saat itu juga.
  • Tunggulah beberapa saat sampai komputer (PC) atau laptop berhasil melakukan restart. 
  • Nah, kalau sudah begitu, maka laptop atau PC sudah siap melakukan install windows 10.

Jika semua hal di atas sudah Sobat Pintar lakukan, maka Sobat Pintar bisa segera melakukan tips install OS Windows 10. Pastikan baterai laptop sudah penuh atau dalam keadaan terisi, karena proses instalasi akan membutuhkan waktu cukup banyak. 

4. Cara Install Windows 10 di PC atau Laptop Terbaru 

Cara install windows 10 kini bisa Sobat Pintar lakukan secara gratis, hanya mengandalkan software Windows 10 yang bisa didownload melalui internet. Apabila Sobat Pintar sudah memiliki filenya, maka kini saatnya Sobat Pintar mulai install dan memasangnya di laptop atau PC. 

  • Sobat Pintar bisa masuk ke file windows 10 yang sudah diunduh, lalu klik ‘Next’ kalau ada notifikasi pop up yang seringkali muncul.
  • Pilih menu ‘Install Now’ dan lanjutkan dengan memasukkan Product Key Windows 10 milik Sobat Pintar. 
  • Selanjutnya, klik ‘Next’ lagi. Apabila Sobat Pintar tidak memiliki Product Key Windows 10, maka skip saja langkah ini dan mulai klik ‘Next’ yang berada di bagian sudut kanan layar bagian bawah. 
  • Klik ‘Accept’ dan pilih ‘Next’ sebagai tanda Sobat Pintar telah menyetujui setiap ketentuan penggunaannya.
  • Berikutnya, Sobat Pintar bisa klik ‘Upgrade’ agar dapat mempertahankan berbagai file, aplikasi serta pengaturan milik Sobat Pintar. 
  • Namun, Sobat Pintar bisa klik ‘Custom’ untuk melakukan pemuatan ulang serta proses instalasi windows 10.
  • Tunggulah proses instalasi dilakukan, kurang lebih selama 30 menit atau sejam. 
  • Jika sudah, Sobat Pintar bisa mengikuti pengaturan setting yang terdapat pada layar PC maupun laptop.
  • Mulailah ubah terkait wilayah yang Sobat Pintar tempati, bahasa, pengaturan lokasi, dan masih banyak lagi. 
  • Nah, kalau Sobat Pintar sudah menyelesaikan bagian ini, maka Sobat Pintar akan masuk ke bagian desktop di laptop atau PC. 

Nah, kalau Windows 10 sudah terpasang di laptop maupun PC, maka Sobat Pintar bisa langsung menggunakannya saat itu juga. Tentunya, Windows 10 memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan versi terdahulunya. 

Kelebihan Windows 10 yang Bisa Sobat Pintar Ketahui 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 dibandingkan versi sebelumnya, yaitu: 

  • Tampilan alias user interface dari Windows 10 semakin nyaman dan memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Pengguna bahkan bisa membuka lebih dari jendela di satu tampilan layar desktop.
  • Windows 10 sudah kompatibel dengan berbagai perangkat yang ada, seperti aplikasi yang terpasang pada windows 10, bisa digunakan dalam smartphone juga.
  • Sobat Pintar akan menemukan beragam fitur canggih dari Windows 10, salah satunya adalah fitur Cortana. Jadi, fitur Cortana ini merupakan asisten digital yang akan membalas setiap perintah dari Sobat Pintar menggunakan pesan suara. 
  • Selain Cortana, fitur canggih yang bisa Sobat Pintar temui adalah fitur Continuum serta Microsoft Edge yang lebih cepat dalam proses mencari informasinya.
  • Windows 10 sangat baik untuk digunakan para gamers.
  • Para pemilik Windows 10 bisa melakukan upgrade aplikasi secara gratis dengan beragam langkah-langkah yang sangat mudah. 

Selain beberapa kelebihan di atas, Sobat Pintar bisa mendapatkan berbagai kelebihan lain nantinya. Intinya, Windows 10 cocok untuk Sobat Pintar gunakan dalam menunjang segala aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.

Itulah beberapa informasi yang bisa Sobat Pintar ketahui terkait tips install OS Windows 10 yang bisa dilakukan melalui laptop maupun PC. Bagaimana, mudah sekali, bukan? Menariknya, proses ini bisa dilakukan secara gratis tanpa perlu biaya apapun. Namun, jika Sobat Pintar disarankan untuk membeli lisensi dan kebetulan sedang tidak memiliki dana cukup, maka bisa langsung ajukan pinjaman online ke Kredit Pintar saja. Proses pinjaman cepat, mudah, dan aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Waspadai Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar, Kenali Cirinya di Sini

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload