Simpel Banget, Begini Cara Hapus Akun Shopee

29 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 25 Mar 2022

Bagaimana cara hapus akun Shopee dengan mudah dan cepat? Jika Sobat Pintar sedang mempertanyakan hal yang sama, maka Sobat Pintar sudah berada di tempat dan situs yang sangat tepat karena tutorial sekaligus jawaban dari pertanyaan tersebut akan dibahas dengan lengkap pada artikel Kredit Pintar kali ini.

https://blue.kumparan.com/image/upload/c_lpad,b_white,f_jpg,h_900,q_auto,w_1200/g_south,l_og_user_zprw89/co_rgb:ffffff,g_south_west,l_text:Heebo_20_bold:Konten%20dari%20Pengguna%0DHow%20To%20Tekno,x_140,y_26/d5tbqrrdh11typfzhhyt.jpg

Baca juga: Mau Belanja Shopee Gratis Ongkir? Pakai Cara Ini

Aplikasi Shopee

Sebelum ke cara hapus akun Shopee, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Shopee serta beberapa alasan mengapa akun Shopee ini perlu segera untuk dihapus.

Shopee adalah layanan jual beli online yang diluncurkan di Singapura pada tahun 2015 di bawah asuhan SEA Group. Sejak saat itu, Shopee mulai memperluas jangkauannya hingga ke Indonesia. Malaysia, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

Di Indonesia sendiri, Shopee adalah platform belanja terfavorit pilihan mayoritas masyarakat diikuti oleh Tokopedia, Lazada, dan Instagram. Lalu, kenapa menghapus akun Shopee? Tentunya semua orang mempunyai alasan yang berbeda karena berbedanya pula pengalaman belanja masing-masing.

Alasan Menghapus Akun Shopee

Adapun beberapa alasan yang menyebabkan pengguna Shopee ingin menghapus akunnya. Beberapa alasan penghapusan akun Shopee tersebut di antaranya adalah:

  • Tidak bisa mengganti nama toko.
  • Membuat akun baru dengan nama baru, sehingga akun lama kemungkinan tak akan terurus.
  • Beralih ke marketplace lain selain Shopee.
  • Tidak lagi mendapatkan promo gratis ongkir seperti sebelumnya.
  • Untuk menghapus rekam jejak sebelumnya

Jika Sobat Pintar adalah salah satu dari sejumlah pengguna Shopee yang ingin menghapus akunnya karena alasan di atas atau alasan tertentu lainnya, simak panduan selengkapnya berikut ini.

Cara Hapus Akun Shopee Secara Praktis

Untuk melakukan penghapusan akun Shopee, saat ini Sobat Pintar hanya bisa melakukannya melalui aplikasi Shopee di Android maupun iOS. Lalu bagaimana cara menghapus akun Shopee?

1. Buka Ponsel dan Masuk Aplikasi Shopee

Langkah pertama adalah membuka ponsel kemudian buka aplikasi Shopee yang ada di ponsel Sobat Pintar.

2. Klik Saya, Lalu Klik Pengaturan Akun Shopee

Setelah masuk ke aplikasi Shopee kamu, klik Saya yang ada di kanan bawah kemudian pilih dan klik Pengaturan Akun.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dan Cara Bayar

3. Pilih Ajukan Penghapusan Akun

Untuk melakukan penghapusan akun Shopee, Sobat Pintar bisa pilih Ajukan Penghapusan Akun yang ada di bagian bawah.

4. Baca Informasi Mengenai Penghapusan Akun, Lalu Klik Lanjut

Setelah Klik Ajukan Penghapusan Akun, nanti akan ada notifikasi, silakan klik OK kemudian nanti akan ada informasi mengenai penghapusan akun, silakan dibaca lalu klik Lanjut.

https://freegameguide.online/wp-content/uploads/2021/10/5-hours-Legal-Shopee-must-be-fined-by-Procon-SP-in.png

5. Lakukan Verifikasi

Pihak Shopee akan melakukan verifikasi dengan cara mengirimkan kode ke nomor ponsel yang digunakan di dalam akun Shopee. Silakan masukkan kode tersebut, kemudian klik Lanjut.

6. Berikan Alasan Penghapusan Akun

Setelah melakukan verifikasi akun Shopee, Sobat Pintar akan diminta untuk memberikan Alasan mengapa ingin menghapus akun Shopee.

7. Masukkan Email

Setelah memberikan alasan penghapusan akun shopee, silakan Masukkan Email. Di sini Sobat Pintar bisa memasukkan email yang memang masih aktif, kemudian centang Persetujuan, yaitu “Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan penghapusan akun”. Setelah itu klik Kirimkan.

Syarat dan Ketentuan Penghapusan Akun Shopee

Adapun syarat dan ketentuan penghapusan akun Shopee adalah sebagai berikut.

  • Penghapusan akun hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee.
  • Seluruh koin Shopee yang masih tersisa pada akun akan terhapus.
  • Akun Shopee yang akan dihapus dalam kondisi tidak memiliki pesanan yang belum terselesaikan.
  • Setelah dihapus, akun Shopee tidak dapat dipulihkan atau diaktifkan kembali.
  • Data transaksi akun akan tersimpan di database Shopee untuk keperluan audit.
  • Setelah dihapus, Sobat Pintar tidak bisa lagi melihat riwayat transaksi di Shopee.
  • Shopee berhak menolak pengajuan penghapusan akun.

Biasanya, pengguna yang telah melalui panduan di atas, akunnya akan langsung tidak dapat lagi diakses. Namun, tak jarang ada juga pengguna yang tidak dapat menghapus akun Shopee-nya, mengapa?

Kenapa Pengajuan Penghapusan Akun Shopee Ditolak?

Pihak Shopee tidak selalu menerima dan memproses permintaan penghapusan akun yang dikirimkan penggunanya. Mereka juga bisa menolak permintaan tersebut dengan alasan tertentu.

Jika ternyata pengajuan penghapusan akun Shopee juga ditolak, berikut kemungkinan alasan mengapa mereka menolak permintaan Sobat Pintar dan cara jalan keluarnya.

1. Pembatasan Akun

Akun Shopee Anda telah dibatasi karena terindikasi telah melakukan pelanggaran seperti pemalsuan informasi penjualan, penyalahgunaan voucher, penyalahgunaan gratis ongkir, dan sebagainya. Solusi untuk cara menghapus akun Shopee yang dibatasi adalah mengunggah identitas diri dan bukti pembelian produk terlebih dahulu.

2. Nomor Ponsel Telah Digunakan di Akun Shopee Lain

Nomor ponsel Sobat Pintar telah terdaftar dalam banyak akun Shopee sehingga Sobat Pintar perlu mengontak Customer Service Shopee untuk menjelaskan tentang penggunaan nomor ponsel tersebut.

3. Akun Shopee Mempunyai Pesanan Belum Selesai

Akun Sobat Pintar memiliki pesanan yang belum terselesaikan. Untuk itu, pastikan bahwa Sobat Pintar telah menyelesaikan seluruh transaksi pembelian sebelum menghapus akun.

4. Masih Ada Saldo ShopeePay

Sobat Pintar masih memiliki saldo dalam ShopeePay sehingga Sobat Pintar harus menariknya terlebih dahulu ke rekening bank maupun digunakan untuk berbelanja.

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/05/11/shopee-1280x720jpg-20210511081346.jpg

Dampak Penghapusan Akun Shopee

Setelah permintaan penghapusan akun Shopee berhasil disetujui dan akun Sobat Pintar berhasil dihapus, tentunya akan ada beberapa risiko maupun dampak yang akan terjadi pada akun Sobat Pintar. Apa sajakah itu?

  • Akun Shopee yang telah dihapus tidak akan dapat dipulihkan lagi. Artinya, akun Shopee akan terhapus secara permanen.
  • Koin Shopee yang masih tertinggal pada akun akan hangus.
  • Shopee akan tetap menyimpan seluruh data transaksi untuk kepentingan audit meskipun akun Shopee telah dihapus.
  • Sobat Pintar tidak dapat melihat riwayat transaksi pada akun Shopee yang telah dihapus.
  • Pihak Shopee berhak untuk menolak pengajuan Sobat Pintar terhadap pembuatan akun yang berikutnya.

Baca juga: 4+ Cara Pendaftaran dan Cara Aktivasi Shopee Pay Later

Itulah tadi tutorial praktis bagaimana cara hapus akun Shopee beserta alasan mengapa pengajuan ditolak, dan dampak yang akan terjadi. Nah, jika Sobat Pintar tak bisa melakukan penghapusan akun, pastikan Sobat Pintar telah memenuhi syarat dan ketentuannya terlebih dahulu, ya. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih dan selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

25 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download