6+ Cara Daftar Jualan di GrabFood Lengkap

31 May 2023 by kreditpintar, Last edit: 05 Jun 2023

GrabFood merupakan salah satu layanan dari Grab dimana para penggunanya bisa melakukan pemesanan makanan secara online. Karena banyaknya pengguna Grab, banyak sekali pebisnis kuliner yang mencari tahu bagaimana cara daftar jualan di GrabFood.

Banyak pebisnis yang ingin mendaftarkan bisnis mereka ke Grabfood karena potensinya yang sangat besar. Terlebih lagi bisnis kuliner sangat menjanjikan dan banyak diminati banyak orang. Namun dibutuhkan keahlian dan promosi untuk mendapat keinginan yang besar.

Dengan adanya Grabfood, para pebisnis kuliner bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Selain itu ada banyak promo dan penawaran menarik yang ditawarkan Grab ke pelanggannya dan secara tidak langsung menjadi promosi gratis yang bisa dinikmati para merchant GrabFood.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini Cara Menentukan Harga Jual

Cara Daftar Jualan di GrabFood

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara mendaftarkan toko untuk jualan di GrabFood. Jadi bagi Anda yang ingin mendaftarkan bisnis ke GrabFood, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buat Profil Pebisnis dan Verifikasi Akun

Langkah pertama untuk cara daftar jualan di GrabFood adalah dengan membuat profil bisnis dan dan verifikasi akun. Jadi jika Anda belum memiliki profil di halaman GrabFood Merchant, silahkan buat profil terlebih dahulu dengan mengisi informasi seperti berikut:

  • Nama Bisnis / Restoran
  • Alamat Bisnis dan Kota
  • Nomor Hp yang aktif
  • Alamat Email aktif

Untuk formulirnya sendiri ada di laman berikut: https://www.grab.com/id/merchant/food/. Silahkan klik Daftar dan tunggu sekitar 15 menit sampai mendapat kode verifikasi lewat email yang dikirimkan tim GrabFood. Pastikan juga email bisnis sudah terdaftar dan terverifikasi dengan benar.

2. Upload Informasi Bisnis / Restoran

Setelah Anda melakukan pendaftaran dan email sudah terverifikasi, tim GrabFood akan menghubungi Anda dan menjelaskan langkah berikutnya mengenai informasi toko.

Nantinya Anda akan akan dikirimi sebuah email yang maan diminta untuk melengkapi informasi mengenai bisnis atau restoran. Contohnya seperti foto restoran, foto menu, dan lain-lain yang terkait dengan bisnis atau restoran Anda.

3. Tanda Tangan Kontrak

Langkah berikutnya setelah mengisikan informasi toko dengan lengkap adalah melakukan tanda tangan kontrak. Tanda tangan kontrak dengan GrabFood ini nantinya akan dikirimkan lewat email oleh Tim GrabFood.

Sebelum tanda tangan kontrak pastikan Anda membaca dengan baik kontrak tersebut, mulai dari syarat dan ketentuan. Jangan sampai Anda asal tanda tangan kontrak tanpa mengetahui isi dalam kontrak tersebut.

4. Verifikasi Email Outlet

Cara daftar jualan di GrabFood yang berikutnya adalah melakukan verifikasi email outlet. Jadi setelah melakukan tanda tangan kontrak selesai, pebisnis akan diminta kembali untuk melakukan verifikasi pada email outlet dengan batas waktu selama 72 jam.

Pastikan email yang akan diverifikasi telah terverifikasi sebelum 72 jam, karena apabila tidak verifikasi maka akan gagal. Untuk Anda yang ingin melakukan verifikasi ulang, bisa hubungi tim customer service GrabFood.

5. Proses Verifikasi OVO

Setelah verifikasi email outlet, tahap berikutnya adalah melakukan verifikasi OVO yang merupakan mitra kerjasama Grab dan Grab Food sebagai wallet pembayaran dalam aplikasi. Oleh karena itu, pebisnis yang mendaftar GrabFood harus daftar dan verifikasi akun OVO untuk pembayaran.

Pada proses verifikasinya, tim OVO akan menghubungi Anda untuk melakukan validasi dan verifikasi informasi mengenai bisnis atau restoran Anda. Informasi yang divalidasi meliputi nama restoran, alamat restoran dan sebagainya.

6. Finalisasi dan Training

Tahap terakhir setelah melakukan semua tahap dan berjalan dengan baik, tim GrabFood akan mengirimkan email berisi bahan training terkait cara pemakaian aplikasi untuk merchant dalam bisnis makanan. Pebisnis juga mendapat informasi terkait cara mengaktifkan akun Grab Food Merchant.

Nah itulah bagaimana cara daftar jualan di GrabFood lengkap, mulai dari pendaftaran sampai dengan finalisasi dan training. Perlu dicatat bahwa semua proses pendaftaran GrabFood ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun, waspadalah terkena penipuan yang mengatasnamakan GrabFood.

Baca Juga: Tips Jual Makanan Online dijamin Laris Untuk Pemula!

Sistem Bagi Hasil GrabFood 2022

Jika Anda ingin mendaftarkan bisnis ke GrabFood Merchant, tentu ada sistem bagi hasil dengan pihak Grab. Pebisnis tidak perlu membayar ongkos driver ketika menjemput dan mengantar makan ke konsumen, biaya driver ini akan diambil dari sistem bagi hasil dengan Grab.

Sistem bagi hasil GrabFood cukup besar, yaitu 30%, namun ini tidak mengurangi omset keuntungan dari pelaku usaha. Pembayaran di GrabFood ini juga bisa lewat OVO maupun secara tunai yang dilakukan secara langsung lewat driver Grabfood. Berikut skema bagi hasil GrabFood:

1. Skema Potongan Bagi Hasil 30%

Skema yang pertama adalah potongan bagi hasil 30%. Berikut skema bagi hasilnya:

  • Harga Menu di GrabFood: Rp20.000
  • Bagi Hasil 30%: Rp6.000
  • Hasil Diterima Merchant: Rp14.000

Jika dilihat sepintas memang potongan tersebut terlihat merugikan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena perhitungan sebelum dan setelah menjadi partner GrabFood akan berbeda. Jadi jangan ragu mengikuti cara daftar jualan di GrabFood yang kami bagikan di atas.

2. Sebelum Menjadi Partner GrabFood

Untuk Anda yang belum menjadi partner GrabFood, berikut skema penjualannya:

  • Harga Per Menu: Rp15.000
  • Keuntungan Sesungguhnya: Rp5.000
  • Harga Jual Sesungguhnya: Rp14.000

Jika Anda belum bergabung menjadi partner GrabFood memang terlihat seperti mengalami kerugian. Disini solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan harganya supaya Anda tidak rugi dari harga yang sesungguhnya.

3. Setelah menjadi Partner GrabFood

Beda dengan sebelum menjadi partner, setelah menjadi partner Anda bisa mendapat keuntungan. Berikut contoh skemanya:

  • Harga Per Menu: Rp15.000
  • Harga di GrabFood = Rp15.000 + 75% = Rp26.250
  • Hasil 30% untuk Grab: Rp7.875
  • Keuntungan Baru: Rp26.250 – Rp7.875 = Rp3.375

Nilai hasil ini merupakan perhitungan apabila Anda bergabung dengan GrabFood. Mungkin keuntungannya terlihat tidak besar jika dibanding sebelum menjadi partner GrabFood. Namun Anda bisa Anda bandingkan dengan omset perbulan yang bisa didapatkan.

4. Perbandingan Sebelum dan Sesudah

Setelah Anda mengikuti cara daftar jualan di GrabFood sebenarnya Anda bisa membandingkan sendiri omset dan pendapat sebelum dan sesudah menjadi partner. Berikut contoh skema perbandingannya:

  • Sebelum Jadi Partner GrabFood: Rp3.375 x 200 = Rp675.000
  • Setelah Jadi Partner GrabFood: Rp3.375 x 500 = Rp1.687.500

Keuntungan yang didapat lebih besar jika bergabung menjadi partner GrabFood. Hal ini karena orderan yang bisa didapat setelah bergabung bisa meningkat drastis karena menjangkau lebih banyak konsumen. Disini Anda mendapat keuntungan dimana bisnis Anda dipromosikan secara gratis.

Baca Juga: Tips Jual Baju Online Supaya Tidak Kalah Saing!

Jadi jangan takut mengalami kerugian karena biaya bagi hasil yang cukup tinggi. GrabFood memiliki sistem tersendiri supaya pebisnis dan Grab sama-sama mendapat keuntungan. Oleh karena itulah langsung saja coba daftar menjadi merchant di GrabFood.

Nah itulah tadi tutorial lengkap cara mendaftar di GrabFood lengkap, dari awal sampai akhir. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat pebisnis kuliner dengan bergabung menjadi merchant GrabFood, salah satunya adalah dipromosikan secara gratis dan mendapat banyak pembeli. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download