4 Cara COD di Shopee, Aman Diantar Sampai Rumah

21 Sep 2021 by Laruan

Cara mengaktifkan COD di Shopee sangat mudah dan gampang asal Sobat Pintar tahu syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh pihak Shopee. Siapa disini yang suka belanja Online di Shopee? Ya, Shopee merupakan aplikasi belanja Online terbesar se Asia dan paling populer di kalangan masyarakat. Untukmu yang ingin membuka toko di Shopee, Sobat Pintar dapat menggunakan fitur COD di Shopee agar produk laris manis. Tenang saja, Sobat Pintar dapat menggunakan fitur COD tersebut dengan syarat yang mudah. Cara jualan di Shopee sangat mudah asal Sobat Pintar memiliki toko.

4 Cara COD di Shopee, Aman Diantar Sampai Rumah

Penjual cukup upload barang dagangan satu per satu maupun bersamaan. Seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa syarat untuk menjadi penjual di Shopee hanya bermodalkan memiliki akun Shopee. Setelah itu, menunggu proses verifikasi akun Shopee berhasil maka Sobat Pintar dapat menjual produk. Lalu, Sobat Pintar mulai cara buat toko, upload produk satu per satu maupun bersamaan. Hebatnya lagi, Sobat Pintar dapat membuat toko di Shopee cukup melalui aplikasi saja.

Saat Sobat Pintar ingin menjadi seller di Shopee tidak hanya menunggu menerima pesanan masuk dan membalas chat dari buyer saja. Tetapi, Sobat Pintar harus melakukan beberapa cara untuk menjadikan tokomu resmi. Tahapan tersebut dimulai dari menulis deskripsi dari tokomu, tampilan tokomu, dan jasa pengiriman beserta metode pembayaran COD. Asal Sobat Pintar tahu, bahwa kebanyakan orang lebih menyukai dan dicari toko yang menyediakan bayar di tempat. Cara COD di Shopee dapat Sobat Pintar aktifkan fiturnya, cukup dengan mengikuti beberapa  langkah di bawah ini. 

Dengan menyediakan metode pembayaran COD atau yang disebut bayar di tempat membuat tokomu menjadi paling dicari oleh buyer. Wajar saja bila Sobat Pintar baru terjun menjadi seller di Shopee karena hal itu banyak ditemukan di Shopee untuk seller pemula. Jangan khawatir, karena tidak semua seller di Shopee mengetahui cara mengaktifkan fitur COD. Pasti Sobat Pintar penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur COD tersebut. Simak baik-baik artikel ini sampai selesai ya biar toko menjadi laris.

Apa itu COD di Shopee

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan kata COD di Shopee tetapi bagi yang sudah terbiasa belanja Online tentu kata tersebut tidak asing lagi. Namun kali ini berbeda jika penjual dan pembeli bertemu langsung. Beda tempat beda caranya, mungkin itulah yang disebut cara COD berbeda dengan aplikasi belanja Online lainnya. COD merupakan singkatan dari Cash On Delivery yang berarti bayar di tempat.

 Istilah tersebut memang sudah lama digunakan oleh Online Shop lainnya. Tetapi, istilah tersebut di Marketplace berbeda metode pembayaran bayar di tempat di Shopee. Nantinya, pembeli akan bertemu kurir pengantar barang menuju ke rumahmu lalu jika barang sudah sampai di tanganmu jangan lupa untuk menyerahkan uang untuk membayar barang ke kurir. Mudah kan cara COD di Shopee? Oleh karena itu, bayar di tempat atau yang disebut COD paling disukai oleh para buyer karena terlihat lebih praktis. Sebelum lanjut ke cara mengaktifkan COD di Shopee alangkah baiknya untuk mengetahui syarat-syarat terlebih dahulu.

4 Cara COD di Shopee, Aman Diantar Sampai Rumah

Syarat-Syarat yang wajib untuk mengaktifkan

Untuk cara mengaktifkan COD di Shopee seller maupun buyer masih kebingungan bagaimana cara mengaktifkannya. Dan mungkin para seller dan buyer bingung mengenai syarat yang harus dilengkapi. Dari sini masih belum mengetahui terkait persyaratannya. Berikut syarat yang wajib untuk dilengkapi:

  • Pastikan Sobat Pintar memiliki akun Shopee yang ter verifikasi
  • Akun toko yang sudah ter verifikasi
  • Pastikan Sobat Pintar sudah menerima pesanan selama 7 hari terakhir ini
  • Memiliki produk yang banyak untuk dijual
  • Dan alamat toko yang sudah ter verifikasi

Cara mengaktifkan COD di Shopee

Banyak dari seller pemula belum mengetahui cara mengaktifkan COD untuk buyer. Tetapi bila Sobat Pintar yakin untuk mengaktifkan COD di Shopee atau bayar di tempat, Sobat Pintar dapat menyimak artikel di bawah ini. Agar tidak salah dalam mengaktifkan fitur COD di Shopee simak baik-baik ya.

1. Buka aplikasi Shopee

Agar Sobat Pintar dapat mengetahui cara mengaktifkan COD di Shopee, yang harus Sobat Pintar lakukan pertama kalinya yaitu buka aplikasi Shopee. 

2. Masuk ke menu saya

Jika Sobat Pintar sudah membuka menu saya langkah selanjutnya adalah pilih menu toko saya pada bagian pojok kiri atas. 

3. Pilih jasa pengiriman

Langkah berikutnya yaitu dengan cara klik pilih jasa pengiriman untuk memilih jasa pengiriman yang menyediakan jasa bayar di tempat atau COD.

4. Aktifkan COD

Langkah terakhir adalah mengaktifkan jasa pengiriman yang menyediakan layanan COD, setelah sudah klik aktifkan COD.

Selesai

Sobat Pintar juga bisa mengaktifkan COD di Shopee melalui seller Center. Berikut beberapa tahapan untuk cara mengaktifkannya. Sobat Pintar bisa memilih antara dua cara tersebut yang mana menurutmu lebih mudah caranya. Berikut cara mengaktifkan COD di Shopee melalui Seller Center.

Cara mengaktifkan COD di Shopee melalui Seller Center

Cara di atas adalah cara mengaktifkan melalui aplikasi pengguna tetapi bila Sobat Pintar ingin mencoba melalui halaman seller Center di Shopee, berikut langkah-langkah cara mengaktifkan COD di Shopee melalui seller Center.

  1. Langkah pertama, Sobat Pintar harus login terlebih dahulu ke akun seller Center Shopee yang sudah Sobat Pintar daftarkan.
  2. Setelah berhasil masuk langkah berikutnya adalah klik menu pengaturan pengiriman pada halaman utama seller Center.
  3. Lalu pilih menu jasa pengiriman.
  4. Lanjut ke pilihan jasa kirim yang sudah menyediakan metode pembayaran di tempat.
  5. Setelah itu, klik aktifkan metode pembayaran COD. 
  6. Selesai, Sobat Pintar sudah bisa berhasil cara mengaktifkan COD di Shopee melalui seller Center.

Keuntungan mengaktifkan fitur COD di Shopee ialah dapat meningkatkan penjualan toko, trafik tokomu dapat meningkatkan, tokomu semakin dikenal oleh banyak orang, pendapatan semakin meningkat, proses penarikan dana COD semakin mudah, dan dapat mengaktifkan COD ke semua jenis jasa kirim.

Itulah cara mengaktifkan COD di Shopee beserta syarat-syarat yang harus Sobat Pintar persiapkan sebelum mengaktifkan COD di Shopee, Memang cara di atas sangat mudah dan gampang untuk mengaktifkan COD di Shopee. Terdapat 2 cara yang harus Sobat Pintar pilih berdasarkan keinginanmu, oleh karena itu 2 cara mengaktifkan COD di Shopee sangat mudah semua. Apalagi syarat tersebut tidak harus mutlak yang membebankan bagi setiap seller. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa apabila mengaktifkan metode pembayaran COD dapat dilakukan tanpa harus mendapat persetujuan dari siapa pun. Semoga informasi di atas dapat membantumu menjadi seller yang menarik bagi semua buyer yang sedang membutuhkan artikel seperti di atas. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload