Cara Cek Biaya Ongkir Berbagai Ekspedisi

03 Sep 2021 by Laruan

Seperti yang kita semua tahu, aktivitas jual-beli kini lebih banyak terjadi di jagat maya dibandingkan bertemu tatap muka. Semua ini terjadi karena berbagai faktor. Dimulai dari kondisi masyarakat yang saat ini harus bisa bertahan hidup tanpa keluar rumah selama pandemi berlangsung, hingga tumbuh suburnya berbagai macam e-commerce di Indonesia, yang membuat kita bertanya bagaimana cara cek biaya ongkir.

Kedua faktor di atas membuat banyak masyarakat Indonesia mulai membuka berbagai toko online di dunia maya. Ada yang berjualan santai melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook, ada pula yang aktif mengelola akun tokonya yang didaftarkan di berbagai e-commerce. Toko-toko online yang ada di Indonesia tidak bisa berdiri tegak dan beroperasi dengan baik tanpa dukungan jasa kirim yang juga mulai menjamur di Indonesia.

Cara Cek Biaya Ongkir Berbagai Ekspedisi

Berbagai Layanan Ekspedisi yang Ada di Indonesia

Terdapat beragam jasa kirim yang bisa penjual atau pembeli pilih untuk mengirimkan barang, seperti:

  1. JNE

Jasa kirim satu ini memiliki berbagai layanan seperti:

  • Super Speed (SS): Layanan di mana barang yang dikirim bisa sampai tidak lebih dari 24 jam. Ada pengembalian biaya ongkir apabila barang sampai tidak sesuai perjanjian
  • Yakin Esok Sampai (YES): Layanan satu ini memastikan paket sampai di tujuan di esok hari, termasuk hari libur nasional serta hari Minggu. Anda hanya perlu menyampaikan paket tidak lebih dari pukul 12.00 siang.
  • Reguler (REG): Ini merupakan layanan di mana penyampaian paket berlangsung selama 1-7 hari kerja, bergantung pada tujuan pengiriman. Selain itu, layanan ini juga menjangkau seluruh wilayah di Indonesia
  • Ongkos Kirim Ekonomis (OKE): Apabila Anda lebih mengutamakan biaya ongkir yang terjangkau dibandingkan kecepatan pengiriman, Anda bisa menggunakan layanan ini.
  • JNE Trucking (JTR): Layanan ini ada untuk Anda yang ingin mengirimkan barang besar atau berat.
  1. J&T Express

Jasa kirim ini juga banyak digunakan oleh berbagai pedagang di e-commerce. Berikut adalah beberapa layanan yang dimiliki oleh J&T Express:

  • Regular/EZ: Layanan ini melakukan pengiriman barang ke seluruh Indonesia dengan jangka waktu normal, sekitar 2-3 hari dan tergantung tujuan pengirimannya.
  • J&T ECO: Untuk Anda yang ingin melakukan pengiriman antar pulau dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan layanan J&T ECO. Waktu pengirimannya sekitar 5-15 hari.
  • J&T Super: Ini adalah layanan tercepat yang diberikan oleh J&T. Jika Anda mengirimkan barang sebelum pukul 10 pagi, maka barang tersebut akan sampai di tujuan pada hari yang sama.
Cara Cek Biaya Ongkir Berbagai Ekspedisi

Cara Cek Biaya Ongkir dari Masing-Masing Ekspedisi

Setelah mengetahui layanan ekspedisi apa saja yang di Indonesia, saatnya Anda tahu biaya ongkir yang dibutuhkan untuk masing-masing layanan pengiriman yang ada di ekspedisi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek biaya ongkir ekspedisi, berikut adalah beberapa di antaranya:

Cara Cek Biaya Ongkir JNE dari Situs JNE

Untuk melakukan cek biaya ongkir JNE dari situs JNE, berikut adalah beberapa langkahnya:

  1. Kunjungi situs https://www.jne.co.id.
  2. Setelah muncul beranda situs resmi JNE, lihat bagian “Tarif Kiriman”.
  3. Masukkan lokasi pengirim di bagian “Origin Shipment“, lalu masukkan tujuan pengiriman di bagian “Destination Shipment“, serta masukkan bobot barang dalam satuan kilogram di bagian “Weight(Kg)“.
  4. Klik “Check” dan biaya ongkir JNE akan muncul setelahnya.

Cara Cek Biaya Ongkir J&T Express dari Situs J&T Express

Berikut adalah langkah-langkah melakukan cek biaya ongkir J&T Express dari situs J&T Express:

  1. Kunjungi situs https://jet.co.id.
  2. Lihat jajaran menu yang ada di bagian kiri atas beranda situs resmi J&T, lalu sorot bagian “Search“, kemudian klik “Shipping Rates” untuk cek biaya ongkir.
  3. Pada bagian “From“, isi dengan lokasi pengiriman. Lalu pada bagian “To“, isi dengan tujuan pengiriman. Isi informasi bobot barang dalam satuan kilogram pada bagian “Weight“.
  4. Jika Anda menginginkan proteksi lebih terhadap paket Anda, Anda bisa memberikan tanda centang pada bagian “Insurance“. Kemudian isi nilai dari barang yang Anda kirim di bagian “IDR”. Pastikan nilai barang ini diisi dalam kurs Rupiah.
  5. Apabila Anda mau mengisikan data barang Anda secara lebih lengkap, Anda bisa memberikan tanda centang pada bagian “Dimension“. Isi data panjang, lebar, dan tinggi barang Anda pada bagian “Length“, “Width“, dan “Height“.
  6. Klik “Search“, lalu informasi biaya ongkir yang Anda cari pun akan muncul.

Cara Cek Biaya Ongkir Berbagai Ekspedisi dari Situs Pihak Ketiga

Anda pun bisa mengecek biaya ongkir berbagai ekspedisi termasuk JNE, J&T Express, dan ekspedisi lainnya melalui situs pihak ketiga yang ada di internet. Situs pihak ketiga yang dipilih untuk saat ini adalah PluginOngkosKirim.com. Berikut adalah beberapa cara mengecek biaya ongkir berbagai ekspedisi melalui situs PluginOngkosKirim.com:

  1. Kunjungi situs https://pluginongkoskirim.com.
  2. Klik “Cek Tarif” yang muncul di beranda situs Plugin Ongkos Kirim.
  3. Gulung layar ke bawah sampai form cek tarif muncul.
  4. Isi bagian “Kota/Kabupaten Asal” dengan lokasi pengirim barang, lalu isi bagian “Kota/Kabupaten Tujuan” dengan lokasi penerima barang, kemudian isi bobot barang dalam satuan kilogram pada bagian “Berat”.
  5. Klik “Cek Tarif”, lalu info biaya ongkir yang ingin kamu cek akan muncul.

Mengapa Cek Biaya Ongkir Amat Diperlukan?

Setelah mengetahui cara cek biaya ongkir tiap-tiap ekspedisi, saatnya Anda mengetahui beberapa alasan mengapa Anda, sebagai seorang pedagang online atau pengirim barang, perlu melakukan cek biaya ongkir.

  1. Mengetahui Estimasi Biaya Pengiriman untuk Diinfokan ke Pembeli

Biasanya saat kita berbelanja online dengan berkomunikasi langsung dengan penjual melalui Whatsapp, penjual akan meminta kita mengisi formulir pemesanan yang di dalamnya terdapat bagian alamat yang perlu kita isi. Bagian alamat inilah yang akan penjual jadikan acuan saat melakukan cek biaya ongkir barang.

Anda yang berperan sebagai pedagang online pun perlu meniru hal ini. Agar pembeli bisa mendapatkan gambaran biaya ongkir, kamu perlu menggunakan alamat pembeli sebagai acuan pengecekan biaya ongkir. Setelah info biaya ongkir keluar, segera infokan biaya tersebut bersama dengan total belanjaan pembeli.

  1. Dapat Dijadikan Acuan Jika Anda Ingin Memberi Bonus Gratis Ongkir

Adalah hal yang wajar bagi sebuah toko online memberikan bonus gratis biaya ongkir pada pembeli setianya. Bonus gratis biaya ongkir ini dapat Anda berikan pada pembeli yang telah berbelanja dengan batas minimal nominal tertentu. Untuk mendapatkan gambaran berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar ongkir pembeli, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cek biaya ongkir berbagai ekspedisi, termasuk JNE, J&T Express, dan ekspedisi lainnya. Pastikan jenis layanan pengiriman yang Anda pilih sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan pembeli. Terlebih jika Anda menjual produk berupa makanan yang harus segera sampai tujuan. Selamat mengkalkulasi biaya ongkir pelanggan-pelanggan Anda.

Jika Anda sedang berbisnis dan memerlukan dana mendesak untuk keperluan bisnis, Anda bisa menggunakan Kredit Pintar yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload