Cara Bikin Nugget Sendiri di Rumah

23 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 23 Dec 2021

Chicken nugget buatan sendiri jauh lebih sehat dan enak daripada yang beku atau cepat saji. Dan cara bikin nugget juga tidak susah. Kalau kamu siap untuk menguji kemampuan di dapur, baca terus untuk mengetahui bagaimana kamu bisa menyiapkan makan malam di hari kerja atau camilan di akhir minggu dalam waktu singkat.

Cara Bikin Nugget 

Nah, berikut ini adalah cara bikin nugget sendiri di rumah yang bisa kamu lakukan. Ikuti langkah-langkahnya dari awal, ya Sobat Pintar! 

1. Kumpulkan Bahannya

Untuk membuat nugget di rumah, kamu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • 1 butir telur (kocok)
  • 1/2 cangkir remah roti (buatan sendiri atau beli)
  • 1 pon dada ayam
  • 3 sendok teh garam dapur
  • 3 sendok teh lada hitam
  • 1 cangkir minyak goreng (sayur atau canola)
  • Opsional: 1/8 cangkir keju Parmesan parut
  • Opsional: 1/4 sendok teh bubuk bawang putih
  • Opsional: bubuk cabai 
  • Opsional: thyme dan oregano kering

Pisahkan tepung, telur, dan remah roti dalam tiga mangkuk terpisah. Tambahkan satu sendok teh garam dapur dan lada hitam ke masing-masing mangkuk dan kocok untuk mencampur.

2. Potong Dada Ayam

Pisahkan lemak dari dada ayam. Kemudian, potong-potong seukuran nugget yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memotongnya menjadi fillet ayam kalau mau yang lebih besar.

Baca juga: Cara Membuat Jus Alpukat Praktis dan Nikmat

3. Lapisi Ayam dengan Tepung

Lapisi potongan ayam ke dalam mangkuk tepung dan singkirkan kelebihannya.

4. Celupkan Ayam ke Telur yang Dikocok

Kemudian, celupkan potongan ayam ke dalam campuran telur, pastikan untuk melapisi kedua sisi sepenuhnya.

5. Lapisi dengan Remah Roti

Terakhir, celupkan nugget ke dalam campuran remah roti, dan pastikan lagi untuk melapisi kedua sisi secara menyeluruh.

6. Letakkan Nugget di Atas Loyang

Letakkan nugget tersebut di rak pendingin di atas loyang kalau kamu lebih suka untuk memanggangnya. Semprotkan dengan cooking spray.

7. Panggang atau Goreng Nugget

Panggang chicken nugget dalam oven 425 derajat F selama 25 menit. Balikkan nugget di tengah proses pemanggangan.

Atau kamu juga bisa menggorengnya. Panaskan secangkir minyak hingga 375 derajat F dan goreng selama 3 menit per sisi sampai berwarna coklat keemasan dan matang.

8. Sajikan Dengan Saus Favorit

Sajikan nugget panas dan segar dengan saus favorit kamu dan nikmati hasil karyamu di perut. Kamu bisa pilih saus tomat, sambal atau bahkan mustard. 

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Downloads:likemeat-tbODcxYRkHc-unsplash.jpg

Sumber: https://unsplash.com/photos/tbODcxYRkHc 

Baca juga: Inilah 4 Resep Cara Membuat Roti

Tips untuk Meng-upgrade Chicken Nugget

Brining Daging Ayam  

Berikut adalah kiat ekstra untuk cara bikin nugget yang dibumbui dengan baik dan benar-benar nikmat. Dengan teknik ini, kamu bisa menggunakan air garam buttermilk yang unik untuk memastikan chicken nugget tidak pernah kering.

Kamu tidak akan percaya bahwa nugget ini adalah buatan sendiri. Itu karena keasaman buttermilk yang sebenarnya memerangkap kelembaban di dalam ayam dan memberikan rasa yang lezat.

Metode brining daging ayam memang membutuhkan sedikit persiapan sebelumnya. Langkah sederhana dan praktis yang melibatkan merendam daging ayam dengan buttermilk akan memberikan hasil yang fantastis. Kalau kamu belum pernah mencoba metode ini sebelumnya, kamu akan terkejut dengan hasilnya.

Memilih Daging Ayam

Saat membuat chicken nugget di rumah, kamu harus memilih daging ayam terbaik. Dada ayam akan menghasilkan nugget dengan tekstur dan rasa terbaik. Dengan memotongnya menjadi potongan-potongan yang seragam, nugget yang kamu masak tidak akan kalah dengan nugget dari supermarket.

Memilih Bumbu

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Downloads:ratul-ghosh-NPrWYa69Mz0-unsplash.jpg

Ini adalah bagian di mana kamu bisa menjadi sedikit lebih kreatif. Kalau di rumah ada bubuk bawang putih, garam masala, dan bubuk paprika/cabai, kamu bisa mengkombinasikan semuanya untuk cita rasa yang ekstra. Kamu bisa menggunakan resep sederhana ini untuk menciptakan resep unik sendiri dengan mengganti bumbu-bumbu tersebut sesuai selera. 

Kamu bisa coba gunakan bumbu Italia atau tambahkan sedikit kulit lemon dengan thyme dan oregano kering. Intinya adalah bahwa setelah kamu menguasai resep membuat chicken nugget yang empuk dan renyah, kamu bisa bereksperimen dengan racikan bumbu sendiri. 

Minyak Terbaik

Saat menggoreng dalam di dapur rumah, kamu sebaiknya memilih minyak dengan rasa netral dengan titik asap tinggi. Pilihan yang baik untuk ini di antaranya adalah minyak sayur atau minyak canola. Minyak ini tidak hanya bertahan dengan baik pada suhu tinggi, tetapi mereka juga akan memberikan sedikit rasa pada chicken nugget, yang benar-benar membuat rasa ayam lebih nikmat.

Remah Roti yang Renyah

Ada beberapa pilihan untuk membuat chicken nugget sendiri. Optimalnya, kamu bisa membuat remah roti di rumah dari sisa roti yang memungkinkan kamu untuk menghindari zat aditif atau pengawet apa pun. Remah roti yang dari supermarket juga sebetulnya baik-baik saja, dan tentu saja memiliki lebih banyak pilihan.

Baca juga: 3 Cara Membuat Kacang Telur dengan Mudah

Kamu bisa menggunakan remah roti tradisional untuk mendapatkan kerak yang lebih halus. Atau kamu juga bisa mencoba remah roti panko untuk sesuatu yang sedikit lebih ringan dan renyah di luar.

Diet Tanpa Minyak Goreng 

Kamu bisa menggunakan cara memasak alternatif untuk membuat chicken nugget buatan sendiri menjadi lebih sehat. Kamu bisa tetap menggoreng ayam yang dilapisi remah roti dengan air fryer pada 400 derajat F atau 200 C, selama 5-7 menit per sisi, berputar untuk meratakan kecoklatan.

Sajikan selagi masih hangat dan selamat menikmati! Nah, itulah cara bikin nugget sendiri di rumah tanpa harus mengandalkan kemasan siap saji dari supermarket. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download