Cara Mudah Hubungi 6 Call Center BPJS Kesehatan, Fast Response

05 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 05 Dec 2023

Terkadang mengurus BPJS Kesehatan bisa menimbulkan kekhawatiran dan memakan waktu lama, membuat kita merasa khawatir dan pusing. Namun,  melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi terbaru mengenai 6 call center BPJS Kesehatan yang lengkap dan terkini, sehingga kalian semua dapat dengan mudah menghubunginya. Dengan adanya informasi ini, kami berharap tidak ada lagi yang merasa bingung atau kesulitan dalam mengatasi permasalahan terkait BPJS Kesehatan.

6 Opsi Call Center BPJS Kesehatan

Sebelum perubahan, layanan care center BPJS Kesehatan atau JKN dapat diakses melalui nomor 1500 400, yang dapat dihubungi kapan saja dan terhubung antar kantor cabang untuk mengkoordinasikan pengaduan peserta. Pada tanggal 13 September 2021, BPJS Kesehatan memperkenalkan nomor layanan baru, BPJS Kesehatan Care Center 165. Perubahan nomor ini bertujuan untuk menyederhanakan nomor telepon sebelumnya. Saat ini, Anda dapat menghubungi berbagai call center BPJS Kesehatan yang tersedia dalam berbagai opsi sebagai berikut.

call center bpjs kesehatan

Baca juga: Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

1. Call Center via Whatsapp PANDAWA

Dapatkan kemudahan mengatasi antrean panjang di kantor BPJS Kesehatan dengan layanan PANDAWA. Sekarang, urusan administrasi seperti pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, atau pergantian FKTP bisa diselesaikan dengan mudah melalui WhatsApp di nomor 08118165165 atau melalui email [email protected]. Ini adalah solusi praktis yang memungkinkan kamu menghindari antrean.

2. Live Chat dengan CHIKA

Tidak suka menelepon call center BPJS Kesehatan? Jangan khawatir, sekarang ada CHIKA, asisten obrol JKN yang siap membantu dengan informasi atau pengaduan. Kamu dapat berkomunikasi dengan CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram, atau WhatsApp untuk respons cepat dari sistem kecerdasan buatan. Untuk berbincang dengan CHIKA, hubungi call center BPJS Kesehatan di 0811-8750-400 atau Telegram (@BPJSKes_bot).

3. Login Aplikasi JKN Mobile

Aplikasi Mobile JKN hadir sebagai solusi praktis, memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas seperti cek status kepesertaan, saldo iuran, riwayat kesehatan, hingga pengajuan klaim. Semua kebutuhan kesehatan Anda dapat diakses dengan mudah melalui beberapa klik saja.

4. Call Center BPJS Kesehatan 165

BPJS Care Center 165 merupakan saluran layanan call center BPJS Kesehatan tanpa perlu pertemuan langsung, dapat diakses melalui telepon setiap hari selama 24 jam. Berbagai layanan yang dapat diakses melalui nomor ini mencakup pengecekan status peserta dan informasi tagihan iuran. Selain itu, Anda dapat melakukan perubahan data dan mengajukan pengaduan terkait program JKN-KIS secara langsung

5. Media Sosial BPJS Kesehatan

Kamu juga memiliki opsi untuk mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait layanan call center BPJS Kesehatan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan. Akun resmi media sosial BPJS Kesehatan dapat diakses melalui tautan berikut:

6. Call Center dari Layanan VIKA

Layanan VIKA adalah asisten virtual yang membantu masyarakat memperoleh informasi terkait BPJS Kesehatan. Dapat diakses melalui situs web BPJS Kesehatan, aplikasi mobile JKN, dan call center BPJS Kesehatan, VIKA memungkinkan masyarakat mengajukan pertanyaan tentang proses pendaftaran BPJS Kesehatan, pengecekan status kepesertaan, pembayaran iuran, perubahan data pribadi, dan berbagai informasi lainnya.

call center bpjs kesehatan

Baca juga: Cara Mencicil Tunggakan BPJS Kesehatan

Pertanyaan Terkait

1. Call Center 165 apakah gratis?

Untuk memastikan pelayanan kepada semua yang membutuhkan, tersedia care center 165 yang beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Perlu diingat bahwa nomor call center 165 tidak bersifat gratis.

2. Apakah BPJS dan KIS itu sama?

BPJS Kesehatan merupakan entitas hukum publik yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan dan pengelolaan program jaminan kesehatan. Sementara itu, KIS (Kartu Indonesia Sehat) adalah bagian dari program jaminan kesehatan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang dikhususkan untuk masyarakat yang kurang mampu, dan program ini dikelola oleh BPJS Kesehatan.

3. Kalau sudah punya Kartu KIS apakah harus daftar BPJS?

Tidak perlu. KIS sudah mencukupi. Prosedur pelayanan KIS juga mirip dengan BPJS. Perbedaannya, BPJS dibayarkan secara mandiri, sementara KIS ditanggung oleh pemerintah untuk warga yang kurang mampu.

Demikianlah informasi mengenai call center BPJS Kesehatan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

05 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download