Cara Buka Rekening BCA Online Melalui BCA Mobile

31 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

BCA kini hadir dengan berbagai layanan untuk mempermudah para nasabahnya. Dengan perkembangan teknologi perbankan digital, kini nasabah bisa buka rekening BCA online, tanpa ke kantor cabang terdekat. Namun, untuk bisa melakukan hal ini, para nasabah harus memiliki aplikasi BCA mobile terlebih dahulu. Lalu bagaimanakah cara membuka rekening secara online?

Langkah-Langkah Buka Rekening BCA Online

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis tabungan dapat dibuka melalui BCA online. Saat ini, jenis tabungan yang dapat dibuka melalui online hanyalah tabungan pribadi, Tahapan BCA, Tahapan Xpresi dan Tahapan Gold. Selain ketiga jenis tabungan tersebut, para nasabah tetap harus ke kantor cabang untuk mengurusnya. Bagi yang tertarik untuk buka rekening BCA online, berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga : ATM BCA Terdekat dan Bisa 24 Jam

1. Mempersiapkan Dokumen

Sebelum mengunduh aplikasi Mobile BCA, ada baiknya para calon nasabah menyiapkan seluruh dokumen yang nantinya akan dibutuhkan untuk membuat rekening baru. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk membuat rekening diantaranya adalah KTP atau kartu identitas, kertas untuk tanda-tangan, foto pribadi hingga NPWP (kondisional).

Jika sudah siap semuanya, maka potret masing-masing dokumen dan simpan dengan kualitas yang bagus. Nantinya, dokumen-dokumen ini akan digunakan sebagai persyaratan untuk membuka rekening baru. Jadi pastikan semua dokumen sudah dipersiapkan untuk mempercepat prosesnya.

2. Mengunduh Aplikasi BCA Online

Salah satu aplikasi yang bisa membantu calon nasabah untuk membuka rekening secara online adalah BCA Mobile. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunduhnya terlebih dahulu melalui PlayStore atau AppStore masing-masing sesuai jenis ponselnya. Selanjutnya, masukkan nomor ponsel sebagai tahapan awal untuk registrasi atau membuka tabungan.

Perlu diketahui bahwa cara ini hanya berlaku bagi mereka yang belum memiliki rekening BCA dan belum pernah mendaftarkan nomor ponselnya ke BCA Online. Jika sebelumnya sudah memiliki tabungan BCA, maka nasabah hanya perlu mengikuti langkah berikutnya untuk membuka tabungan baru.

3. Memilih Menu Buka Tabungan Baru & Memilih Jenis Tabungan

Jika sudah berhasil masuk, maka saatnya memilih menu Buka Rekening Baru. Nantinya, akan muncul beberapa menu seperti dokumen, video call hingga setoran awal untuk bisa membuka rekening baru. Namun sebelum melangkah lebih jauh, para calon nasabah harus memilih jenis tabungan yang ingin dibuka.

Jenis tabungan pertama yang ditawarkan oleh pihak BCA adalah tabungan pribadi. Ini merupakan tabungan yang paling banyak digunakan oleh para nasabah saat ini. Untuk bisa membuka tabungan pribadi, maka saldo minimal rekening BCA adalah Rp 50.000 sedangkan untuk saldo minimal per bulan setelah membukanya adalah Rp 100.000.

Selanjutnya ada Tahapan Xpresi yang juga merupakan tabungan perseorangan. Secara umum fungsinya sama, hanya saja untuk jenis tabungan ini tidak ada minimal saldo rata-rata per bulannya dan untuk bisa membukanya hanya membutuhkan saldo sebesar Rp 10.000.

Berikutnya bagi yang ingin membuka tabungan ini untuk perorangan atau Yayasan ada juga Tahapan Gold. Untuk membuka rekening ini dibutuhkan saldo minimal Rp 50.000 dan saldo minimal rata-rata Rp 10.000.000 untuk bulan berikutnya setelah rekening dibuka. Terakhir, ada juga Tapres yang bisa digunakan untuk perseorangan dengan saldo minimal Rp 5.000.000 per bulan setelah tabungan sudah jadi.

Setelah memilih jenis tabungan yang ingin dibuka, lakukan verifikasi no HP dan masukkan nomor kode yang dikirimkan melalui SMS. Jika tidak mendapatkan SMS, maka coba restart HP dulu atau pilih kirim ulang kode verifikasi.

Baca juga : 13 Keuntungan Menjadi Nasabah BCA Prioritas

4. Membuat Kode Akses

Jika sudah berhasil, maka calon nasabah nantinya diharuskan membuat kode akses yang nantinya akan digunakan untuk bisa mengakses tabungan yang telah dibuka. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat kode akses yang mudah diingat karena nantinya akan sering digunakan oleh para pemilik tabungan.

5. Mengisi Data & Melengkapi Dokumen yang Diperlukan

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat rekening BCA online adalah mengisi data dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Bagi yang sebelumnya telah menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, maka tinggal unduh foto atau dokumen yang sudah dipersiapkan.

6. Memilih Jenis Kartu yang Diinginkan

Selanjutnya, para calon nasabah tinggal memilih jenis kartu yang diinginkan. Ada Paspor Platinum, Paspor Gold serta Paspro Blue. Setiap jenis kartu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi pilihlah sesuai kebutuhan masing-masing. Salah satu hal yang membedakan setiap kartu adalah fee per bulannya serta biaya kartu itu sendiri.

Setelah memilih jenis kartu yang diinginkan, akan muncul kolom email yang harus diisi untuk internet banking. Nantinya juga akan muncul seluruh data yang telah diisi sebelumnya. Pastikan seluruh data yang ada sudah benar sebelum melanjutkan ke tahap verifikasi data dengan pihak CS.

7. Video Call & Verifikasi Data

Jika sudah yakin bahwa seluruh data yang dimasukkan sudah benar, maka pilihkan kantor cabang BCA terdekat sesuai alamat yang telah dimasukkan. Selanjutnya, tekan panggilan video call dengan CS untuk melakukan verifikasi data. Jika semua data telah sesuai, maka CS akan mengirimkan email yang menjelaskan lebih lanjut mengenai kartu serta data rekening.

Selanjutnya, jangan lupa klik Aktivasi Mobile Banking dan membuat pin ATM yang nantinya digunakan untuk membuka transaksi tabungan. Jika pembuatan pin berhasil, maka rekening telah aktif dan sudah bisa digunakan untuk transaksi. Sebelum melakukan transaksi yang lain, jangan lupa untuk mengisi saldo terlebih dahulu. Khusus untuk kartu atau buku tabungannya, para nasabah dapat mengambilnya langsung di kantor cabang yang telah ditentukan.

Selain BCA Mobile, para calon nasabah juga bisa membuka rekening melalui Website KlikBCA. Hanya saja, untuk cara ini para nasabah tetap harus datang ke kantor cabang untuk proses verifikasi serta mengaktifkan PIN. Namun, jika dibandingkan dengan membuka rekening langsung ke bank, cara ini tetap lebih cepat dan mudah.

Baca juga : Berapa Sih Bunga Deposito BCA?

Keuntungan Membuka Rekening Melalui Online

Selain prosesnya yang mudah, membuka rekening secara online tentunya memberikan banyak keuntungan bagi para nasabah. Dengan layanan ini, para nasabah bisa buka rekening BCA dimana saja, baik dari rumah, kantor ataupun mall sekaligus. Selain itu, karena dilakukan online, maka nasabah tidak harus mengantri sama sekali. Jadi, dengan cara ini nasabah bisa menghemat waktu serta tenaga sekaligus.

Bagi para nasabah yang mengalami kesulitan dalam membuka rekening online, jangan khawatir karena ada menu panggilan CS. Disini, para calon nasabah, hanya perlu menekan menu tersebut untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dari CS mengenai cara buka rekening BCA online. Jadi prosesnya tetap online, tanpa perlu ke bank.

Setelah mengetahui cara buka rekening BCA online yang simpel dan cepat, tidak heran jika orang lebih memilih untuk membuka secara online daripada offline. Selain prosesnya yang mudah, para nasabah tidak harus datang ke bank dan mengantri untuk melakukan aktivasi. Hanya saja, jika ingin buku tabungan serta kartu ATM dari tabungan tersebut, para nasabah harus tetap ke kantor cabang terdekat untuk mengambilnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download