BNI Mobile Banking: Akses Layanan Bank BNI Dari Smartphone

BNI Mobile Banking: Akses Layanan Bank BNI Dari Smartphone

22 Feb 2021 by Andro
Bank BNI

Perkembangan teknologi saat ini telah mendorong tumbuhnya berbagai macam platform di bidang finansial, yang biasa dikenal dengan fintech. Sebagai salah satu perusahaan di jasa keuangan yang telah lebih dulu ada, industri perbankan berusaha untuk mengimbangi perusahaan-perusahaan fintech ini dengan ikut serta berinovasi melalui layanan mobile banking, termasuk Bank BNI (Bank Negara Indonesia).

Mobile banking dalam hal ini adalah layanan perbankan yang memungkinkan para nasabah bank dalam bertransaksi, hanya dengan menggunakan smartphone. Layanan mobile banking pada Bank BNI itu sendiri akan dapat digunakan setelah nasabah mengunduh dan menginstall aplikasi BNI Mobile Banking.

Apa Itu BNI Mobile Banking?

Sebagaimana namanya, BNI Mobile Banking adalah layanan perbankan yang ditawarkan oleh Bank BNI dalam mempermudah proses transaksi secara langsung melalui smartphone, secara mudah dan cepat. 

Inovasi yang dilakukan oleh Bank BNI dalam hal ini seiring dengan tuntutan akan kemudahan proses transaksi perbankan yang sampai saat ini masih terus mengalami perkembangan.

Adapun jenis transaksi yang bisa kamu lakukan melalui BNI Mobile Banking antara lain adalah, pengecekan saldo, transfer, pembukaan rekening, pembelian produk investasi, hingga pembayaran tagihan telepon, kartu kredit, internet, pulsa, dll.

Untuk dapat mengakses transaksi-transaksi tersebut, kamu harus mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking versi terbaru, yang bisa didapatkan di App Store bagi pengguna iOS, ataupun Google Play untuk pengguna Android.

Jika kamu adalah nasabah Bank BNI dan ingin menikmati layanan yang satu ini, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian melakukan aktivasi akun BNI Mobile Banking.

Cara Registrasi Akun BNI Mobile Banking

Sebelum melakukan registrasi, ada beberapa persyaratan keanggotan BNI Mobile Banking yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan tersebut antara lain, a) harus memiliki rekening tabungan Bank BNI; b) berusia 15 tahun minimal; c) melakukan pengisian formulir registrasi di Kantor Cabang (bagi yang melakukan registrasi di Kantor Cabang Bank BNI.

Untuk meregistrasikan tabungan BNI kamu ke layanan BNI Mobile Banking, kamu perlu mengunjungi kantor cabang BNI terdekat terlebih dahulu. Di sini kamu akan langsung mendapatkan pengarahan yang jelas dari customer service yang bertugas.

Perlu diketahui, dalam melakukan registrasi ini kamu tidak diperbolehkan diwakili oleh orang lain. Jadi, proses registrasi ini harus dilakukan oleh nasabah itu sendiri.

Adapun dokumen yang perlu kamu siapkan antara lain:

  1. Identitas pribadi yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport),
  2. Buku rekening tabungan atas nama sendiri,
  3. Kartu Debit Bank BNI.
  4. Nomor HP dan email milik pribadi.

Selain dilakukan melalui Kantor Cabang, registrasi BNI Mobile Banking juga bisa dilakukan melalui smartphone saja. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Unduh aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. Setelah diinstall, masuk ke dalam aplikasi.
  3. Pada tampilan awal pilih tampilan ‘Registrasi’. 
  4. Setelah itu, akan ada tampilan syarat dan ketentuan, baca poin-poinnya terlebih dahulu, dan setelah itu, apabila kamu menyetujuinya pilih ‘ya, saya setuju’.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta mengisi identitas pribadi berupa, Nomor Rekening, PIN ATM, Email, Tanggal Lahir, NIK (No. KTP), dan pembuatan User ID. Jika semua telah terisi, pilih ‘Daftar’. 
  6. Selanjutnya pihak Bank BNI secara otomatis akan mengirimkan kode unik berupa 6 angka, ke email yang sebelumnya telah didaftarkan. Cek email-mu kemudian masukkan 6 angka yang tertera. 
  7. Terakhir kamu akan diarahkan ke halaman yang menyatakan bahwa User ID-mu telah teregistrasi.

Cara Aktivasi Akun BNI Mobile Banking

Setelah membuat akun, selanjutnya perlu dilakukan aktivasi untuk dapat menggunakan layanan BNI Mobile Banking. Aktivasi ini harus dilakukan oleh nasabah Bank BNI itu sendiri, menggunakan smartphone pribadi nasabah, dan tidak bisa diwakilkan. Selain itu, setiap nasabah hanya bisa mengaktifkan 1 akun BNI Mobile Banking pada 1 smartphone. 

Proses aktivasi ini pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking yang sebelumnya telah terinstal.
  2. Pada tampilan awal, pilih ‘Masuk’.
  3. Masukan User ID, No. Kartu Debit, serta pilih Lokasi Negara. Setelah itu, pilih ‘Ya, Kirim OTP’.
  4. Kamu akan menerima SMS berupa kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya. Perlu diingat, untuk mendapatkan SMS ini, pastikan nomor HP-mu terisi pulsa yang cukup.
  5. Setelah memasukkan kode OTP, kamu akan diarahkan ke halaman yang menyatakan bahwa aktivasi BNI Mobile Banking telah berhasil.

Setelah akun teraktivasi, kamu bisa segera menikmati berbagai proses transaksi Bank BNI secara online. 

Untuk keamanan, jagalah kerahasiaan User ID, PIN, serta Password BNI Mobile Banking dengan baik, dengan tidak memberitahukannya kepada siapapun, sekalipun petugas bank. Hal ini tentunya penting untuk mengantisipasi penyalahgunaan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Selain itu, hindari mencatat dan menyimpan User ID, PIN, serta Password tersebut pada media yang mudah terlihat oleh orang lain. Berhati-hatilah agar media penyimpanan yang dipilih tidak mudah tercecer dan diketahui orang lain. 

BNI Mobile Banking memang tidak dapat disangkal telah memberikan kenyamanan dan keleluasaan dalam bertransaksi tanpa harus antre berjam-jam di bank. Dengan adanya Mobile Banking, kamu dapat dengan mudah memiliki akses ke akun Bank BNI pribadi. 

Selain itu, kamu tidak perlu capek-capek ke ATM jika ingin mentransfer duit. Awal bulan penasaran gajian sudah cair atau belum, tinggal buka aplikasi mobile banking ini. Pengelolaan tabungan kamu akan lebih mudah di-track. 

Nah sekian dulu penjelasan tentang aplikasi BNI Mobile Banking. Sekarang bayar tagihan listrik, air, dan internet bisa kamu lakukan dengan mudah. Oleh karena itu pastikan rekening kamu terisi dana yang cukup.

Apabila rekening m-banking kamu masih kosong karena belum gajian, atau gajian sebelumnya sudah terlanjur habis, sedangkan banyak tagihan bulanan yang akan jatuh tempo, kamu bisa banget menggunakan jasa pinjaman tanpa jaminan dari Kredit Pintar.  

kredit pintar

Kredit Pintar merupakan salah satu perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman dana bagi kamu yang sedang membutuhkan. Perusahaan ini memiliki visi meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik, dengan menyediakan akses pinjaman tanpa jaminan. 

Dalam hal keamanan, Kredit Pintar telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itu artinya, setiap kebijakan dan langkah yang diambil oleh Kredit Pintar tidak akan pernah menyalahi regulasi keuangan yang berlaku di Indonesia. 

Saat ini Kredit Pintar melayani ratusan ribu peminjam aktif. Banyaknya pelanggan yang memilih penyedia pinjaman tanpa jaminan yang satu ini, tentu berkaitan dengan kemudahan proses aplikasinya, serta cepatnya pencairan dana. Hanya dalam waktu 1×24 jam saja, dana yang kamu butuh kan sudah cair ke rekening m-banking.

So, tunggu apa lagi, segera kunjungi situs Kredit Pintar untuk mendapatkan pinjaman, biar m-bankingnya gak kosong-kosong banget.