BNI Direct: Kenali 6 Layanan Terbaiknya dan Berbagai keunggulannya

18 Jun 2021 by kreditpintar
BNI Direct: Kenali 6 Layanan Terbaiknya dan Berbagai keunggulannya

Penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki sistem transaksi keuangan yang sistematis, cepat, dan terdokumentasi dengan baik. Apalagi berhubung sekarang segala hal sudah didigitalisasi, perusahaan harus memenuhi ekspektasi bahwa semua transaksi bisa dilakukan secara online dan tanpa ribet. BNI Direct merupakan layanan dari Bank BNI yang berfungsi mengelola transaksi keuangan suatu perusahaan atau non-perorangan secara online. Mulai dari pembayaran pajak, pencetakan rekening koran dan nota transaksi, sampai transfer mancanegara dengan mata uang asing, ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan BNI Direct.

Keuntungan Menggunakan BNI Direct

1. Berbagai Layanan yang Memudahkan Transaksi Perusahaan

Layanan ini menawarkan berbagai layanan yang dapat Sobat Pintar gunakan demi memperlancar transaksi perusahaan Sobat Pintar. Beberapa layanan tersebut antara lain:

Cek Mutasi Rekening dan Mencetak Rekening Koran

Disebut BNI e-Report, BNI e-Report adalah layanan BNI Direct yang fungsinya memberi laporan saldo dan mutasi perusahaan. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan perusahaan untuk mencetak rekening koran dan nota transaksi sendiri tanpa harus datang ke kantor bank.

Transfer Antar Negara dalam Dolar

Selain dapat melakukan transfer menggunakan mata uang rupiah kepada rekening lain dalam negeri, BNI Direct juga menyediakan layanan transfer mancanegara. Transfer ke negara lain ini juga dapat dilakukan dengan mata uang rupiah maupun mata uang asing.

Layanan ini juga menyediakan informasi-informasi mengenai keuangan yang dapat membantu Sobat Pintar melakukan perencanaan keuangan perusahaan Sobat Pintar. Sobat Pintar dapat mengakses informasi berupa nilai tukar mata uang, suku bunga, dan IHSG.

Multi Transfer

Keuntungan selanjutnya adalah fitur multi transfer dalam waktu bersamaan. Jadi Sobat Pintar dapat melakukan transfer ke lebih dari satu rekening secara serempak.

Fitur ini terutama akan sangat berguna dalam hal pembayaran gaji karyawan. Dengan layanan ini, karyawan-karyawan Sobat Pintar akan menerima gaji pada waktu bersamaan dan tidak akan ada karyawan yang terlambat menerima gaji. 

Pembayaran Pajak Secara Online

BNI Direct juga menyediakan layanan pembayaran pajak perusahaan langsung secara online. Surat Setoran Pajak pun bisa dicetak sendiri.

Pembayaran Biaya Operasional

Menggunakan fitur E-Billing, Sobat Pintar dapat menggunakan BNI Direct untuk pembayaran biaya operasional seperti tagihan listrik dan telepon.

Autodebet

Keuntungan lain dari BNI Direct adalah layanan autodebet. Sobat Pintar dapat menetapkan transaksi apa saja yang Sobat Pintar inginkan menjadi autodebet. Biasanya transaksi yang dibuat autodebet adalah pembayaran layanan bank, pajak, dan biaya operasional lain. Hal ini dapat membantu mengurangi tugas yang harus dilakukan secara manual oleh user. Autodebet juga dapat membantu agar tiap bulan pengeluaran dengan prioritas tertinggi dilakukan terlebih dahulu daripada pengeluaran-pengeluaran lain. 

Pembelian Produk Pertamina (BNI Pops)

PT Pertamina merupakan salah satu mitra usaha BNI. Maka dari itu, BNI Direct menerima pemesanan dan pembayaran dari pelanggan atas pembelian produk Pertamina dengan sistem Host to Host.

Layanan ini juga menyediakan fitur cash & carry yang berfungsi melakukan simulasi pemesanan sebelum melakukan pemesanan produk Pertamina. Fitur lain yang dapat digunakan pengguna layanan ini adalah resubmit, yang berfungsi melakukan perubahan terhadap status Sales Order yang masih ‘block’ menjadi ‘open’ apabila transaksi memakan waktu yang lama karena sistem mengalami time-out.

2. Adanya Fitur Nomor Identifikasi Pelanggan Perusahaan

Setiap nasabah yang mendaftarkan perusahaan mereka di BNI Direct memiliki nomor identifikasi atau ID perusahaan yang unik. Nomor ID perusahaan ini digunakan sebagai nomor rekening yang menjadi tujuan transaksi.

3. Pelayanan yang Fleksibel dan Proses Transaksi Cepat

Layanan online ini tidak memiliki batasan jam operasional, alias beroperasi 24 jam. Asalkan terhubung pada internet, Sobat Pintar dapat melakukan transaksi perusahaan kapanpun sesuai kebutuhan. Selain itu, tiap transaksi langsung diproses secara real time.

4. Aman dari Peretasan

Untuk mengakses BNI Direct perusahaan dibutuhkan Company ID, User ID, dan password yang semuanya bisa ditentukan sendiri, serta BNI e-Secure (token). Token ini merupakan alat pengaman sebagai alat otorisasi melakukan transaksi.

Sobat Pintar juga dapat menentukan User Level yang terdiri dari Maker, Approver, dan Releaser. User Maker merupakan pengguna yang berwenang melakukan input perintah transaksi. Sementara itu, User Approver berwenang melakukan persetujuan. User Approver dan User Releaser memegang e-Secure. Jumlah user dapat ditambahkan maupun dikurangi sesuai kebutuhan.

Transaksi juga menggunakan enkripsi yang menghindarkan dari peretasan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Layanan ini memiliki sertifikasi Verisign Protection Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bi.

5. Dapat Diakses Menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris

Hal ini memudahkan apabila ada pengguna yang merupakan karyawan asing.

6. Pendaftarannya Sangat Mudah

Sebelum mendaftar, pastikan Sobat Pintar memiliki perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang layanan BNI Direct. Perangkat yang dibutuhkan hanyalah PC/laptop dengan processor minimal Intel Core Duo CPU 3 GB, RAM minimal 2GB, dan hard disk minimal 80 GB. OS yang harus dipasang adalah Microsoft Windows Professional versi 202 Service Pack 2, kemudian dibutuhkan software Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Internet Explorer versi 7.

Setelah memastikan perusahaan Sobat Pintar memiliki hal-hal tersebut, selanjutnya Sobat Pintar harus melakukan pendaftaran. Cara daftar BNI Direct sangat mudah dan tidak membutuhkan proses yang lama, serta sangat dibantu oleh pegawai BNI.

Cara Daftar BNI Direct

Jika Sobat Pintar tertarik menggunakan layanan BNI Direct, Sobat Pintar dapat langsung mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Berkas-berkas yang perlu Sobat Pintar bawa antara lain KTP atau kartu identitas lain, fotokopi dokumen Anggaran Dasar Perusahaan berikut perubahannya yang terakhir/Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/Izin Usaha, dan NPWP perusahaan. Lakukan permohonan pendaftaran pada konter customer service.

Isi formulir pendaftaran. Setelah menyerahkan formulir yang sudah Sobat Pintar isi dengan lengkap, pegawai Bank akan mengurus pengajuan pembukaan rekening Sobat Pintar dan permohonan diajukan ke kantor pusat BNI. Proses di kantor cabang BNI selesai.

Setelah kantor pusat menyetujui permohonan Sobat Pintar, email perusahaan Sobat Pintar akan menerima email dari BNI pusat yang berisi kata sandi BNI Direct perusahaan. Pegawai dari BNI juga akan secara langsung datang ke kantor Sobat Pintar untuk membantu Sobat Pintar dalam pengaktifan BNI Direct. Setelah pengaktifan berhasil, Sobat Pintar akan dapat login sendiri ke akun BNI Direct perusahaan Sobat Pintar kapan saja.

Cara Mengakses Layanan BNI Direct

  1. Buka browser kepercayaan Sobat Pintar. Pergi ke https://bnidirect.bni.co.id/
  2. Masukkan ID perusahaan, ID pengguna, dan password. Jika Sobat Pintar sedang mengakses BNI Direct untuk pertama kali, salin ketiga data ini dari email yang dikirimkan oleh BNI pusat.
  3. Login untuk masuk ke BNI Direct. Jika Sobat Pintar sedang mengakses BNI Direct untuk pertama kali, Sobat Pintar akan diminta untuk mengubah kata sandi Sobat Pintar menjadi kata sandi buatan Sobat Pintar sendiri. Buatlah kata sandi yang rumit, tidak mudah ditebak, dan terdiri dari karakter huruf, angka, dan karakter lain.
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk