Bisnis Rental PS Simak Peluang dan Keuntungannya Disini!

22 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2022

Bisnis rental PS mulai dilirik menjadi salah satu ide bisnis menjanjikan karena mendatangkan cuan lebih cepat. Butuh ide bisnis 2023, rental PS layak coba. Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba. Rencanakan saja bagaimana memulai bisnis yang Anda pilih, kemudian lakukan eksekusi. 

Baca juga: 3 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil bagi Pemula

Ketahui Peluang dan Keuntungan Bisnis Rental PS Beserta Cara Memulainya

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang cukup signifikan di semua bidang kehidupan. Salah satunya adalah munculnya berbagai game berbasis teknologi. Inilah faktor penyebab mengapa anak-anak tak lagi berminat pada permainan tradisional.

Belum lagi peran para pengembang yang terus update mengikuti perkembangan zaman. Hal ini akan semakin menambah antusiasme para pecinta game online maupun console. Peluang usaha rental PS cukup menjanjikan karena:

Semakin Banyak Anak Menyukai Game

Fakta di lapangan membuktikan bahwa jumlah anak yang suka bermain game semakin meningkat. Hal ini karena game yang tersedia ada banyak jenisnya sehingga mereka tidak akan merasa bosan.

Mayoritas Tidak Suka Bermain Sendiri

Peluang bisnis rental PS menjadi usaha yang menjanjikan berikutnya adalah anak-anak lebih suka bermain bersama. Bagi mereka hal ini merupakan kesenangan tersendiri.

Mereka menganggap bahwa bermain bersama teman lebih seru dan mengasyikkan. Tak mengherankan apabila waktu liburan tiba, tempat rental PS ramai dikunjungi anak-anak.

Lebih Menyukai Game Berbau Digital

Daripada game berbasis tradisional, anak-anak lebih menyukai game yang berbau digital. Game digital akan memberikan pengalaman bermain yang berbeda. Lebih seru dan lebih atraktif.

Hampir setiap hari bermunculan game-game terbaru. Inilah yang membuka peluang bisnis rental PS tak lekang oleh waktu. 

Modal Sedikit, Namun Untung Besar

Dengan modal kurang lebih Rp 3,5 juta, Anda sudah bisa memiliki satu unit PS baru lengkap dengan segala peralatannya.  Dengan besaran modal tersebut, pilihlah produk mesin PS berkualitas dengan harga sepadan.

Akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan harga grosir sehingga bisa memangkas modal dan mengalokasikannya ke hal lain, misal untuk membayar tempat usaha bisnis rental PS atau menambah jumlah PS. 

Baca juga: 5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan untuk Tambah Penghasilan

Target Pasar Luas

Tak dapat dipungkiri bahwa pecinta game tidak hanya berasal dari kalangan anak-anak saja, tetapi semua kalangan usia. Jadi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga akan mencari tempat penyedia game PS.

Faktanya, orang dewasa juga membutuhkan hiburan, dan bermain game menjadi salah satu cara terbaik. Kesimpulannya, peminat PS banyak jumlahnya.

Memiliki Sistem yang Bisa Update Kapanpun

Kelebihan PS dengan memiliki sistem yang mudah di update setiap saat juga menjadi peluang bisnis rental PS berkembang dengan baik. Ini membuat pilihan game tersedia dalam jumlah banyak berikut versinya.

Profit Margin Rental PS Cukup Tinggi

Bermain game atau PS belum puas jika hanya dimainkan sekali saja. Mengingat biaya sewa cukup murah maka tidak menutup kemungkinan para pemain akan meminta tambahan waktu sewa. Umumnya, harga sewa PS cukup murah perjamnya.

Anda bisa mengalikan biaya sewa dengan durasi waktu sewa. Semakin lama sewanya, maka biaya menyewa juga bertambah. Apabila Anda jumlah maka akan menghasilkan omzet yang sangat menakjubkan.

Setelah mengetahui bahwa rental PS adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, apakah timbul ketertarikan dalam diri Anda? Berminat membuka usaha rental namun bingung bagaimana cara memulainya? 

Cara Mengawali Bisnis Sewa PS

Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan rental PS. Perlu Anda ketahui bahwa tidak sedikit usaha rental yang telah gulung tikar.

Pasalnya, usaha ini cukup kompetitif. Namun, tak sedikit pula yang masih bertahan hingga saat ini. 

Bisnis apapun dapat berkembang dengan baik asalkan tepat caranya, termasuk bisnis rental PS ini. Bingung memulainya? Simak ulasan menarik berikut ini.

  • Tentukan lokasi. Mengingat bahwa target atau peminat PS adalah kalangan anak dan remaja, maka pilih tempat usaha yang strategis. Cari tahu terlebih dahulu seberapa banyak peminat PS di tempat yang rencananya akan Anda jadikan tempat usaha.
  • Persiapkan modal. Modal untuk membeli satu unit PS tidak sedikit. Padahal Anda membutuhkan tidak hanya satu unit saja. Belum lagi alokasi biaya untuk peralatan penunjang yang lain. 
  • Cari peralatan PS terbaik. Mengingat persaingan usaha rental PS begitu sengit, Anda tidak boleh asal mengelolanya. Akali hal ini dengan menyediakan peralatan terbaik sehingga konsumen merasa puas. Besar kemungkinan mereka akan kembali ke tempat sewa Anda.
  • Update game PS. Anda juga perlu tahu seluk beluk PS. Hal ini dalam rangka mengetahui game tren yang sedang digandrungi pecinta game. Cara ini juga merupakan cara sederhana untuk mengoleksi game populer yang disukai konsumen.

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Cara Mengelola Bisnis Rental PS

Setelah mengetahui cara memulai, Anda juga harus paham bagaimana cara mengelolanya. Ini agar usaha rental tidak hanya seumur jagung.

  • Ketahui cara merawat dan memperbaiki PS. PS merupakan perangkat yang rentan rusak. Padahal satu unitnya mahal harganya. Dengan mengetahui cara merawat serta memperbaiki kerusakan PS, otomatis Anda telah memangkas budget. Ini juga menjadi keuntungan bagi Anda.
  • Promosi bisnis rental PS juga memegang andil penting. Supaya efektif, lakukan promosi di wilayah terdekat dahulu. Tak ada salahnya membuat pamflet kemudian menitipkannya di tempat yang sering dikunjungi orang seperti barber shop.
  • Berikan pelayanan terbaik karena pelayanan inilah yang menjadi kunci puas atau tidaknya konsumen yang datang. Bila pelayanan rental PS baik, kemungkinan besar mereka akan membantu merekomendasikannya ke orang lain.
  • Memasang tarif yang sesuai. Lakukan survey harga terlebih dahulu. Hindari memasang harga sewa terlalu tinggi, namun jangan terlalu murah. Untuk menentukannya, mulailah dengan menghitung pengeluaran harian.
  • Anda harus menyesuaikan harga sewa dengan segmentasi pasar, dalam hal ini adalah target utama penikmat game. Bila pengunjungnya adalah anak usia SD, pasang tarifnya sesuai kemampuan mereka. 
  • Kembangkan bisnis rental PS dengan menggabungkan beberapa usaha yang relevan. Ini bisa menjadi tambahan penghasilan. Misalkan saja buka juga toko gim yang menjual merchandise gim atau figurine karakter game. 
  • Pastikan provider internet lancar bila rental PS yang hendak Anda buka adalah PS5 atau game yang kompatibel dengan PS4. Bila internet lancar maka konsumen merasa nyaman.
  • Hindari membeli game bajakan untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi.
  • Sediakan pula layanan sewa PS untuk dibawa pulang ke rumah konsumen. Hal ini menjadi layanan menarik bagi para konsumen. 

Berapa Besar Modal Rental PS

Modal adalah poin penting untuk menjalankan sebuah usaha. Khusus untuk modal sewa PS, besar modal yang harus Anda persiapkan tidaklah sedikit.

Rincian sebagai gambaran untuk membeli satu unit PS 2 adalah sekitar 1 juta sedangkan satu unit PS 3 kurang lebih 2,5 juta. Supaya berfungsi dengan baik, Anda harus melengkapinya dengan peralatan penunjang seperti meja dan perangkat lainnya.

Alokasi besarnya dana untuk membeli kursi dan perangkat lain kurang lebih sebesar 4 juta per unit PS. Jadi, untuk memiliki 1 unit PS beserta peralatan lengkapnya adalah sebesar Rp 4 juta.

Kini sudah siapkah Anda membuka bisnis rental PS rumahan? Pastikan Anda sungguh-sungguh mengelolanya mengingat modal untuk memulai rental tidak sedikit.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Dec 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download