Bingung Pilih Bank, Simak Perbedaan Bank Digital Vs Bank Tradisional

Bingung Pilih Bank, Simak Perbedaan Bank Digital Vs Bank Tradisional

24 May 2021 by kreditpintar
bank digital

Berbicara mengenai bank-bank yang ada di Indonesia seperti sekarang ini, tahukah Sobat Pintar mengenai perbedaan yang signifikan antara bank non tradisional dengan bank konvensional? Nah, bagi Sobat Pintar yang penasaran mengenai perbedaan kedua badan usaha yang memiliki fungsi untuk menyimpan keuangan masyarakat dengan jaminan terpercaya ini, bisa menyimak informasi lengkapnya sebagai berikut.

Secara umum, bank merupakan badan usaha yang memiliki fungsi dalam menyimpan dana dari masyarakat dengan memberikan jaminan keamanan terbaik. Dalam hal ini, bank memiliki benefit tersendiri bagi masyarakat. Di antaranya seperti dapat menyimpan uang dengan mudah dan praktis, keamanan penyimpanan terjamin, bebas dalam melakukan transaksi dan masih banyak lagi.

Jika membahas mengenai bank-bank yang ada di tengah masyarakat seperti sekarang ini, umumnya tersedia dalam 2 jenis yakni bank digital dan bank konvensional. Dari kedua bank tersebut, memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi masyarakat. Sebelum membahas mengenai kelebihan maupun kerugian dari kedua bank tersebut, Sobat Pintar perlu menyimak mengenai definisinya terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud Bank Digital?

Bank non tradisional merupakan suatu badan usaha yang melakukan kegiatan pelayanan penyimpanan dana masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tertentu dan koneksi jaringan internet. Dalam bank ini, masyarakat bisa menggunakan jasa layanan dalam hal pembukaan dan penutupan rekening yang dilakukan secara online tanpa harus mendatangi alamat kantornya langsung.

Hal ini jauh berbeda dengan bank konvensional yang merupakan badan usaha yang memberikan layanan penyimpanan dana kepada masyarakat secara langsung seperti yang ditemui pada bank-bank pada umumnya. Jika bank non tradisional melakukan kegiatannya secara online, maka untuk bank yang satu ini dilakukan secara langsung. Di mana, masyarakat harus mendatangi kantor bank tersebut jika ingin untuk membuka atau menutup rekening. 

Bank Digital Menawarkan Pelayanan Apa Saja ke Nasabah?

Layanan Bank Online

Umumnya, layanan ini memberikan penawaran kepada masyarakat atau biasa disebut dengan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, baik secara finansial maupun non finansial secara online. Dalam internet banking ini, biasanya memudahkan nasabah dalam melakukan transfer dana, memberi informasi tertentu (saldo, mutasi rekening, dan lain-lain) maupun layang menarik lainnya.

Layanan Bank Digital Phone Banking

Untuk layanan yang satu ini, nasabah biasanya dapat melakukan transaksi perbankan lewat telepon untuk bisa berinteraksi dengan pihak bank secara langsung. Dalam pelayanan yang diberikan pihak bank kepada nasabah antara lain seperti transfer dana, mutasi rekening, berbagai tagihan pembayaran kebutuhan sehari-hari (PLN, kartu kredit, ponsel, listrik, asuransi, telepon dan lain-lain) hingga melayani pembelian isi pulsa layaknya konter pada umumnya.

Layanan Mobile Banking

Layanan yang tak kalah populer zaman sekarang yakni mobile banking yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Dengan keuntungan fitur teknologi yang mumpuni, mampu memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Di antaranya seperti mutasi rekening, informasi saldo, transfer dana, informasi nilai tukar, pembayaran tagihan (PLN, telepon, listrik dan lain-lain, serta pembelian pulsa maupun saham.

mobile banking

Tahukah Sobat Pintar Perbedaan Bank Digital Vs Bank Tradisional?

Dilihat dari Segi Tarif dan Biaya

Jika bank konvensional umumnya membebankan biaya kepada nasabah dalam melakukan rekening giro, maka untuk bank canggih seperti bank non tradisional jauh berbeda. Hal ini terlihat dari pihak bank yang sama sekali tidak membebankan biaya kepada nasabah terkait rekening giro untuk beberapa keperluan. Di antaranya seperti pengelolaan uang, transfer dana dan membayar tagihan. Sehingga, Sobat Pintar bisa menyimpulkan mengenai bank mana yang memberikan keuntungan, bukan?

Dilihat dari Segi Kartu Kredit dan Debit

Sama halnya seperti bank pada umumnya, kedua bank tersebut juga sama-sama memberikan layanan kepada nasabah dalam hal kartu kredit dan debit. Meski demikian, antara keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Kelebihan di bank canggih dan modern ini, Sobat Pintar tidak perlu lagi membayar biaya tahunan untuk memelihara kartu. Sementara untuk bank yang lama jarang menawarkan hal tersebut. 

Dilihat dari Segi Penawaran Software yang Digunakan

Jika dilihat dari segi layanan aplikasi yang ditawarkan, kedua bank tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dibandingkan dengan bank konvensional, bank non tradisional memiliki fitur aplikasi yang lebih lengkap dan canggih untuk digunakan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara umum. Sementara untuk bank lama, biasanya seringkali membuat nasabah kesulitan lantaran akses aplikasi yang terlalu sulit untuk dilakukan sehingga tidak bekerja secara optimal.

Dilihat dari Segi Komunikasi Pihak Bank

Bagi sebagian besar orang mungkin akan lebih memilih menggunakan bank lama dibandingkan dengan bank modern dari segi komunikasi. Sebab bank modern terkadang tak sedikit membuat orang-orang kurang paham mengenai informasi tertentu karena tidak dilakukan secara langsung dalam pelayanannya. Berbeda dengan bank lama yang memudahkan orang-orang untuk mengetahui detail informasi secara langsung dari pihak bank terkait transfer perbankan.

Keuntungan Menggunakan Bank dalam Kehidupan Sehari-hari

Bank Lama / Tradisional

Jika berbicara mengenai benefit jenis bank yang satu ini, maka nasabah tidak perlu lagi dalam hal pengenalan badan usaha yang dijalankan pada umumnya. Meskipun memiliki pelayanan secara digital namun bank ini fokus utamanya memberikan pelayanan secara langsung kepada nasabah. Tentu saja, hal ini akan memudahkan orang-orang untuk mengambil tindakan yang tepat dalam penyimpanan dana yang diperlukan, bukan?  

Selain itu, bank ini juga lebih mudah dalam memberikan pelayanan dalam hal memberikan informasi penting secara langsung kepada nasabah. Dengan begitu, nasabah akan lebih jelas untuk melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa takut mengalami kesalahan yang terjadi sewaktu-waktu.

Bank non tradisional

Sementara itu, untuk jenis bank ini memiliki benefit dari segi praktis dan modern dari pelayanan yang diberikan. Meskipun pada konsep awalnya cukup membingungkan nasabah, namun siapa sangka jika bank ini justru menjadi pilihan alternatif bagi orang-orang yang ingin melakukan transaksi perbankan secara online tanpa harus mendatangi alamat kantor bank tersebut.

Bahkan, dengan banyaknya layanan yang ditawarkan kepada nasabah, tentu saja hal ini akan menarik untuk digunakan di zaman serba canggih seperti sekarang ini, bukan? Sehingga, Sobat Pintar tidak perlu lagi repot-repot mengurus masalah transaksi perbankan dengan membuang-buang waktu karena harus menunggu antrian yang panjang. 

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antara bank tradisional vs bank non tradisional dari segi benefit maupun yang lainnya sebenarnya tergantung dari penilaian masing-masing orang. Sebab, keduanya sama-sama memberikan pelayanan dalam masalah transaksi perbankan maupun peminjaman dana bagi nasabah. Meskipun dalam hal peminjaman dana pun sedikit rumit untuk dilakukan. Oleh karena itu, ada baiknya Sobat Pintar memilih jasa pinjaman online yang aman dan terpercaya di Kredit Pintar. Di layanan pinjaman online ini, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman dana dengan syarat & ketentuan yang mudah dan tentunya cepat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk