Berapa Biaya Notaris Jual Beli Rumah?

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Memiliki rumah menjadi banyak impian masyarakat, dimana harga yang mahal tidak menjadi persoalan. Apalagi sekarang pemerintah pun juga sudah memberikan bantuan dengan adanya KPR bersubsidi. Ketika membeli rumah, maka Anda tidak hanya mempertimbangkan harga, tapi biaya notaris jual beli rumah. 

Berapa Biaya Notaris Jual Beli Rumah?

Notaris memiliki peran sangat penting dalam urusan jual beli tanah. Bisa dikatakan notaris adalah seorang pejabat umum yang mempunyai wewenang. Kewenangan yang dimiliki notaris sendiri juga sudah diatur dalam Undang-Undang. Jadi, siapapun yang ingin melakukan aktivitas jual beli tanah dan bangunan, notaris sangatlah diperlukan. 

Lalu, berapa biaya jasa notaris? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya dalam artikel ini. 

Baca juga: Kalkulator Online KPR: Simulasi Hitung KPR Dengan Mudah | Kredit Pintar

Fungsi dan Kewajiban Notaris Jual Beli Rumah 

Sebelum mengetahui biayanya, ada baiknya Anda tahu dulu apa saja fungsi dan kewajiban dari notaris. Kenapa? Karena dengan mengenali fungsi dan kewajiban notaris, Anda jadi memahami betapa penting pejabat umum ini dalam urusan jual beli tanah dan bangunan. Berikut ini adalah penjelasannya: 

  1. Fungsi Notaris 

Dalam Undang-Undang yang mengatur jabatan notaris, telah dijelaskan apa saja fungsi dari profesi ini, seperti berikut: 

  • Melakukan pencatatan serta pembukuan akan surat maupun dokumen bawah tangan di dalam buku khusus. 
  • Membuat duplikat atau salinan akan sertifikat bawah tangan. 
  • Melakukan pengesahan dan mencocokan dari fotokopi dengan surat yang asli. 
  • Memberikan pemahaman akan hukum terhadap masyarakat yang berhubungan pembuatan akta. 
  • Membuatkan akta yang mempunyai hubungan akan pertanahan dan bangunan. 
  • Melakukan koreksi akan kesalahan ketik atau menulis di minuta akta. 

Dari penjelasan di atas, jelas sekali bahwa notaris lah yang mempunyai wewenang akan pengesahan akta tanah dan bangunan. 

  1. Kewajiban Notaris 

Sedangkan untuk kewajiban notaris adalah: 

  • Jujur serta tidak berpihak baik dari pembeli dan penjual. 
  • Membuat serta menyimpan akta, dimana sudah dalam bentuk minuta. 
  • Menyertakan serta melekatkan dokumen dan surat disertai dengan sidik jari dari kedua belah pihak. 
  • Mengeluarkan dokumen salinan akta, kutipan akta maupun grosse akta yang berdasarkan akan minuta akta. 
  • Menjaga serta merahasiakan seluruh hal yang terkait dengan akta yang telah dibuat notaris. 
  • Menulis serta membukukan akta yang telah dibuat dalam waktu maksimal satu bulan. Biasanya dalam satu buku dapat memuat 50 akta lebih. 

Notaris harus menjalankan kewajiban tersebut tanpa terkecuali. Apabila ternyata tidak melakukan kewajiban yang tercantum, maka bisa saja izin dicabut. 

Biaya Notaris Jual Beli Rumah Terbaru 

Biaya notaris jual beli rumah terbagi lagi dalam beberapa kriteria. Dimana seluruh kriterianya memang harus ada ketika Anda ingin bertransaksi properti. Berapa biayanya? Berikut ini adalah penjelasannya: 

  • Pembiayaan sertifikat Rp. 100 ribu. 
  • Pembiayaan SK 59 Rp. 1 juta. 
  • Pembiayaan validasi pajak Rp. 200 ribu. 
  • Pembiayaan AJB atau Akta Jual Beli Tanah Rp. 2,4 juta. 
  • Pembiayaan BBN atau Biaya Balik Nama Rp. 750 ribu. 
  • Pembiayaan SKMHT atau Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan Rp. 250 ribu. 
  • Pembiayaan untuk Akta Pemberian Hak Tanggungan Rp. 1,2 juta.

Secara keseluruhan, bisa di total bahwa biaya yang Anda perlukan untuk jasa notaris jual beli rumah adalah sekitar Rp. 5 jutaan. Cukup tinggi memang, tapi ini adalah biaya yang sudah disepakati bersama.

Baca juga: Cara Pintar Memulai Bisnis Properti Pemula | Kredit Pintar

Tips Mencari Notaris Jual Beli Rumah yang Terpercaya 

Dalam memilih notaris pun Anda tidak bisa asal saja. Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini banyak notaris yang tidak memegang amanah. Bahkan ada yang terlibat kasus mafia tanah seperti yang dialami oleh artis Nirina Zubir. Supaya Anda tidak salah pilih, berikut ini adalah tips mencari notaris yang tepat: 

  1. Notaris Sudah Terdaftar 

Jika Anda ingin mencari notaris yang terpercaya, lebih baik yang sudah terdaftar di INI atau Ikatan Notaris Indonesia. Seluruh notaris yang sudah terdaftar, biasanya akan bergabung di INI. Lembaga yang satu ini tidak hanya melindungi notaris di Indonesia saja, tapi juga masyarakat. 

Agar Anda tidak tertipu dengan oknum yang mengaku notaris, maka lebih baik cek terlebih dahulu di INI. Caranya sangatlah mudah, Anda dapat mengunjungi langsung ke situs www.ini.id. Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan menghubungi nomor telepon kantor pusat INI di (021) 63861919. 

Bagi Anda yang sekiranya juga mendapatkan kendala mendapatkan notaris jual beli rumah yang terpercaya, bisa langsung bertanya ke Ikatan Notaris Indonesia. Mereka tidak akan segan untuk membantu Anda menemukan notaris terdekat. 

  1. Portofolio Sangat Penting 

Perlu Anda perhatikan bahwa jangan hanya memilih notaris yang terkenal saja. Anda harus juga memperhatikan kinerjanya. Tanyakan saja seluruh rincian kerja yang pernah dilakukan notaris yang Anda pilih. Misalnya dengan kapan urusan dokumen bisa selesai, berapa biaya dan lain sebagainya. 

Anda juga perlu bertanya tentang portofolio si notaris yang Anda pilih. Perhatikan siapa saja klien yang pernah ditangani olehnya. Apabila si notaris pernah menangani klien dari bank-bank yang ada di Indonesia, maka bisa dipastikan bahwa ia adalah notaris terpercaya. 

Kenapa? Karena bank dikenal sebagai lembaga yang sangat ketat akan urusan likuiditas. Mereka tidak akan seenaknya saja memilih notaris. Jadi, jika notaris pilihan pernah berkali-kali menangani bank, sangat disarankan untuk dipilih. 

  1. Jujur dan Berintegritas Tinggi 

Tidak hanya dari portofolio saja yang Anda lihat, tapi juga dari kejujuran dan integritas dari notaris yang Anda pilih. Ini tidak ada hubungan dengan umur atau pengalaman. Karena kejujuran itu berasal dari hati dan tidak semua notaris memilikinya. Anda harus benar-benar teliti melihat sifat ini. 

Notaris yang jujur biasanya akan menjelaskan dengan detail apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mengurus jual beli tanah. Karena sejatinya selain mengesahkan akta, notaris mempunyai kewajiban untuk memberikan penyuluhan agar masyarakat mengerti betapa pentingnya pembuatan akta atau sertifikat tanah dan bangunan. 

  1. Minta Rekomendasi dari Orang Terdekat 

Apabila Anda benar-benar membutuhkan notaris yang terpercaya dan tidak tahu mencari dimana, tidak ada salahnya bertanya kepada orang terdekat seperti keluarga atau teman. Tanyakan kepada mereka yang punya pengalaman dengan notaris professional. 

Walaupun tidak sepenuhnya Anda serahkan kepada mereka, tapi setidaknya ada beberapa rekomendasi yang masuk dan diseleksi lagi. Karena orang terdekat juga tidak mungkin membiarkan Anda mendapatkan kesulitan ketika ingin mencari notaris. 

Baca juga: Mengenal Pajak Bumi dan Bangunan | Kredit Pintar

Demikianlah biaya notaris jual beli rumah beserta dengan penjelasan fungsi, kewajiban dan tips memilih notaris yang tepat. Dengan mengetahui hal-hal di atas, setidaknya Anda bisa memiliki properti yang aman dan bebas masalah. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download