Rincian Biaya Kuliah Kedokteran, 5 Universitas Tanah Air

14 Sep 2021 by Laruan

Bagi Sobat Pintar yang memang ingin menjadi dokter, sudah pasti sudah mulai memikirkan tentang universitas mana yang akan dipilih serta kisaran biayanya. Terlebih urusan biaya kuliah kedokteran di tanah air terbilang tidaklah murah. 

Maka daripada itu, perlu sekali mencari informasi lebih jauh agar dapat mempersiapkan diri. Dalam artikel akan dibahas besaran biaya di fakultas kedokteran di perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik yang ada di Indonesia. Ikuti terus, ya. 

Rincian Biaya Kuliah Kedokteran, 5 Universitas Tanah Air

Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Terbaik Indonesia 

Menempuh pendidikan untuk menjadi dokter tidaklah mudah. Sobat Pintar harus belajar dengan giat untuk bisa diterima di perguruan tinggi terbaik. Masa tempuh pendidikan ilmu kedokteran pun terbilang lebih panjang daripada jurusan lain. Maka daripada itu, perlu sekali mengetahui besaran biaya pendidikan ilmu kedokteran di beberapa universitas terbaik dalam negeri. Berikut ini adalah daftarnya: 

1. Biaya Pendidikan Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (UI) 

Universitas Indonesia atau lebih dikenal sebagai UI adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik saat ini. Terletak di Depok, Jawa Barat, UI memiliki sistem pendidikan yang mumpuni untuk calon-calon dokter seluruh negeri. Tentu untuk bisa diterima sebagai mahasiswa kedokteran di perguruan tinggi ini, Sobat Pintar harus belajar dengan tekun karena tingkat persaingannya sangatlah tinggi. 

Untuk biaya kuliah di Fakultas Kedokteran UI sudah menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Bagi mahasiswa penerima program Bidik Misi dan tidak mampu, uang kuliahnya mulai dari 0 rupiah hingga 7,5 juta rupiah per satu semesternya. 

Sedangkan untuk mahasiswa yang mampu dan diterima melalui jalur SNMPTN, perkiraan dana yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan dokterdi UI sekitar 10 juta rupiah hingga 15 juta rupiah per satu semesternya. Biaya tersebut pun ditentukan dari kemampuan orang tua siswa. Apabila dalam pertengahan pendidikan, orang tua merasa tidak sanggup, siswa bisa mengajukan penurunan biaya kuliah dengan syarat dan ketentuan yang ada. 

2. Biaya Pendidikan Ilmu Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Selain UI, UGM atau Universitas Gajah Mada yang berada di Yogyakarta pun juga masuk dalam perguruan tinggi negeri terbaik saat ini. Pendidikan ilmu kedokteran yang mereka miliki termasuk yang sudah maju saat ini, bahkan dokter-dokter yang banyak dikenal juga merupakan lulusan dari perguruan yang satu ini.  

Sama seperti UI, standar penerimaan mahasiswa kedokteran di UGM pun terbilang sangat tinggi. Sehingga bagi Sobat Pintar yang ingin diterima pun harus belajar dengan giat. Apalagi UGM juga sudah menetapkan UKT sebagai sistem pembayaran kuliahnya. Di mana ini berarti, pembayaran per semester tergantung dari kemampuan orang tua siswa. 

Rincian biaya kuliah untuk ilmu kedokteran UGM, terbagi menjadi 6 golongan UKT. Berikut ini rinciannya: 

  • UKT I yaitu 500 ribu rupiah per satu semester. 
  • UKT II yaitu 1 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT III yaitu 7,25 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT IV yaitu 10 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT V yaitu 14,5 juta rupiah per satu semester.
  • UKT VI yaitu 22,5 juta rupiah per satu semester. 

Bagi penerima beasiswa Bidik Misi serta tidak mampu bisa tidak membayar sama sekali atau kuliah gratis hingga lulus. Sedangkan bagi Sobat Pintar yang ingin mengambil ilmu kedokteran spesialis, kisaran biaya kuliah yang ditetapkan UGM adalah sekitar 9 jutaan rupiah hingga 22 jutaan rupiah per satu semesternya. 

Hindari Penipuan Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar, Simak Cirinya!

3. Biaya Pendidikan Ilmu Kedokteran di Universitas Airlangga 

Berbicara tentang fakultas kedokteran terbaik di Tanah Air, maka tidak bisa lepas dari Universitas Airlangga atau UNAIR. Perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini juga banyak sekali diincar oleh siswa siswi yang ingin menjadi dokter. Tapi, bagi Sobat Pintar yang memang mengincar perguruan tinggi negeri, lebih baik tidak boleh malas belajar. Karena persaingan yang ada pun tidak main-main. 

UNAIR juga telah menetapkan sistem biaya UKT untuk mahasiswa yang diterima dari program tes SNMPTN. Di mana ada 5 golongan UKT yang nantinya disesuaikan dengan kemampuan orang tua dalam pembayaran per satu semesternya. Berikut ini adalah perkiraan dana yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan dokterdi UNAIR: 

  • UKT I yaitu 500 ribu rupiah per satu semester. 
  • UKT II yaitu 750 ribu hingga 1 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT III yaitu 5 juta hingga 6 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT IV yaitu 7 juta hingga 9,5 juta rupiah per satu semester. 
  • UKT V yaitu 12,5 juta hingga 13,5 juta rupiah per satu semester.

Sedangkan bagi yang diterima program Bidik Misi dengan jalur prestasi, maka akan dikenakan UKT 2,4 juta rupiah per satu semesternya. 

4. Biaya Pendidikan Ilmu Kedokteran di Universitas Trisakti 

Bagi yang tidak diterima di PTN, mungkin bisa mendaftar di salah satu perguruan tinggi swasta ternama saat ini yaitu Universitas Trisakti. Perguruan tinggi yang terletak di Grogol, Jakarta Barat ini juga mempunyai fakultas kedokteran terbaik di Tanah Air. 

Untuk biaya kuliah di Universitas Trisakti ini, ada tiga jenis biaya yang perlu dikeluarkan yaitu dana sumbangan, biaya per semester dan juga biaya untuk praktikum. Berikut ini adalah perkiraannya: 

  1. Dana sumbangan sekitar 300 juta rupiah dan dibayarkan hanya sekali selama masa pendidikan. 
  2. Biaya kuliah per semester sekitar angka 32,3 juta rupiah. 
  3. Biaya untuk praktar sebesar 45 juta rupiah dan dibayarkan cukup sekali selama masa pendidikan. 

Memang, untuk biaya pendidikan ilmu kedokteran di perguruan tinggi swasta terbilang sangatlah mahal. Tapi, bukan berarti Sobat Pintar tidak bisa kuliah di Universitas Trisakti ini, karena mereka juga punya beberapa program beasiswa yang bisa dipilih. 

5. Biaya Pendidikan Ilmu Kedokteran Universitas Atmajaya 

Satu lagi perguruan tinggi swasta yang masuk 10 besar universitas terbaik yaitu Atmajaya. Universitas Atma Jaya adalah salah satu PTS yang juga dikenal memiliki fakultas kedokteran terbaik pada saat ini. Terletak di Jakarta ini mempunyai biaya pendidikan ilm kedokteran yang cukup tinggi. Ada dua biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh mahasiswa, berikut ini detailnya: 

  • Dana sumbangan dibayarkan sekali sekitar 300 juta hingga 424 juta rupiah.
  • Biaya UKT per satu semester sekitar 42 jutaan rupiah. 

Jika dihitung total selama masa pendidikan di ilmu kedokteran Universitas Atmajaya membutuhkan biaya sekitar 700 jutaan rupiah untuk 8 semester. Lebih mahal dari biaya pendidikan di Universitas Trisakti. Namun, jika Sobat Pintar diterima dan membutuhkan dana tambahan bisa mengajukan pinjaman ke bank maupun lembaga keuangan terpercaya. Itulah beberapa rincian biaya kuliah kedokteran baik dari perguruan tinggi negeri dan swasta ternama yang ada di Tanah Air. Terlihat sekali bahwa biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Jika Sobat Pintar membutuhkan tambahan dana bisa juga menghubungi Kredit Pintar. Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga aman untuk digunakan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload