Berapa Biaya Bleaching Gigi Yang Harus Kita Keluarkan?

14 Oct 2021 by Laruan

Tren kecantikan di Indonesia saat ini sedang meningkat drastis. Sudah banyak masyarakat yang mulai memperhatikan penampilan mereka dengan melakukan perawatan kulit sehingga lebih indah dan sehat. Tidak hanya kulit, bahkan mereka juga melakukan bleaching gigi yang memerlukan biaya bleaching gigi yang mahal juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Menurut Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK Indonesia), penjualan kosmetik di Indonesia telah meningkat 7% menjadi US$7,45 juta dari tahun 2020 hanya sebesar US$6,95. Melihat angka ini, maka Sobat Pintar jangan heran jika sering melihat iklan-iklan produk kecantikan atau jasa bleaching gigi dengan harga yang kompetitif.

Tapi, apakah bleaching gigi itu perlu? Apakah melakukan bleaching aman dan membuat mulut kita menjadi lebih sehat? Buat yang penasaran dengan jawabannya, simak penjelasan berikut ini!

Bleaching Gigi? Apa Itu?

Jadi, bleaching gigi itu adalah salah satu tindakan medis yang dapat mencerahkan dan memutihkan penampilan gigi kita. Biasanya, prosedur bleaching ini akan memfokuskan untuk menyingkirkan noda dan mengatasi perubahan warna gigi tanpa mengangkat enamel gigi. (Enamel adalah lapisan permukaan gigi).

Pemutihan gigi ini dapat kita lakukan secara mandiri (sendiri) atau dengan dokter gigi (profesional). Sobat Pintar bisa memilih antara kedua metode ini, tapi secara umum proses dan bahan dasar yang digunakan untuk memutihkan gigi ini sama, yaitu peroksida.

Jika Sobat Pintar memilih untuk melakukan pemutihan gigi secara mandiri, biasanya kalian akan diberikan peroksida sebesar 3-20%, sedangkan jika Sobat Pintar melakukan pemutihan gigi dengan dokter gigi, biasanya mereka akan menggunakan 15-43% peroksida.

Tapi kalian harus ingat, memutihkan gigi ini tidak bisa sembarangan. Kalian harus berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter gigi dan berkonsultasi metode mana yang tepat untuk kalian. Biasanya, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan metode bleaching gigi:

  • Warna gigi pasien
  • Usia pasien gigi
  • Riwayat perawatan gigi, seperti tambal gigi atau pemasangan crown
  • Biaya yang akan dikeluarkan

Setelah berkonsultasi mengenai masalah ini, Sobat Pintar bisa langsung memutuskan metode apa yang bisa kalian lakukan.

Apakah Bleaching Gigi Penting?

Jika kalian melihat dari sisi kecantikan saja, mungkin kalian merasa bleaching gigi ini tidak penting. Namun, jika memang Sobat Pintar mementingkan penampilan biar lebih percaya diri saat senyum, maka pemutihan gigi ini sangat penting.

Mahkota gigi Sobat Pintar dapat berubah dari putih, ke kuning, jingga, cokelat, abu-abu, dan hitam. Perubahan warna mahkota ini biasanya terjadi karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak berikut ini:

  • Faktor Ekstrinsik (eksternal)

Mahkota gigi kalian bisa berubah warna karena kebiasaan yang tidak baik, seperti minum, makanan yang kurang sehat dan bergizi, dan merokok. Memang mengonsumsi makanan dan minuman itu sangat nikmat, namun jika terlalu sering, warna mahkota gigi kalian akan tampak lebih kusam.

  • Faktor intrinsik (interna)

Selain dari luar, perubahan warna gigi bisa terjadi dari dalam. Seperti akibat dari obat-obatan, penyakit tertentu, infeksi, cedera gigi, dan penuaan.

Meskipun perubahan warna gigi Sobat Pintar terjadi karena faktor ekstrinsik maupun faktor intrinsik, kalian bisa mendapatkan gigi yang lebih cerah dengan melakukan prosedur bleaching gigi.

Faktor-faktor Yang Menyebabkan Gigi Menguning

  1. Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Hal pertama yang menyebabkan mahkota gigi Sobat Pintar menguning adalah makanan dan minuman. Hal ini bisa terjadi karena makanan dan minuman memiliki kandungan pewarna dan zat-zat tidak baik yang dapat mempengaruhi senyawa pada email gigi. Zat-zat pewarna dari bahan kimia tersebut dapat menempel pada gigi, hingga pada akhirnya gigi Sobat Pintar akan berubah.

Untuk beberapa kasus gigi yang terlihat kuning atau coklat biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang memiliki kandungan tanin. Seperti minuman soda, alkohol, kopi, teh, dan makanan bersantan. 

Minuman yang memiliki kadar asam tinggi seperti wine, alkohol, soda, dan energy drink juga menyebabkan warna gigi kalian menguning.

  1. Sering Merokok

Rokok memiliki banyak zat-zat kimia yang tidak baik untuk badan dan kesehatan kita. Salah satu zat yang menyebabkan gigi kita menguning adalah tar atau nikotin. Tar dan nikotin yang menumpuk pada lapisan luar gigi ini akan membuat gigi kalian menjadi lebih kusam. Jadi, kurangilah merokok dan rajin menyikat gigi setelah merokok.

  1. Plak pada gigi

Plak yang ada pada gigi kalian juga mengandung bakteri dan jamur yang juga menjadi penyebab gigi kuning. Biasanya ini terjadi karena endapan sisa makanan yang menempel pada bagian sela-sela gigi. Dalam jumlah tertentu, plak gigi ini bisa merubah warna gigi kalian menjadi kehijauan atau orange. Aduh… tidak banget, ya? Makannya, yuk mulai dari sekarang rajin menyikat gigi untuk mencegah endapan makanan ini terjadi.

  1. Memiliki Riwayat Penggunaan Antibiotik

Mungkin Sobat Pintar ada yang belum tahu, bahwa beberapa antibiotik ternyata bisa membuat warna gigi Sobat Pintar menjadi kecoklatan. Biasanya, efek dari antibiotik tersebut terjadi saat kalian mengkonsumsi antibiotik pada masa pertumbuhan gigi. 

  1. Fluorosis

Fluorosis adalah timbulnya bercak-bercak putih yang terjadi akibat proses metabolisme. Jika proses metabolisme ini terjadi dalam waktu yang lama dapat merusak dan mengganggu proses pembentukan enamel gigi yang membuat gigi kalian memiliki bercak-bercak putih.

  1. Pengaruh Genetik

Selanjutnya, perubahan warna gigi ini juga terjadi akibat pengaruh genetik. Jika orang tua Sobat Pintar memiliki enamel yang tebal dan warna gigi yang kuning, maka bisa jadi kalian memiliki tipe gigi yang sama.

  1. Faktor Usia

Terakhir, ada faktor usia. Ternyata, semakin kita menua lapisan enamel gigi kita akan mengikis. Tentunya hal ini dapat membuat warna gigi kita menguning karena dentin menjadi lebih terlihat ke permukaan.

Siapa yang tidak boleh bleaching gigi?

Secara umum, bleaching gigi biasanya terjadi atas permintaan pasien yang mengalami perubahan warna gigi. Tapi, untuk beberapa pasien, proses pemutihan gigi ini tidak dapat dilakukan jika:

  • Pasien sedang hamil atau menyusui
  • Memiliki gigi yang sensitif
  • Sedang mengalami penyakit gusi
  • Terdapat dentin atau tulang gigi yang retak

Apa Saja Manfaat Perawatan Bleaching Gigi?

  1. Memutihkan Gigi

Tentu! Ini adalah tujuan utama orang-orang melakukan bleaching gigi. Memiliki gigi yang putih dan bersih akan membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun, hasil dari bleaching gigi ini akan bertahan dalam beberapa waktu saja. Kalian harus melakukan pemutihan ulang untuk tetap mendapatkan warna gigi yang putih dan bersih.

  1. Menambah Kepercayaan Diri

Tentunya dengan memiliki gigi yang putih akan membuat orang tersebut menjadi lebih percaya diri. Terlebih lagi jika susunan gigi yang rata, maka tingkat kepercayaan diri mereka menjadi double

  1. Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi

Setelah memiliki gigi yang putih, kalian pasti akan jauh lebih rajin merawat gigi kalian. Hal ini biasanya dilakukan supaya gigi kalian tidak menguning lagi. 

Biaya Bleaching Gigi

Jika berbicara soal biaya, bleaching gigi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya, Sobat Pintar harus memiliki dana sebesar Rp.2.000.000 untuk biaya pemutihan saja. Namun, harga ini bisa menjadi lebih tinggi tergantung dari lokasi, jam kerja dokter, dan tempat sobat pintar bleaching gigi.

Biar lebih aman, ada baiknya Sobat Pintar menghubungi terlebih dahulu klinik-klinik gigi yang menyediakan layanan bleaching dan membandingkan fasilitas, layanan, dan biaya dari setiap klinik. Setelah itu, pilihlah klinik gigi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Sobat Pintar.

Kesimpulan

Biaya bleaching gigi memang tidak murah, namun dengan memiliki gigi yang putih dan sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri Sobat Pintar saat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, kalian bisa dapat keuntungan dengan memiliki koneksi yang banyak yang dapat membantu karir Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload