Wajib Tahu, Inilah Biaya Admin Shopee Untuk Penjual!

24 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Belanja online memang digemari oleh masyarakat saat ini, selain karena harganya yang lebih murah, berbelanja secara online akan mendapatkan banyak penawaran menarik, contohnya seperti gratis ongkir dan adanya cashback. Salah satu platform belanja online yang sering digunakan adalah Shopee, di mana Shopee sendiri saat ini telah menetapkan biaya admin Shopee bagi para penjual di situsnya.

Shopee menjadi salah satu situs belanja terfavorit masyarakat Indonesia karena menyediakan berbagai macam kebutuhan yang lengkap dan banyaknya penawaran menarik. Selain itu, situs belanja ini juga telah bekerjasama dengan puluhan bahkan ribuan penjual dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya menguntungkan para pembelinya saja, dengan adanya Shopee telah membantu para penjual khususnya yang menengah ke bawah untuk menjajakan produk yang dijual.

Jika Anda ingin mulai berjualan di marketplace, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa berjualan pada situs belanja online tidak akan selamanya gratis. Di mana nantinya akan ada syarat serta ketentuan tertentu yang akhirnya membuat penjual dikenakan biaya admin. Lalu, apakah sebenarnya biaya admin Shopee seller ini?

Apa Itu Biaya Admin Shopee?

Biaya admin pada marketplace Shopee merupakan suatu potongan langsung, yang dikenakan pada setiap produk yang telah terjual kepada penjual Shopee, terutama para penjual yang sudah termasuk ke dalam kategori Star atau Star+ seller serta Shopee Mall. Singkatnya, biaya admin ini akan dipotong dari setiap transaksi pembelian yang telah terverifikasi berhasil.

Bagaimana Pemotongan Biaya Admin di Shopee?

Sama halnya dengan marketplace lainnya, Shopee juga membagi penjual dalam situsnya menjadi beberapa kategori, yaitu penjual non-star, star, star+, dan mall, di mana penjual yang baru saja bergabung di Shopee akan termasuk ke dalam kategori non-star. Digolongkannya penjual menjadi beberapa kategori inilah yang akan memengaruhi berapa biaya admin yang terpotong bagi setiap seller.

Tidak hanya berdasarkan dari status atau kategori penjualnya saja, saldo yang terpotong sebagai biaya admin juga ditentukan dari besaran transaksi pembelian yang dilakukan oleh pembeli. Jadi, semakin besar jumlah transaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli saat itu, maka akan semakin besar pula potongan biaya admin yang akan dikenakan oleh Shopee kepada penjual.

Selain itu, sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menjadi seller di Shopee, Anda perlu tahu bahwa penjual juga akan dikenakan biaya lain selain biaya administrasi ketika penjual mengikuti beberapa program promo yang diselenggarakan oleh Shopee. Tapi, tidak perlu khawatir, karena biaya diluar biaya admin ini sifatnya opsional di mana hanya dikenakan ketika penjual telah menyetujui syarat dan ketentuan pada setiap program yang diselenggarakan.

Berapa Biaya Admin Shopee?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biaya admin yang dikenakan oleh Shopee tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah status dari toko penjual itu sendiri. Berikut ini adalah biaya admin di Shopee dilihat dari status penjualnya.

1. Biaya Admin Shopee Non Star Seller

Sebenarnya ada beberapa penjual Shopee yang tidak dikenakan biaya admin oleh Shopee, alias toko penjual ini masih bebas biaya admin. Ini berlaku untuk para seller yang baru saja membuka toko dan berjualan di Shopee, di mana seluruh penjualan yang dilakukan sejak bergabung jumlahnya tidak melebihi 100 orderan. Jadi, memang biaya admin Shopee non star seller akan dipotong dari seller yang telah mendapatkan lebih dari 100 pesanan selama berjualan di Shopee.

Pada toko non star, biaya admin yang harus dibayarkan adalah sebesar 1,6% dari total pembayaran yang dilakukan oleh pembeli, yang telah dikurangi ongkos kirim dan juga diskon (jika ada). Namun beberapa kategori produk tertentu ada yang dikenakan biaya admin sebesar 0,75%.

2. Biaya Admin Shopee Star Seller

Star seller merupakan status yang diberikan Shopee kepada penjual yang telah berhasil memberikan pelayanan yang baik kepada semua pembelinya. Sedangkan untuk biaya admin Shopee Star seller terdiri dari dua jenis, yaitu 2% dan 1,25% untuk produk dalam kategori tertentu. Biaya admin ini akan langsung terpotong ketika dana diteruskan dari pembeli ke penjual.

Kemudian, berbagai macam promo seperti diskon, voucher belanja, atau ongkos kirim yang ditanggung oleh penjual tidak akan dikenakan biaya admin oleh Shopee.

3. Biaya Admin Shopee Mall

Shopee Mall merupakan toko dari brand yang sudah terkenal dan menjual produknya secara langsung di Shopee, di mana kualitas serta layanannya sudah pasti lebih bagus kepada pembeli. Jadi, barang yang dijual di Shopee Mall memang sudah dijamin 100% asli.

Untuk penghitungan biaya admin di Shopee Mall memang sedikit berbeda dengan dua jenis toko penjual lainnya, di mana dalam perhitungan biaya admin Shopee Mall tiap persentase dari produknya berbeda, tergantung dari sub-kategorinya, yaitu berkisar di antara 1%, 3%, dan 5%. Toko yang sudah berbentuk badan atau individu, biaya admin finalnya sudah termasuk dengan PPN sebesar 10%.

Selain itu, biaya admin pada Shopee Mall juga tidak akan dipotong dari ongkir, diskon, atau voucher belanja yang ditanggung sendiri oleh penjual di Shopee Mall. Namun, penjual yang memiliki toko di Shopee Mall harus menjaga performa tokonya.

Kredit di Shopee

Shopee menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang dapat dipilih sehingga tidak menyulitkan pembeli ketika check out barang. Salah satu metode pembayaran yang disediakan adalah kredit, yang bisa digunakan lewat ShopeePay Later atau kartu kredit. Dengan memilih metode bayar tersebut, ada biaya admin Shopee atau lebih dikenal dengan biaya penanganan yang dikenakan kepada pembeli.

Dengan berbelanja di Shopee menggunakan sistem kredit, pembeli bisa membeli barang yang diinginkan tanpa perlu khawatir harus punya bajet yang sesuai. Namun, perlu diingat jangan keasikan berbelanja online menggunakan sistem kredit sampai-sampai tidak mampu membayar tagihan kreditnya. Jangan sampai tagihan kredit di Shopee melebihi pendapatan Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download