Rincian Biaya Admin BCA Lengkap

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Meski sudah lama menjadi nasabah, terkadang nasabah masih sering melupakan mengenai detail dari biaya admin BCA dari rekening mereka. Seringkali para nasabah melupakan mengenai biaya-biaya yang secara tidak langsung akan dikenakan ke mereka sebagai nasabah.

Rincian Biaya Admin BCA Lengkap

Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai biaya admin BCA, artikel ini akan sangat membantu Anda. Sebab, artikel ini akan merangkum biaya admin BCA yang harus Anda keluarkan ketika melakukan transaksi menggunakan bank swasta terbesar di Indonesia tersebut. 

Bukan hanya Anda yang sudah memiliki rekening BCA saja, artikel ini juga akan berguna bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk memiliki rekening BCA. Biaya admin dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakan rekening BCA.

Seperti jasa perbankan pada umumnya, BCA juga mengenakan biaya administrasi untuk setiap produknya. Berikut merupakan penjelasan detail untuk biaya admin BCA untuk masing-masing produk yang ditawarkannya.

BCA memiliki berbagai macam produk tabungan yang dapat Anda pilih. Mulai dari Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, TabunganKu BCA, sampai Tabungan BCA Dollar. Semua jenis tabungan tersebut tentu menawarkan benefit dan biaya admin yang bermacam-macam. Selain biaya admin, di sini Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai benefit dan informasi lain seputar produk-produk tabungan yang ditawarkan oleh BCA.

Tahapan BCA

Jenis tabungan pertama yang akan dibahas yaitu Tahapan BCA. Jenis tabungan ini adalah jenis produk yang paling sering dipilih oleh calon-calon nasabah. Para calon nasabah yang memilih produk ini, setelah resmi menjadi nasabah akan mendapatkan buku tabungan dan Paspor BCA atau kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai dan transaksi debit menggunakan akun rekening mereka.

Untuk biaya admin dari jenis produk Tahapan BCA, terdapat tiga macam pilihan sesuai dengan jenis Paspor Tahapan BCA yang Anda pilih ketika melakukan registrasi. Ketiga jenis Paspor BCA tersebut yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Berikut merupakan rincian biaya admin BCA dari produk Tahapan BCA.

  • Paspor Tahapan BCA Silver: Rp15.000,00/bulan
  • Paspor Tahapan BCA Gold: Rp17.000,00/bulan
  • Paspor Tahapan BCA Platinum: Rp20.000,00/bulan

Para nasabah Tahapan BCA, selain dikenai biaya administrasi rutin bulanan tersebut juga akan dikenai biaya administrasi tambahan sebesar Rp5.000,00 jika saldo tabungan di bawah Rp100.000,00 atau saldo rata-rata minimum yang telah ditentukan oleh pihak BCA.

Selain biaya bulanan tersebut, Anda juga dapat terkena biaya tambahan ketika melakukan transaksi lain. Tahapan BCA akan mengenakan Anda biaya transfer antar bank sebesar 6.500 rupiah. Namun Anda tidak perlu khawatir, Bank BCA menyediakan transfer gratis untuk sesama BCA terlepas dari jenis tabungan pengguna. Selama masih sesama BCA, maka pengguna dapat menikmati fasilitas transfer gratis tersebut.

Biaya Tahapan Xpresi

Selain Tahapan BCA, jenis tabungan yang juga banyak digemari adalah Tahapan Xpresi. Tahapan Xpresi adalah jenis tabungan yang banyak dipilih oleh nasabah dari kalangan muda sebab setoran awalnya yang rendah. Hanya dengan selembar uang 50 ribu, Anda sudah dapat membuka rekening Tahapan Xpresi baru.

Selain itu, Tahapan Xpresi banyak digunakan oleh kalangan muda sebab jenis tabungan ini sudah dapat dibuka bahkan ketika nasabah masih berusia di bawah 12 tahun. Tabungan Xpresi dapat dibuat oleh tiga kelompok nasabah, yaitu untuk usia di bawah 12 tahun, usia 12 – 17 tahun, dan usia 17 tahun ke atas. 

Berbeda dengan Tahapan BCA yang memiliki perbedaan biaya administrasi sesuai dengan jenis Paspor BCA, Tahapan Xpresi mengenakan biaya administrasi yang sama untuk semua nasabah yang menggunakan produk tersebut. Biaya admin BCA yang dikenakan ke Tahapan Xpresi pun lebih rendah dibanding Tahapan BCA. Para nasabah pengguna Tahapan Xpresi hanya dikenai biaya admin sebesar Rp7.500/bulan.

Untuk biaya transfer, biaya yang dikenakan ke jenis tabungan ini tidak berbeda dengan Tahapan BCA. Tabungan Tahapan Xpresi ke bank lain akan dikenai biaya sebesar Rp6.500,00/per transaksi dan gratis untuk ke sesama rekening BCA. 

Tahapan Gold

Berbeda dengan kedua jenis tabungan sebelumnya, tabungan BCA selanjutnya ini memiliki nasabah khusus yang dituju. Tahapan Gold adalah jenis tabungan yang dikhususkan untuk para pebisnis. Sebab, untuk membukanya saja nasabah harus melakukan setoran awal sebesar Rp10 juta.

Namun, Tahapan Gold juga menawarkan fitur-fitur yang akan sangat membantu para penggunanya sebagai seorang pebisnis. Contohnya saja nasabah dapat melakukan transaksi tanpa batas waktu alias 24 jam. Nasabah juga dapat mencetak buku tabungannya sendiri melalui mesin Self-Service Passbook Printer (SSPP), membuat adanya notifikasi info saldo yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan nasabah, dan masih banyak keunggulan lain yang bisa nasabah dapatkan.

Seperti jenis tabungan Tahapan BCA sebelumnya, Tahapan Gold juga memiliki tiga jenis kartu yang dapat dipilih, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Berikut merupakan daftar biaya admin dari Tahapan Gold BCA:

  • Paspor Tahapan BCA Silver: Rp15.000,00/bulan
  • Paspor Tahapan BCA Gold: Rp17.000,00/bulan
  • Paspor Tahapan BCA Platinum: Rp20.000,00/bulan

Sekilas, tampaknya tidak terdapat perbedaan khusus dari Tahapan Gold dan Tahapan BCA. Yang membedakan kedua tabungan tersebut secara signifikan adalah rata-rata saldo minimum dari rekening. Untuk Tahapan Gold, nasabah harus memiliki saldo rata-rata minimum sebesar Rp10 juta per bulannya. Jika saldo rata-rata minimum nasabah tidak mencapai jumlah tersebut, nasabah akan dikenai biaya administrasi tambahan sebesar Rp25.000 per bulannya.

TabunganKu

Jenis tabungan lain yg dapat kamu pilih yaitu TabunganKu BCA. TabunganKu memiliki setoran awal yang bahkan lebih rendah dari Xpresi. Hanya dengan 20 ribu rupiah Anda dapat membuka akun rekening TabunganKu.

Rincian Biaya Admin BCA Lengkap

TabunganKu memiliki fasilitas yang sama seperti Tahapan BCA Silver. Anda dapat menarik tunai dengan maksimal limit sampai dengan 7 juta rupiah dan dapat transfer sampai 15 juta rupiah. Satu yang membedakan fasilitas dari TabunganKu ini adalah fitur internet banking. TabunganKu belum memiliki fitur internet banking.

Untuk biaya adminnya, TabunganKu akan mengenakan Anda sebesar Rp2.000,00/bulan. Anda juga akan dikenai biaya untuk setiap transaksi debit Anda sebesar Rp2.500,00/transaksi debit.

Kesimpulan

Bagi Anda yg tertarik untuk membuka rekening BCA, Anda dapat memilih jenis rekening sesuai dengan kebutuhan Anda. BCA memberikan berbagai macam rekening dengan biaya administrasi yang berbeda-beda. Anda dapat memilih sesuai dengan biaya admin juga benefit yang ditawarkan. Pastikan Anda mendapat jenis tabungan yg tepat agar dapat memaksimalkan manfaat dan pengalaman yang Anda dapatkan sebagai nasabah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download