Berapa Biaya Nikah di Tahun 2021?

03 Sep 2021 by Laruan

Saat mempersiapkan pernikahan, tentu hal yang paling banyak dipikirkan oleh calon pengantin adalah biaya nikah itu sendiri. Pasangan pengantin pasti bertanya-tanya tentang estimasi biaya nikah yang harus dikeluarkan, persyaratan yang dibutuhkan oleh KUA, serta rincian kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk menggelar acara pernikahan.

Biaya nikah ini mengalami perbedaan dari tahun ke tahun. Selain itu, biaya ini bergantung pada acara pernikahan seperti apa yang ingin calon pengantin gelar. Oleh karena itu, pasangan pengantin perlu lebih dulu memastikan beberapa hal sebelum mendapatkan informasi mengenai besaran biaya nikah di tahun ini.

Berapa Biaya Nikah di Tahun 2021?

Di Mana Calon Pengantin Akan Menggelar Acara Pernikahan?

Ini amat menentukan biaya nikah yang dikeluarkan oleh pasangan pengantin. Kira-kira di mana pasangan pengantin akan menggelar acara pernikahan? Di gedung atau tempat pernikahan? Di rumah? Atau di KUA?

  1. Menggelar Acara Pernikahan di Gedung atau Tempat Pernikahan

Jika pasangan pengantin memutuskan untuk menggelar acara pernikahan di gedung atau tempat pernikahan lainnya, maka pasangan pengantin perlu memperhatikan biaya yang perlu dikeluarkan untuk gedung atau tempat pernikahan tersebut. Pastikan apakah biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya kebersihan, keamanan, dan biaya tambahan lainnya.

Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk gedung atau tempat pernikahan ini beragam, dimulai dari belasan juta untuk tempat setara dengan vila atau guest house, hingga puluhan juta untuk gedung pernikahan yang dapat memuat hingga seribu tamu undangan.

  1. Menggelar Acara Pernikahan di Rumah

Menggelar acara pernikahan di rumah memang membuat pasangan pengantin tidak harus mengeluarkan biaya sewa tempat. Namun yang perlu pasangan pengantin perhatikan adalah berbagai persiapan perlu dilakukan untuk membuat rumah menjadi tempat yang layak bagi pasangan pengantin menggelar acara pernikahan. Persiapan ini mencakup kegiatan bersih-bersih, pemindahan barang, pemasangan tenda, dan masih banyak lagi.

Berbagai persiapan ini tentu memerlukan biaya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat rumah menjadi layak untuk acara pernikahan cukup beragam. Semua tergantung pada acara pernikahan seperti apa yang ingin pasangan pengantin gelar di rumah.

  1. Menggelar Acara Pernikahan di KUA

Biasanya, pasangan pengantin tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat jika ingin menggelar acara pernikahan di KUA. Namun tentu acara yang bisa digelar di kantor ini hanya berupa akad, bukan resepsi karena area yang tidak memadai. Untuk menggelar acara pernikahan di KUA, pasangan pengantin hanya perlu melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melangsungkan akad nikah.

Berapa Biaya Nikah di Tahun 2021?

Acara Pernikahan Seperti Apa yang Ingin Digelar oleh Pasangan Pengantin?

Biaya nikah juga ditentukan oleh jenis acara pernikahan yang ingin digelar oleh pasangan pengantin. Lantas jenis acara pernikahan seperti apa yang biasa dilaksanakan oleh berbagai pasangan pengantin?

  1. Hanya Akad Nikah

Prosesi pernikahan seperti ini umum dilakukan oleh pasangan pengantin di era pandemi seperti sekarang. Selain dapat meminimalisir jumlah tamu yang hadir, pernikahan yang berupa akad nikah saja bisa lebih menghemat biaya pasangan pengantin. Jika pasangan pengantin hanya ingin melangsungkan akad nikah di KUA, biasanya pasangan pengantin tidak dikenakan biaya. Namun jika pasangan pengantin ingin melangsungkan akad nikah di luar KUA, pasangan pengantin mesti menyiapkan biaya sekitar Rp600.000,00 – Rp1.000.000,00.

  1. Menggelar Resepsi Pernikahan Intimate

Jika pasangan pengantin ingin menggelar acara resepsi pernikahan, maka pasangan pengantin perlu memperhatikan bahwa bentuk resepsi yang bisa dilaksanakan selama pandemi seperti sekarang adalah yang bersifat intimate. Menggelar resepsi pernikahan intimate berarti pasangan pengantin hanya bisa mengundang maksimal 100 tamu undangan dengan dibagi ke dalam beberapa sesi tertentu.

Adanya resepsi pernikahan berarti pasangan pengantin harus mempersiapkan berbagai rincian kebutuhan pernikahan dengan detail sebagai berikut:

  • Tempat pernikahan yang bisa mengakomodir jumlah tamu undangan
  • Dekorasi pernikahan
  • Catering pernikahan
  • Rias dan busana pernikahan
  • Dokumentasi pernikahan
  • Entertainment pernikahan
  • Kendaraan pengantin
  • Kebutuhan protokol kesehatan selama acara pernikahan

Masing-masing biaya kebutuhan pernikahan ini cukup beragam. Yang jelas, untuk menggelar acara pernikahan yang bersifat intimate dengan dihadiri kurang dari 100 orang bisa membutuhkan biaya dimulai dari Rp50.000.000,00. Perlu menjadi catatan bahwa di masa pandemi seperti sekarang, tidak semua venue pernikahan memperbolehkan pasangan pengantin untuk mendatangkan vendor entertainment. Jadi semua bergantung pada kebijakan masing-masing tempat pernikahan.

Apakah Pasangan Pengantin Akan Mempersiapkan Acara Pernikahan Sendiri atau Dibantu oleh Wedding Organizer?

Keputusan tentang apakah pasangan pengantin akan mempersiapkan acara pernikahan sendiri atau dibantu oleh wedding organizer juga mempengaruhi biaya pernikahan yang dikeluarkan.

  1. Mempersiapkan Acara Pernikahan Sendiri

Mempersiapkan acara pernikahan sendiri memang akan sangat menghemat biaya nikah pasangan pengantin. Nanun pasangan pengantin harus bisa meluangkan waktu untuk memilah-milah vendor terbaik, menemui masing-masing vendor, mengatur jadwal technical meeting dengan semua vendor, dan masih banyak lagi. Jika pasangan pengantin dirasa bisa melakukan semua tahapan persiapan pernikahan tersebut sendiri, maka tidak meminta bantuan wedding organizer untuk menghemat biaya bisa jadi solusi.

Meski begitu, pernikahan di masa sekarang tetap membutuhkan kehadiran wedding organizer di hari H. Nantinya, para anggota tim wedding organizer ini bertugas untuk memastikan acara pernikahan berjalan dengan lancar. Selain itu, mereka pun bisa membantu memastikan protokol kesehatan diterapkan selama acara. Untuk biaya mempekerjakan wedding organizer di hari H pernikahan dimulai dari Rp3.000.000,00 untuk 6 orang crew.

  1. Mempersiapkan Acara Pernikahan dengan Dibantu oleh Wedding Organizer

Mempersiapkan pernikahan dengan dibantu oleh wedding organizer memang akan sangat memudahkan pasangan pengantin. Pasangan pengantin akan didampingi oleh personal wedding planner dan tidak perlu repot untuk mengunjungi masing-masing vendor pernikahan. Biasanya, pihak wedding organizer akan menyediakan paket pernikahan yang amat memudahkan untuk pasangan pengantin. Biaya paket pernikahan ini cukup beragam dan bisa dimulai dari harga Rp100.000.000,00.

Siapkan Biaya Nikah dari Sekarang

Itulah beberapa hal yang perlu pasangan pengantin pastikan ketika sedang mengumpulkan berbagai informasi tentang biaya nikah yang harus dikeluarkan di tahun 2021. Melihat situasi dan kondisi yang terjadi di masa sekarang, biaya yang mesti dikeluarkan oleh pasangan pengantin bisa tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya saat pandemi belum melanda. Ini dikarenakan pernikahan dapat digelar secara intimate dengan mengundang sahabat dan keluarga dekat saja.

Bagaimanapun, Anda tetap perlu menyiapkan biaya nikah tersebut dari sekarang. Anda bisa mulai menabung bersama pasangan, atau mengandalkan platform pinjaman online terpercaya seperti Kredit Pintar. Kredit Pintar bisa Anda andalkan untuk berbagai kebutuhan Anda, termasuk kebutuhan pernikahan yang harus Anda siapkan dari jauh-jauh hari.

Proses pencairan dana di Kredit Pintar sangat mudah. Selain itu, platform pinjaman online ini pun diawasi langsung oleh OJK. Jadi, urusan pendanaan biaya nikah yang Anda perlukan, Anda tentu bisa mempertimbangkan Kredit Pintar yang menyediakan pinjaman singkat yang mungkin berguna untuk

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload