Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Efektif!

26 Aug 2021 by Laruan

Ada banyak sekali cara menghilangkan ketombe. Ketombe merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan adanya kulit kepala yang terkelupas. Ketombe umumnya seperti serpihan kulit kepala yang menyebar ke seluruh helai rambut, bahkan ada juga yang sampai jatuh ke area bahu. Apabila muncul ketombe, biasanya kulit kepala akan terasa gatal.

Lalu hal-hal apa saja yang menyebabkan timbulnya ketombe? Apa saja cara menghilangkan ketombe yang efektif? Daripada penasaran, yuk simak pembahasan berikut!

Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Efektif!

Temukan informasi menarik lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Tepat dan Kenali Penyebabnya

10 Penyebab munculnya ketombe

Banyak sekali faktor penyebab ketombe muncul. Mulai dari penyakit tertentu hingga faktor usia. Berikut ini kami akan memberitahukan apa saja yang membuat ketombe muncul, yaitu:

1.Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan penyakit kulit yang umumnya menyerang bagian kulit kepala. Hal tersebut ditandai oleh adanya serpihan kulit yang sudah mati ataupun masih bergerak. Si penderita biasanya mengalami kulit berminyak, iritasi, dan mempunyai ketombe. 

Tidak hanya di kulit kepala, penyakit ini juga timbul di kulit yang memiliki kelenjar minyak, seperti alis, lipatan hidung, kelopak mata, wajah, dada, hingga telinga.

2.Jarang menyisir rambut

Walau terlihat sepele, tetapi menyisir rambut juga baik untuk mencegah timbulnya ketombe. Sebab, dengan menyisir dapat membantu kulit kepala yang mengelupas dengan normal. Begitupun sebaliknya, jika jarang disisir maka akan muncul ketombe.

3.Jamur

Pada saat musim hujan atau dingin, jamur bisa berkembang di kulit kepala dan dapat menimbulkan ketombe. Jamur yang berada di kulit kepala disebut dengan Malassezia. Nantinya jamur memproduksi sel kulit yang baru, bercampur rambut serta minyak pada kulit kepala.

4.Kulit kering

Kulit kering juga bisa menyebabkan munculnya ketombe. Umumnya, ketombe yang hinggap di kulit kering lebih kecil dan tidak berminyak.

5.Terlalu sering keramas

Terlalu banyak keramas juga membuat ketombe muncul. Hal itu karena kulit kepala selalu terkenal produk shampo yang membuat iritasi. Apalagi ada beberapa shampo yang membuat kulit jadi kemerahan, gatal, hingga bersisik.

6.Menderita penyakit kulit

Penyakit kulit yang bisa menimbulkan ketombe adalah eksim, dan psoriasis. Infeksi jamur yang termasuk dalam penyakit Tinea Capitis juga menyebabkan munculnya ketombe.

7.Mengalami kondisi medis tertentu

Orang-orang yang menderita penyakit Parkinson, serangan jantung, hingga stroke, akan lebih rentan muncul ketombe di kulit kepalanya. Tidak hanya itu, menurut penelitian penderita HIV juga akan rentan memiliki ketombe. Sebab, penderita HIV juga bisa mengidap penyakit dermatitis seboroik.

8.Pola makan

Pola makan yang tidak sehat juga meningkatkan timbulnya ketombe lho. Apalagi jika kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, zat mineral, maupun vitamin B.

Makanan yang mengandung zinc bisa ditemukan di mana saja, seperti daging sapi, keju cheddar, telur, maupun coklat hitam. Sedangkan untuk vitamin B, kamu bisa memperolehnya dari bayam, susu, alpukat, brokoli, telur, daging sapi, dan daging ayam.

9.Stres

Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, stres juga mempengaruhi kesehatan pada kulit kepala. Jika seseorang mengalami stres, pastinya imun tubuhnya akan melemah. Jadi, kulit kepala akan lebih rentan muncul ketombe.

10.Faktor usia dan jenis kelamin

Faktor usia juga menjadi sebab muncul ketombe. Pada umumnya, orang remaja maupun dewasa sering mengalami munculnya ketombe. Tidak hanya itu, kaum pria lebih sering timbul ketombe daripada kaum wanita. Hal ini dikarenakan adanya faktor hormon yang menjadikan kulit kepala pria lebih rentan tumbuh ketombe.

7 Cara mengatasi ketombe yang membandel

Keramas dengan menggunakan shampoo adalah cara yang paling sering dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Dengan keramas dengan rutin dan benar, kotoran dan sel-sel kulit mati akan terangkat. Namun jangan terlalu sering keramas, karena akan membuat ketombe semakin parah.

Ketika keramas, sebaiknya gunakan shampo anti ketombe yang di dalamnya terkandung asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida, dan ketoconazole. Zat-zat tersebut berguna dalam mengurangi rasa gatal yang diakibatkan ketombe.

Selain shampoo, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Walaupun tidak instan, tetapi bahan-bahan tersebut dapat mencegah timbulnya efek samping. Berikut adalah bahan-bahannya:

1. Tea tree oil

Tea tree oil menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi ketombe. Bahan ini mengandung anti radang dan anti mikroba, yang bermanfaat dalam meringankan gejala dari ketombe. Studi mengatakan bahwa tea tree oil juga dapat membasmi jenis jamur tertentu yang dapat memunculkan dermatitis seboroik dan ketombe.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga cukup ampuh dalam mengatasi ketombe yang membandel. Dengan memakai minyak kelapa, hidrasi kulit akan meningkat mencegah adanya kulit kering yang akan memperburuk ketombe. Untuk memakai bahan ini caranya dengan memijat kulit kepala yang sudah dilumuri 3-5 sendok makan, lakukan cara ini sebelum melakukan keramas.

3. Lidah buaya

Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya sangat bermanfaat dalam kesehatan kulit kepala, terutama dalam masalah ketombe. Hal ini karena lidah buaya bersifat anti jamur dan anti bakteri yang mampu dalam mengatasi radang pada kulit kepala.

Untuk menggunakan bahan ini, caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya yang masih segar ke kulit kepala. Lalu diamkan selama 1 jam. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini dengan rutin dalam beberapa minggu.

4. Baking soda

Baking soda cukup ampuh dalam mengurangi rasa gatal dan menghilangkan tumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Selain itu, bahan ini juga bisa menghilangkan jamur penyebab munculnya ketombe. Cara memakai bahan ini yaitu dengan menaburkan baking soda secukupnya ke rambut yang telah dibasahi secara merata dan pijat dengan lembut. Setelah itu diamkan 1-2 menit, lalu dibilas dengan air

5. Minyak serai

Sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dimiliki minyak serai sangat ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Hal ini dibuktikan dari 10% minyak serai di dalam tonik rambut dapat mengurangi ketombe sebanyak 81% selama 2 minggu.

Perlu diketahui bahwa minyak ini membuat kulit jadi alergi. Oleh sebab itu, untuk lebih aman sebaiknya campurkan beberapa tetesan minyak ke dalam shampoo.

6. Mengonsumsi zat omega-3

Selain kulit jadi kering, kekurangan zat omega-3 juga berpengaruh pada tumbuhnya ketombe. Zat ini sangat bermanfaat dalam mengatur peradangan, memproduksi minyak, mengurangi tanda penuaan, hingga meningkatkan hidrasi. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah konsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti kacang kenari, ikan salmon, dan mackerel.

7. Mengurangi stres

Seperti yang disebutkan bahwa stres salah satu faktor tumbuh ketombe. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi masalah kulit yang dialami akan lebih buruk. Oleh sebab itu, kamu juga perlu mengontrol emosi yang kamu alami, caranya bisa dengan bermeditasi, relaksasi, yoga, atau melakukan olahraga rutin.

Begitulah cara menghilangkan ketombe beserta faktor timbulnya ketombe. Semoga informasi tersebut dapat membantumu dalam mengatasi masalah ketombe.

Temukan informasi menarik lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload