Penasaran Cara Hitung Bayaran Youtuber? Cek di Sini!

21 Oct 2021 by Laruan

Berapa bayaran youtuber menjadi salah satu pertanyaan yang membuat banyak orang penasaran. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, banyak orang yang beralih profesi menjadi youtuber. Banyaknya youtuber yang memunculkan gaya hidupnya ke sosial media juga membuat semakin banyak orang penasaran tentang besar gaji youtuber.

Nah, bagi Anda yang penasaran, simak artikel ini untuk tahu berapa kisaran pendapatan seorang youtuber.

Sumber Pendapatan Youtuber

Pendapatan seorang youtuber sebenarnya tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Ada beberapa sumber bayaran yang bisa didapatkan seorang youtuber. Berikut ini adalah beberapa sumber pendapatan yang paling umum:

1. Bayaran Youtuber dari Partner Program

Youtube memiliki program bernama Partner Program. Pendapatan ini adalah pendapatan yang paling umum. Youtuber yang telah mengikuti partner program wajib menempelkan slot iklan di video unggahannya. Slot ini nantinya akan diisi oleh iklan-iklan yang sesuai dengan penonton.

Tidak semua youtuber bisa berpartisipasi dalam Partner Program ini. Hanya youtuber yang telah memenuhi syarat monetisasi yang bisa mengikuti program ini. Jika Anda ingin memonetisasi akun Youtube yang Anda miliki, Anda harus memenuhi 4000 jam tayang dan memiliki 1000 subscriber.

Selain itu, Anda juga harus tinggal di wilayah yang masuk dalam program Youtube Partner. Pastikan juga akun Anda sudah terhubung ke Google Adsense. Dan konten yang Anda buat juga harus mengikuti kebijakan Youtube. Yaitu tidak melanggar hak cipta, tidak berbau pornografi atau kekerasan, dan tidak mengandung unsur plagiarisme.

2. Bayaran Youtuber dari Sponsorship

Kadang-kadang, suatu brand produk bisa saja meminta video advertorial khusus kepada youtuber. Bayaran dari sponsorship ini juga sering disebut sebagai endorsement. Biaya endorsement cukup bervariasi antar youtuber. Umumnya adalah sekitar Rp 750 ribu per 1000 penonton.

Harga endorsement ini bisa lebih tinggi jika jumlah penonton rata-rata cukup tinggi. Bahkan ada youtuber yang bisa mendapatkan bayaran hingga puluhan juta Rupiah dari biaya endorsement ini. Tidak heran jika banyak youtuber yang mengharapkan penghasilan dari endorsement.

3. Bayaran Youtuber dari Affiliate Marketing

Apakah Anda pernah menemukan youtuber yang mengajak penontonnya untuk membeli barang atau produk tertentu melalui link? Itulah yang dinamakan sebagai affiliate marketing. Nantinya, youtuber tersebut akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian produk melalui link tersebut.

Cara Menghitung Bayaran Youtuber

Di antara tiga sumber bayaran youtuber tersebut, bayaran dari partner program adalah yang paling umum. Karena itu, perkiraan besar pendapatan youtuber minimal bisa didapatkan dari menghitung fee partner program ini.

Sebagai gambaran, setiap 2000 views akan ada sekitar 250 orang yang menonton iklan sampai akhir. Jika biaya iklan adalah sebesar $0,18 per view, maka biaya 250 views adalah $45 yang dibebankan kepada pengiklan.

Selanjutnya, setiap youtuber akan mendapatkan revenue sebesar 68% dari total biaya iklan. Dengan perkiraan hitungan $45 x 68% revenue share = $30. Sehingga, untuk setiap 2000 views, seorang youtuber bisa mendapatkan penghasilan sebesar $30.

Meskipun angka tersebut tampak menggiurkan, Anda tetap harus menghindari beberapa hal agar monetisasi konten Anda berjalan lancar. Misalnya, dengan tidak tergoda untuk mengklik iklan pada video Anda sendiri atau meminta penonton Anda untuk mengklik iklan pada video Anda.

Dua hal tersebut akan dianggap sebagai kecurangan. Sehingga Anda mungkin akan mendapat teguran atau bahkan pemblokiran oleh pihak Youtube.

Daftar Bayaran Youtuber Indonesia

Pada intinya, untuk bisa mendapatkan bayaran sebagai youtuber, Anda perlu konsisten. Dengan konsistensi dan semangat, Anda bisa terus meningkatkan kualitas video Anda. Untuk semakin menjaga semangat Anda, berikut ini adalah daftar bayaran youtuber Indonesia yang menarik untuk diintip: 

1. Bayaran Youtuber Raditya Dika

Siapa yang tidak kenal dengan Raditya Dika? Sudah sejak lama Raditya Dika bergelut dalam dunia konten kreasi di Youtube. Berbagai kontennya pun bisa kita temukan dengan mudah. Dari mulai konten yang menarik, menghibur, hingga bermanfaat.

Saat ini, akun Youtube Raditya Dika telah diikuti oleh sekitar 9,51 juta akun. Dengan jumlah subscriber sebanyak itu, penghasilan Raditya Dika berkisar antara Rp 8 miliar hingga Rp 138 miliar per tahun.

2. Bayaran Youtuber Ria Ricis atau Ricis Official

Ria Ricis atau Ria Yunita mulai melejit melalui konten squishy yang dia tayangkan secara rutin. Selain itu, Ria Ricis juga sering menayangkan berbagai konten menarik lainnya. Saat ini, akun Ricis Official telah memiliki sekitar 26,7 juta subscriber dan memiliki penghasilan sekitar Rp 4,3 miliar hingga Rp 69,6 miliar per tahun.

3. Bayaran Youtuber Atta Halilintar

Suami Aurel Hermansyah dan anak pertama Gen Halilintar ini tentu saja bukan lagi nama yang asing. Akun Youtube Atta Halilintar saat ini telah memiliki sekitar 28 juta subscriber. Dalam satu tahun, Atta Halilintar mampu mendapatkan penghasilkan sekitar Rp 7,5 miliar hingga Rp 120 miliar per tahun.

4. Bayaran Youtuber Arief Muhammad

Arief Muhammad bukan nama yang baru dalam dunia kreatif Indonesia. Konten kreator yang rutin mengadakan giveaway ini memiliki sekitar 3,1 juta subscriber di akun Youtubenya. Terkenal sebagai pemilik akun @poconggg dan konten Mak Betty di Youtube, saat ini penghasilan Arief Muhammad mencapai kisaran Rp 10 miliar hingga Rp 140 miliar per tahun.

5. Bayaran Youtuber Deddy Corbuzier

Terkenal dengan konten Podcastnya, Deddy Corbuzier memiliki sekitar 15,7 juta subscriber di Youtube. Kabarnya, Deddy Corbuzier mampu menghasilkan uang sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 84 miliar per tahunnya.

6. Bayaran Youtuber Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Pasangan selebriti ini memang sudah cukup lama berkiprah di dunia hiburan tanah air. Beberapa tahun terakhir ini, pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga masuk ke dunia Youtube dengan nama channel RANS Entertainment.

Saat ini, RANS Entertainment telah memiliki sekitar 21,6 juta subscriber. Kabarnya, penghasilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui Youtube adalah sekitar Rp 4,8 miliar hingga Rp 84 miliar per tahun.

7. Bayaran Youtuber Fiki Naki

Belakangan, nama Fiki Naki juga semakin sering mencuat. Fiki Naki kerap menampilkan konten video berisi obrolan OmeTV dengan banyak orang luar negeri. Kemampuan Fiki Naki berbicara dalam berbagai bahasa menjadi daya tarik tersendiri yang membuat jumlah penonton dan subscriber Youtube miliknya melonjak drastis.

Saat ini, akun Youtube Fiki Naki telah memiliki sekitar 4,7 juta subscriber. Dengan jumlah tersebut, penghasilan Fiki Naki dari Youtube diperkirakan sebesar Rp 120 juta hingga Rp 144 juta per tahun.

Selain nama-nama tersebut, tentu saja masih banyak lagi youtuber yang memiliki bayaran youtuber dengan angka fantastis. Karena itu, tidak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadikan youtube sebagai sumber penghasilan. Jika Anda tertarik mendapatkan bayaran youtuber, pastikan Anda konsisten dan mampu menciptakan konten yang kreatif serta original secara rutin. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload