Bayar Kredit Bank Tidak Lancar? Begini Prosedur Bank dalam Mengatasi Kredit Macet

26 Feb 2021 by Andro
kredit bank

Kredit bank – memiliki hutang tidak diragukan lagi membatasi kewajiban kita untuk segera membayar hutang. Kata pemberi pinjaman disebut kreditur. Sedangkan bagi peminjam, individu dan badan usaha disebut debitur. Tentunya dalam proses pelunasan utang diharapkan kreditur dan debitur secara bersama-sama mengelola dana yang dipinjam agar dapat dilunasi tepat waktu.

Dapatkan pinjaman online dari Kredit Pintar, bunga rendah, proses cepat. Klik disini!!!

Produk Pinjaman Bank untuk Membayar Kredit Bank

Saat ini, karena prosedur yang jelas dan aman, memang menjadi pilihan mereka bagi sebagian besar masyarakat untuk memilih dana pinjaman dan kredit bank dari lembaga keuangan (seperti bank).

Sebagai salah satu produk yang sering dikejar orang, produk pinjaman dapat membantu masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidup atau melunasi hutang.

Sebut saja berbagai jenis produk pinjaman, seperti pinjaman tanpa jaminan (KTA), pinjaman multiguna, kredit kendaraan bermotor, kredit usaha rakyat (KUR), pinjaman online langsung cair, dll.

Berbagai pilihan produk pinjaman yang ditawarkan bank dapat dijadikan solusi atas kebutuhan finansial masyarakat. Meski begitu, masalah yang umum terjadi adalah proses pengembalian pinjaman /kredit bank tidak berjalan mulus.

Seperti kita ketahui bersama, bank tentu tidak bisa begitu saja menyetujui pengajuan pinjaman Anda. Biasanya, serangkaian prosedur dan aturan yang sangat ketat dipertimbangkan.

Hal ini tentunya bukan tidak masuk akal, karena mengingat salah satu nasabah memiliki kredit bank macet atau tidak mampu melunasi utangnya maka bank akan mengambil risiko yang tinggi. Idealnya, semua pihak harus bekerja sama satu sama lain untuk memastikan tidak ada yang terluka.

Hati-hati Skor Kredit Bank Buruk

Jadi bagaimana apabila seseorang tak mampu bayar kredit bank? Apabila hal itu terjadi kepada Anda, maka bisa jadi akan memiliki skor yang buruk di Bank Indonesia.

Saat ini, OJK sudah mempunyai SLIK. SLIK yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan untuk memantau skor kredit.

Jika ada orang yang mengalami kesulitan dalam melunasi kredit bank atau telah menunggak selama beberapa bulan, mereka akan langsung dicatat di SLIK. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi penilaian BI terhadap Anda sebagai peminjam.

Masalahnya, jika penilaian SLIK Anda buruk, Anda akan sulit memperoleh kredit dari lembaga keuangan atau bank. Apalagi jika Anda tidak bisa melunasi kredit bank Anda, maka nama Anda akan masuk daftar hitam.

Prosedur Bank dalam Menghadapi Kredit Bank Macet Nasabah

Saat menangani kredit bank macet, bank biasanya melakukan banyak prosedur untuk Anda. Bank kemudian akan menganalisis situasi dan masalah sampai mereka mengambil tindakan yang paling tepat. Berikut beberapa prosedur umum yang biasanya dilakukan:

1. Pengumpulan Informasi Debitur

Bank akan mengumpulkan informasi tentang Anda sebagai nasabah. Ini akan digunakan sebagai dasar untuk memerangi kredit yang tidak pantas. Pengumpulan informasi ini meliputi:

  • Hubungan antara nasabah dan bank: Bank biasanya mencari informasi tentang hubungan Anda dengan bank. Ini untuk menentukan apakah Anda masih bisa diajak sebagai nasabah untuk bersama-sama mengatasi masalah kredit bank yang macet.
  • Potensi Manajemen: Selanjutnya bank juga akan memahami potensi masa depan Anda sebagai nasabah dalam mengelola keuangan. Bank akan melihat potensi Anda dari perkembangan bisnis yang Anda jalankan, dan strategi untuk menyelesaikan masalah kredit macet.
  • Laporan keuangan: Bank kemudian akan mempelajari laporan keuangan yang Anda buat untuk menganalisis alasan kredit macet.
  • Keuntungan dan kerugian hukum: Bank tidak hanya mempelajari informasi terkait perkreditan, tetapi juga mempelajari kelebihannya dari perspektif hukum. Oleh karena itu, kecil kemungkinan bank akan membuat keputusan yang salah untuk bertindak. Untuk mencapai keseimbangan, bank juga akan mempelajari keuntungan Anda sebagai klien resmi. Dengan begitu, bank tidak akan dilema saat mengumpulkan uang.

2. Analisis Permasalahan

Pengumpulan Informasi di Atas akan memungkinkan bank untuk segera mengetahui di mana letak masalah kredit buruk Anda. Selain itu, bank akan mempertimbangkan apakah masalah ini bisa diselesaikan melalui jalur hukum atau tidak. Pasalnya, penggunaan jalur hukum pasti akan merusak hubungan baik antara bank dan nasabahnya.

Meski begitu, jika nasabah ditemukan melakukan kecurangan berdasarkan pencarian informasi dan tidak bekerja sama dengan bank, maka bank dengan tegas akan membawa masalah kredit macet ke meja hukum.

3. Bank akan Menelepon dan Mengirim Debt Collector

Bank juga akan mencoba untuk terus menelepon Anda dan meminta Anda untuk melunasi hutang tersebut. Jika cara ini tidak berhasil, bank juga akan mengirimkan debt collector. Bank biasanya menggunakan jasanya untuk melunasi utang agar lancar.

Bank tidak akan menggunakan jasa debt collector tersebut. Bagi bank untuk menggunakan jasa debt collector harus mengikuti aturan tertentu.

Salah satunya jika Anda adalah debitur yang menunggak selama 90 hari, maka bank baru tersebut dapat menggunakan layanan Debt Collector. Dalam proses penagihan, debt collector tidak diperkenankan mengancam atau menuduh perilaku kekerasan secara fisik maupun verbal. Waktu penagihan pun tidak sembarangan, mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam, dan tidak diperbolehkan di luar jam tersebut.

Rekomendasi Pinjaman Tunai Online untuk Modal Bisnis

kredit pintar

Saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman online langsung cair yang bisa diunduh dari Playstore / Appstore. Mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online langsung cair adalah cara termudah untuk mendapatkan modal.

Proses pengajuan kredit 100% dilakukan secara online, jadi tidak perlu ribet. Bahkan ada aplikasi pinjaman tunai online dengan bunga rendah dalam waktu 24 jam.

Seperti namanya, ini adalah aplikasi pinjaman online langsung cair dari Kredit Pintar dengan biaya layanan 0%. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan pinjaman dengan batas tertinggi Rp. 20.000.000, dengan masa cicilan 6-12 bulan.

Untuk mengajukan pinjaman tunai, cukup siapkan KTP Anda, lalu dana dari pinjaman tunai bisa langsung masuk ke rekening Anda. Jangan khawatir, pinjam tunai Kredit Pintar menjamin keamanannya karena aplikasi ini diawasi langsung oleh OJK.