Bandara Soekarno Hatta Melayani Penerbangan Tersibuk

31 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Bandar udara internasional Soekarno Hatta menjadi fasilitas umum dengan pelayanan memuaskan. Terbukti dengan adanya fakta yang menyebutkan bahwa bandara Soekarno Hatta melayani rute penerbangan tersibuk di dunia. Mari simak lebih jauh rute mana saja yang disebut sebagai rute tersibuk di dunia dan dilayani oleh bandara Soekarno Hatta ini.

Bandara Soekarno Hatta Melayani Rute Penerbangan Tersibuk

Tentang Bandara Soekarno Hatta

Bandar udara internasional Soekarno Hatta ini mulai beroperasi untuk pertama kali pada tanggal 1 Mei 1985 silam. Lokasinya berada di Kecamatan Benda, Kota Tangerang dan menempel dengan wilayah Cengkareng, Jakarta Barat. Tak heran jika lokasi bandar udara ini mendapatkan kode IATA berupa CGK atau Cengkareng. Masyarakat juga menyebut lokasi bandara ini sebagai bandara Cengkareng.

Di awal beroperasi, bandara Soekarno Hatta ini menggantikan fungsi dari bandara Kemayoran yang berlokasi di Jakarta Pusat. Pada saat itu bandara Kemayoran ditujukan sebagai bandara untuk rute penerbangan domestik. Namun lokasinya dianggap terlalu dekat dengan basis militer tanah air yakni bandara Halim Perdanakusuma.

Kini bandara Kemayoran tidak beroperasi lagi dan digantikan dengan bandara Soekarno Hatta. Semntara itu bandara Halim Perdanakusuma digunakan sebagai area penerbangan militer, VVIP, serta charter. Sesekali bandara ini juga digunakan untuk melayani rute penerbangan domestik.

Dilihat dari bangunannya, bandara Soekarno Hatta ini sangatlah besar dan desainnya begitu menarik. Perancang bangunan bandara Soekarno Hatta adalah arsitek asal Perancis bernama Paul Andreu. Ini merupakan arsitek yang juga merancang bandara Charles de Gaulle di Paris. Kini bandara Soekarno Hatta berdiri megah dan sering juga dijadikan sebagai lokasi shooting karena kemegahannya.

Baca juga : Syarat Penerbangan Baru Internasional dan Lokal

Bandara Tersibuk

Bandara Soekarno Hatta melayani rute penerbangan tersibuk di dunia. Tak heran jika lokasi bandara ini memang mendapat predikat sebagai bandara tersibuk. Ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga penerbangan global pada bulan Februari tahun 2021. Setidaknya dari hasil riset tersebut diperoleh data bahwa bandara Soekarno Hatta masuk ke dalam 10 besar rute domestik paling sibuk di dunia.

Berdasarkan riset tersebut diketahui ada 2 rute penerbangan tersibuk yang dilayani oleh bandara Soekarno Hatta. Predikat tersibuk ini diperoleh berdasarkan jumlah penerbangan sekaligus kapasitas kursi penerbangan. Penerbangan tersibuk yang menempati posisi pertama di dunia adalah rute domestik Jeju International-Seoul Gimpo.

Bandara Soekarno Hatta Melayani Rute Penerbangan Tersibuk

Rute domestik tersibuk yang tercatat dilayani oleh bandara Soekarno Hatta adalah Jakarta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO) serta Jakarta (CGK) – Makassar (UPG). Rute Jakarta ke Medan tercatat menempati peringkat ke-7 tersibuk di dunia. Sementara itu rute Jakarta ke Makassar ada di urutan ke-9 sebagai rute tersibuk di dunia.

Dengan catatan hasil analisis ini maka tidak mengherankan jika lokasi bandara Soekarno Hatta tak pernah sepi. Fakta bahwa bandara Soekarno Hatta melayani rute penerbangan tersibuk ini menunjukkan bahwa perusahaan dan stakeholder yang terlibat bisa menjaga aktivitas operasional di bandara dengan baik. Artinya aktivitas di bandara tetap terjaga dan terpantau aman meskipun di tengah situasi pandemi.

Baca juga : Cara Cek Jadwal Penerbangan Terbaru dan Terupdate

Pembatasan Rute Penerbangan selama Pandemi

Seperti diketahui bahwa selama pandemi COVID-19 ini terjadi pembatasan mobilitas masyarakat. Rute penerbangan pesawat juga dibatasi untuk meminimalkan risiko penularan dan penyebaran virus. Namun tercatat bahwa rute penerbangan yang dilayani oleh bandara Soekarno Hatta masih menjadi salah satu yang tersibuk dan terpadat di dunia.

Diketahui bahwa dua rute penerbangan tersibuk yang dilayani oleh Bandara Soekarno Hatta tadi bukanlah untuk tujuan wisata. Rute tersibuk itu bukan melayani perjalanan wisata melainkan untuk keperluan produktif lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa penumpang yang menempuh perjalanan rute ini memang hanya melakukan perjalanan mendesak sesuai aturan selama pandemi COVID-19.

Meskipun masih melayani rute penerbangan tersibuk, bandara Soekarno Hatta tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan. Semua penumpang yang akan terbang harus memenuhi persyaratan yang berlaku demi mengurangi risiko penularan COVID-19. Selain itu pihak pengelola bandara juga memastikan bahwa kegiatan operasional berjalan sesuai protokol kesehatan.

Hingga saat ini rute penerbangan di bandara Soekarno Hatta masih berjalan dengan kapasitas normal. Meskipun banyak persyaratan yang harus dipenuhi, namun para penumpang tetap memilih armada pesawat untuk melayani perjalanan. Tentunya semua tetap harus dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Baca juga : Berikut Aturan WNI dan WNA Untuk Masuk ke Indonesia

Rute Domestik dan Internasional Lainnya

Bandara Soekarno Hatta melayani rute penerbangan tersibuk meliputi rute Jakarta-Medan dan Jakarta-Makassar. Selain itu bandara ini juga masih melayani rute penerbangan domestik serta internasional lainnya. Dengan begitu maka aktivitas penerbangan juga semakin tinggi dan menambah kesibukan aktivitas di lokasi bandar udara.

Untuk rute internasional, bandara Soekarno Hatta melayani penerbangan dari dan ke banyak kota di seluruh dunia. Mulai dari Kuala Lumpur, Hong Kong, Doha, Bangkok, Tokyo, Colombo, Taipei, Dubai, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya yaitu bandara internasional maka tak heran jika bandara ini melayani rute penerbangan dari maupun ke banyak negara di dunia.

Sementara itu untuk rute domestiknya, bandara Soekarno Hatta juga melayani banyak rute penerbangan. Selain dua rute penerbangan Jakarta-Medan dan Jakarta-Makassar, ada juga rute domestik menuju Aceh, Ambon, Banjarmasin, Bandar Lampung, Bali, Bengkulu, Balikpapan, Manado, Manokwari, dan masih banyak lagi. Rute penerbangan domestik Soekarno Hatta ini menjangkau banyak provinsi di seluruh Indonesia.

Dari sekian banyak rute yang dilayani oleh bandara Soekarno Hatta maka bisa dibayangkan seperti apa aktivitas atau kesibukan di lokasi bandara ini. Begitu banyak orang lalu lalang di lokasi bandara untuk mendapatkan rute penerbangan sesuai kebutuhan. Bahkan di masa pandemi pun aktivitas bandara juga terus padat karena mobilitas masyarakat yang memang tak bisa dikendalikan.

Fasilitas Bandara

Tak hanya memberikan pelayanan rute domestik dan internasional yang lengkap, bandara Soekarno Hatta juga dilengkapi dengan fasilitas yang memuaskan. Tentunya semua fasilitas ini sangat menunjang kenyamanan para penumpang sebelum maupun sesudah terbang. Tak heran jika bandara Soekarno Hatta juga menjadi salah satu lokasi bandara ternyaman yang ada di Indonesia.

Salah satu fasilitas penunjang yang membuat bandara Soekarno Hatta semakin dicintai adalah adanya transportasi khusus di sana. Perjalanan menuju bandara kini lebih mudah dengan adanya Skytrain. Selain itu ada juga kereta bandara yang mempermudah akses para penumpang keluar masuk bandara.

Fasilitas transportasi penunjang bandara Soekarno Hatta ini benar-benar memberi kemudahan bagi masyarakat. Baik bagi masyarakat lokal maupun turis asal berbagai negara. Keluar masuk bandara kini lebih praktis dan tidak merepotkan. Diharapkan kedepannya fasilitas transportasi ini bisa terus meningkat dari segi kualitas agar memberikan kenyamanan yang optimal.

Fakta bahwa Bandara Soekarno Hatta melayani rute penerbangan tersibuk di dunia ini cukup membanggakan namun perlu juga untuk dievaluasi kembali. Apalagi di situasi pandemi seperti sekarang dimana seharusnya mobilitas masyarakat dibatasi secara ketat. Rute penerbangan tersibuk ini harus memastikan bahwa semua penumpang dan staf yang terlibat menerapkan prokes dengan ketat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download