Hal Mengenai Bak Mandi Bayi yang Perlu Diketahui

09 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika bayi baru lahir. Mulai dari perlengkapan pakaian, sampai dengan perlengkapan sabun dan berbagai hal lainnya. Bahkan, beberapa orang yang baru pertama kali mendapatkan momongan, pasti juga mempersiapkan bak mandi bayi. 

Bak mandi untuk bayi memang tidak sembarangan. Bak mandi ini didesain aman dan nyaman untuk bayi. Ada banyak macam bentuk dan ukuran dari bak mandi ini, semuanya sudah pasti disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang. 

Biasanya, harga bak mandi bayi sendiri beragam. Tergantung pada merek, kualitas, ukuran, dan bentuknya. Sebelum membeli bak mandi ini, kamu harus tau dulu bagaimana tips untuk memilihnya. 

Baca juga: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

Tips Memilih Bak Mandi Bayi 

Mempertimbangkan Bahan Pembuat Bak Mandi 

Tips pertama yang perlu diperhatikan ketika akan membeli bak mandi untuk bayi adalah bahan pembuatnya. Akan lebih baik jika kamu memilih bak mandi yang terbuat dari plastik. Namun, plastik yang dimaksud harus kuat dan ringan. 

Kamu juga harus memperhatikan apakah bak mandinya mengandung bahan berbahaya atau tidak. Salah satu bahan berbahaya yang bisa ditemukan adalah polypropylene plastic. Saat ini juga sudah ada bak mandi tipe vinyl yang bisa diisi dengan angin sebelum dipakai. Hanya saja memang tipe satu ini tidak kokoh dan malah dikhawatirkan akan membahayakan bayi. 

Menyesuaikan dengan Kebutuhan 

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih bak mandi sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak sekali model dari bak mandi ini. Seperti misalnya, bak mandi tiup, bak mandi lipat, bak standar dari bahan plastik, bak mandi berbentuk kursi yang memiliki sandaran, dan lain sebagainya. 

Semua bak mandi tersebut sudah pasti dibuat sesuai kebutuhan. Seperti misal bak mandi bayi lipat yang biasanya cocok untuk dibawa bepergian dengan bayi. Bak mandi ini juga bisa mengemat ruang ketika menggunakannya di rumah. 

Satu hal yang perlu diketahui bahwa memang setiap bentuk dari bak mandi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga memang harus memilih yang sekiranya memberikan lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangan. 

Memperhatikan Ukurannya

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus memperhatikan ukuran dari bak mandi ini. Kedalaman dan besar dari bak mandi bayi baru lahir haruslah cukup. Jangan sampai membeli bak mandi yang justru terlalu dalam, sebab dikhawatirkan bisa membuat bayi tenggelam. 

Pilih juga bak mandi yang memang sebanding dengan ukuran bayi, sehingga bayi tidak kesusahan untuk memegang pinggiran bak ketika sedang berdiri. Perlu diketahui juga bahwa pemakaian dari bak mandi ini hanya untuk bayi di bawah 1 tahun. 

Baca juga: Biaya yang Harus Disiapkan Untuk Kehamilan dan Persalinan Anak Pertama 

Memperhatikan Alas dan Sudut dari Bak Mandi 

Kemudian, untuk memilih bak mandi pun kamu harus memperhatikan alas dan sudut dari bak mandi tersebut. Pilihlah bak mandi yang alasnya tidak licin ketika terkena air. Biasanya, alas yang licin bisa membuat bayi mudah tergelincir. Tentu saja hal ini sangat berbahaya. 

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan sudut-sudut dari bak mandi yang akan dibeli. Pilihlah bak mandi yang tidak memiliki sudut tajam. Sudut tajam ini sangat berisiko melukai bayi ketika bayi tergelincir. 

Pilih Bak yang Mudah Dibersihkan 

Tips lain yang perlu diperhatikan ketika akan memilih dan membeli bak mandiadalah mudah dibersihkan. Biasanya, semakin banyak celah atau detail dalam sebuah bak, maka akan memerlukan banyak waktu untuk membersihkannya. 

Seperti yang kita ketahui, bak mandi ini harus selalu dibersihkan, untuk menghindari risiko bayi terkena penyakit kulit. Oleh sebab itu memang pilihlah bak mandi yang mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan. Kamu bisa memilih bak mandi dengan lubang dan tali penggantung agar mudah kering. 

Memilih Bak Mandi dengan Kaki yang Kokoh 

Selanjutnya, kamu harus memilih bak mandi yang memiliki kaki kokoh. Biasanya memang kaki bak mandi ini sering luput dari perhatian,padahal merupakan bagian penting dari bak mandi. Biasanya, kaki yang kokoh ini bisa membuat bak mandi menjadi tidak mudah bergeser. 

Kamu bisa memilih bak mandi bayi yang memiliki kaki-kaki anti slip atau paling tidak bisa berdiri di atas keramik. Untunglah beberapa bak mandi untuk bayi memiliki kaki berbahan karet, sehingga kamu bisa memandikan bayi tanpa khawatir bak bisa bergeser-geser. 

Membeli Bak Mandi Sesuai dengan Budget 

Beberapa orang banyak yang terobsesi dengan harga sebuah barang, termasuk harga dari bak mandi. Di mana, meskipun banyak sekali bak mandi yang memiliki harga mahal, tapi usahakanlah untuk membelinya sesuai budget saja. 

Jika kamu bisa mendapatkan bak mandi dengan kualitas bagus, dan budget sesuai, lebih baik mengambil bak mandi tersebut. Dibandingkan dengan mencari bak yang memiliki harga mahal, tapi kualitasnya masih belum bisa terjamin. 

Beberapa Tipe Bak Mandi Bayi 

Setelah mengetahui beberapa tips mengenai cara memilih bak mandi, kamu juga perlu tau beberapa tipe dari bak mandi ini. Adapun beberapa tipe yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

Tipe Bak Mandi Lipat 

Pertama, ada tipe bak mandi lipat. Sesuai dengan namanya, sudah pasti bak mandi ini bisa dilipat dan penyimpanannya tidak akan membutuhkan ruang yang besar. Beberapa produk bak mandi lipat memiliki ketebalan sekitar 10 cm. Sehingga sangat memungkinkan untuk bisa disimpan di samping atau belakang mesin cuci. 

Biasanya, tipe ini akan sangat cocok untuk rumah dengan area kamar mandi yang tidak terlalu besar. Namun, hal penting yang perlu diingat adalah beberapa produk membutuhkan sedikit kekuatan untuk membuka lipatannya, jadi kamu harus selalu berhati-hati. 

Tipe Floor standing 

Tipe bak mandi bayi yang selanjutnya adalah floor standing. Tipe yang satu ini merupakan tipe yang sudah ada sejak dulu dan umum digunakan. Dengan tipe floor standing, kamu bisa menopang bayi dengan baik dan stabil ketika memandikannya. 

Menariknya, kamu bisa menggunakan tipe bak mandi ini di mana saja. Kestabilannya yang baik membuat tipe ini sangat nyaman untuk digunakan, terlebih untuk para orang tua baru. 

Tipe Udara 

Nah, kalau tipe bak mandi bayi satu ini bisa digunakan dengan menggembungkannya. Bahannya sendiri sangat lunak seperti pelampung, sehingga tidak akan menyakiti bayi. Tipe ini juga cukup ringan ketika kamu mengeluarkan udaranya, sehingga sangat cocok untuk dibawa bepergian. 

Hanya saja memang tipe ini memerlukan udara untuk mengisinya. Jadi, setiap kali akan menggunakannya, harus memompanya terlebih dahulu. Barulah kamu bisa menggunakan bak mandi ini dengan baik. 

Itulah beberapa hal mengenai bak mandi bayi yang bisa ditemukan. Selain harus mengetahui tips dalam memilihnya, kamu juga harus mengetahui beberapa tipe dari bak mandi ini. 

Baca juga: 5 Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Mama Ketahui

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download