Harga dan Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY

15 Nov 2021 by Laruan

Para penyuka gaming, pasti sudah tak asing dengan produk-produk dari vendor asal Taiwan ini. Setelah mengeluarkan versi ROG dan TUF Gaming FX 504, ternyata ASUS masih belum puas dengan menerbitkan seri selanjutnya. Yaitu ASUS TUF Gaming FX505DY.

Dengan jarak rilis yang tidak terlalu jauh dan performa yang bisa diadu, ASUS TUF Gaming FX505DY ini seolah menyaingi saudara-saudaranya sendiri. Ditambah, laptop ASUS kali ini datang desain yang unik dan tahan banting. Sangat tepat untuk menjadi pilihan para penyuka game yang memiliki budget terbatas.

Keunggulan ASUS TUF Gaming FX505DY

Model menarik dan bodi kokoh menjadi nilai tambah lain dari laptop ASUS seri ini. Selain itu, ASUS juga memberikan performa ngebut dengan mesin AMD dan GPU Radeon untuk laptop seri ini. Menambah panjang alasan mengapa seri ini terlalu sayang untuk dilewatkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY, berikut ini adalah keunggulan dari seri laptop gaming ASUS ini:

1. Desain Asus TUF Gaming FX505DY

Tampilan laptop gaming ASUS FX505DY memiliki konsep minimalis dengan lid cover yang membentuk siluet huruf X. Berbeda dengan seri ROG atau Strix, versi kali ini lebih terlihat chill dan tidak berisik. Cocok untuk Anda yang menyukai laptop dengan tampilan yang elegan.

Body dari lid cover ASUS FX505DY dibuat dari bahan plastik polikarbonat yang cukup tangguh. Disertai finishing brushed (sandblasting) yang presisi. Sehingga, tampilan visual secara keseluruhan terlihat lebih berkelas. Dengan desain tersebut, laptop ASUS seri ini memberikan kesan yang kokoh saat dipegang atau dibawa.

Kekokohan desain dari ASUS FX505DY ini tidak hanya terlihat dari tampilannya saja. Laptop gaming ASUS ini telah mendapatkan sertifikasi standar militer MIL-STD-810G. Tak perlu khawatir jika terbentur maupun terguncang. Untuk pertama kalinya laptop gaming memiliki standar militer.

ASUS meletakkan berbagai connector port di sebelah kiri. Mulai dari port power, port LAN (RJ45), port HDMI, USB port dan Headphone Jack. Dengan penempatan seperti ini, lebih mudah bagi Anda jika ingin menyambungkan laptop ini dengan monitor yang lebih besar.

Sedangkan di sisi kanannya, ASUS hanya menampilkan Kensington Lock. Sayangnya, ASUS tidak menyediakan konektor Type-C pada laptop ini.

Harga dan Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY

ASUS TUF Gaming FX505DY memiliki dimensi dengan lebar 36 cm, panjang 26 cm, dan tinggi 2,6 cm. Dimensi ini merupakan perpaduan yang pas untuk sebuah laptop gaming. Tidak terlalu besar tapi masih dapat memberikan pengalaman bermain game yang nyaman.

Dengan ukuran tersebut, laptop ini juga masih cukup nyaman untuk dibawa-bawa. Apalagi, berat laptop ini hanya sekitar 2,2 kg. Selain memberikan kenyamanan, bobot tersebut juga menjamin keamanan laptop jika harus dibawa bepergian.

ASUS FX505DY datang dengan dua variasi warna yang memberikan kesan misterius dan elegan. Yaitu warna Gold Steel dan Red Matter. Anda bisa memilih warna yang paling sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.

2. Performa Ngebut, Tanpa Bikin Takut

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ASUS FX505DY ini memiliki mesin prosesor AMD Ryzen 5 3550H dengan generasi APU Picasso disertai quad-core Zen+. Sehingga bisa beroperasi dengan kecepatan 2,1 GHz dan Turbo maksimal 3,7 GHz.

Prosesor ini sudah menggunakan teknologi 12nm, jauh lebih efisien dalam penggunaan daya dari generasi Zen sebelumnya. Peningkatan efisiensi ini membuat performa kinerja ASUS FX505DY menjadi lebih baik dan tidak mudah panas.

Dengan kepemilikan mesin yang cukup bagus tersebut, ASUS FX505DY sanggup melakukan multitasking. Contohnya melakukan live streaming sambil bermain game. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menjadi Youtuber gaming.

Hal tersebut dikarenakan adanya dua buah slot SODIMM yang disematkan pada laptop ini. Selain performa laptop ini juga didukung dengan fitur dual-channel memory. Sedangkan RAM bawaannya memiliki kapasitas 8GB dengan jenis DDR4, dengan kecepatan proses 2.666 MHz. Namun, Anda bisa melakukan upgrade RAM hingga 32GB.

Selain prosesor yang ciamik, ASUS FX505DY juga didukung dengan Graphic Processing Unit (GPU) AMD Radeon RX Vega 8 iGPU. Disertai graphic card Radeon RX560X Discrete dengan 1024 streamer prosesor. Sehingga mampu memiliki kecepatan proses sebesar 1172 MHz dan turbo mencapai 1275 MHz.

3. Layar Lebar dan Keyboard Backlight

Memiliki grafis yang baik, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas layar. ASUS FX505DY memiliki resolusi layar 1920 x 1080 pixels. Dengan ukuran layar sebesar 15,6 inch dan teknologi LED disertai kualitas FHD 60 Hz 72% NTSC.

Laptop ASUS FX505DY juga mengusung konsep bezel-less. Sehingga mampu menampilkan layar lebar dan nyaman. Seri ini juga disertai fitur Asus Splendid dan Asus True2Life. Sehingga memiliki optimalisasi warna dan ketajaman layar yang bisa disesuaikan. Angle yang luas dan brightness yang memadai menjadikan seri kali ini sangat baik di kelasnya.

Penampilan keyboard backlight juga menjadi nilai tambah yang menarik. Pasalnya, berbeda dengan TUF Gaming FX 504, seri kali ini sudah disertai TUF Aura Software. Sehingga warna lampu pada keyboard bisa diganti sesuai selera. Adanya keyboard backlight juga dapat memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman.

Dengan seluruh keunggulan ini, ASUS rupanya sangat berbaik hati soal harga. Harga ASUS TUF Gaming FX505DY terhitung sangat aman di kantong. Apalagi jika dibandingkan dengan spesifikasi dan keunggulan yang dimilikinya.

Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY

Tabel Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DY
TipeLaptop Gaming
Dimensi (PxLxT)36.0 x 26.2 x 2.58 ~ 2.68 cm
Ukuran Layar15,6 inci FHD 60 Hz 72% NTSC
Resolusi Layar1920 x 1080 pixels (16:9)
Teknologi LayarLED, anti-glare display
Sistem Operasi (OS)Windows 10 ProBisa di-upgrade ke Windows 11
CPUAMD Ryzen, 3.7 GHz
GPUAMD Radeon RX Vega 8 iGPU
RAM4GB, DDR4, 2666 MHz ; Kapasitas Maksimal: 32 GB
Storage1TB 5400RPM 2.5″ SATA HDD256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Graphic CardRadeon RX560X Discrete GPU
Battery48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
KeyboardBacklight
Berat2.2 Kg
Material BodyPolycarbonate, MIL-STD-810G
KameraWebcam 720P HD Camera
AudioDTS softwareBuilt-in array microphone2-speaker system
KonektivitasWiFi 5, Bluetooth 4.2
Interface1x 3.5mm Combo Audio Jack1x HDMI 2.01x USB 2.0 Type-A2x USB 3.2 Gen 1 Type-A

Harga ASUS TUF Gaming FX505DY

Dengan performa yang luar biasa ini, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas harga. Laptop ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 11 juta. Cukup menarik untuk dilirik. Terutama bagi para gamers yang sedang mencari laptop gaming dengan kemampuan raja, namun harga rakyat jelata.

Jika budget yang Anda miliki tidak cukup untuk membeli laptop ini secara cash, Anda bisa melakukan pembayaran cicilan. Anda juga bisa mendapatkan laptop ASUS ini dengan mengajukan kredit ke Kredit Pintar.

Pengajuan pinjaman di Kredit Pintar bisa dilakukan melalui ponsel saja. Dalam beberapa menit, kredit Anda akan langsung cair dan masuk ke rekening yang sudah Anda daftarkan. Selanjutnya, Anda bisa menyelesaikan transaksi pembelian ASUS TUF Gaming FX505DY di toko pilihan Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload