Manfaat dan Harga Asuransi Motor Terbaik 2022

02 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, berdasarkan laman Badan Pusat Statistik, jenis kendaraan sepeda motor di tahun 2020 berjumlah 115.023.039 unit. Sayangnya, tidak semua pemilik kendaraan sepeda motor tersebut memiliki asuransi motor.

Hal ini dikarenakan minimnya edukasi dan pengetahuan akan pentingnya asuransi motor bagi para pengendara. Padahal, dengan memiliki asuransi ini, para pengendara kendaraan roda dua ini bisa mendapat jaminan perlindungan hingga ganti rugi dari resiko kecelakaan dan lainnya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai asuransi motor, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: https://www.kreditpintar.com/education/cara-membuat-kimchi

Mengenal Apa Itu Asuransi Motor

Pada dasarnya, asuransi motor sama seperti asuransi kesehatan yang menjaminkan perlindungan, pertanggungan, dan ganti rugi. 

Ini berarti, jaminan asuransi motor akan kerusakan hingga kehilangan kendaraan akan menjadi tanggung jawab hukum kepada pihak yang dirugikan saat nasabah menggunakan kendaraan tersebut.

Saat mengalami kehilangan atau pencurian, Sobat Pintar bisa mengalihkan risiko keuangan kepada pihak asuransi. Namun, untuk bisa mendapatkan perlindungan tersebut, Sobat Pintar harus membayar premi secara rutin.

Keuntungan dan Manfaat Memiliki Asuransi Motor

Berikut adalah beberapa manfaat memiliki asuransi motor yang wajib Sobat Pintar ketahui.

Asuransi Motor Memberikan Perlindungan

Sumber: Freepik / Alt Text: Asuransi Motor Memberikan Perlindungan

Seperti produk asuransi pada umumnya, Sobat Pintar bisa merasakan banyak manfaat perlindungan saat memiliki asuransi perlindungan ini. Salah satu manfaat yang bisa Sobat Pintar rasakan meliputi biaya perbaikan, biaya tanggungan akibat kecelakaan, risiko pencurian, dan masih banyak lainnya.

Mengurangi Biaya Perbaikan Kendaraan

Biaya perbaikan kendaraan biasanya akan memakan banyak dana, tidak sedikit bagi para pemilik kendaraan kerap menguras tabungan mereka untuk memperbaiki kendaraannya.

Dengan memiliki asuransi motor, Sobat Pintar dapat meminimalisir risiko biaya perbaikan kendaraan yang tinggi. Dengan begitu, Sobat Pintar tetap bisa memiliki tabungan untuk kepentingan yang lainnya.

Perlindungan Saat Berkendara

Sumber: Freepik / Alt Text: Manfaat Asuransi Motor

Selanjutnya, dengan memiliki asuransi motor, Sobat Pintar bisa merasakan kenyamanan saat berkendara di dalam kota maupun luar kota. Meskipun asuransi dapat mencakup segala biaya risiko kecelakaan dan lainnya, Sobat Pintar tetap harus selalu waspada saat berkendara.

Menikmati Fasilitas Tambahan

Manfaat memiliki asuransi motor yang terakhir adalah Sobat Pintar bisa menikmati fasilitas tambahan yang memudahkan kalian saat mengalami kecelakaan, seperti layanan hotline 24 jam, mobil derek, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa perusahaan kerap menyediakan kendaraan pengganti untuk menjamin aktivitas dan produktivitas nasabah. 

Baca juga: https://www.kreditpintar.com/education/aplikasi-trading-terpercaya-ojk

Bagaimana Memilih Asuransi Motor Terbaik?

Setelah memahami dan mengetahui apa saja manfaat dari memiliki asuransi kendaraan ini, sekarang Kredit Pintar akan membagikan tips cara memilih asuransi motor terbaik supaya Sobat Pintar bisa mendapatkan layanan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Perhatikan PSAKBI secara Teliti

Pertama, Sobat Pintar harus memperhatikan PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia). PSAKBI ini adalah standar yang harus dimiliki oleh perusahaan asuransi bermotor.

Lalu, Sobat Pintar harus memahami dan mempelajari seluruh klausul dan poin yang tercantum di dalam PSAKBI guna memastikan bahwa produk asuransi tersebut menawarkan banyak manfaat yang kalian butuhkan.

Apabila terdapat beberapa poin atau klausul yang tidak kalian pahami, Sobat Pintar bisa menanyakan langsung ke agen asuransi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut oleh mereka. Hal ini sangat penting supaya Sobat Pintar tidak akan salah paham atau mengalami kerugian.

Pilihlah Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan

Hal yang harus Sobat Pintar perhatikan selanjutnya adalah memilih produk asuransi dengan kebutuhan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Hal ini sangat penting supaya Sobat Pintar bisa mendapatkan perlindungan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Pilih Produk dan Manfaatnya Sesuai Dengan Budget

Setiap produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, Sobat Pintar harus pintar menilai dan membandingkan setiap produk asuransi dari perusahaan yang berbeda-beda.

Setelah menemukan beberapa opsi produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kalian, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya premi setiap bulannya. Hal ini sangat penting supaya Sobat Pintar tidak merasa terlalu berat untuk membayar premi.

Periksa Kredibilitas dan Legalitas Perusahaan Asuransi

Asuransi merupakan produk perlindungan yang memiliki banyak manfaat. Tak sedikit pula perusahaan ilegal memanfaatkan nilai produk ini untuk menipu masyarakat.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil produk asuransi mereka, Sobat Pintar harus memeriksa terlebih dahulu kredibilitas dan legalitas dari perusahaan tersebut. Sobat Pintar bisa menanyakan langsung ke agen mengenai nomor izin usaha nya dan cek nomor tersebut di OJK.

Memiliki Kualitas Layanan dan Fasilitas Terbaik

Layanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi juga patut Sobat Pintar perhatikan. Salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh perusahaan tersebut adalah jaringan bengkel mitranya yang luas dan mudah untuk kalian jangkau.

Selain itu, pastikan juga mereka memberikan fasilitas kendaraan pengganti apabila kendaraan Sobat Pintar harus diperbaiki dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: https://www.kreditpintar.com/education/pinjaman-online-yang-terdaftar-di-ojk-2022

Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik 2022

Asuransi Motor Adira

Rekomendasi asuransi pertama adalah asuransi Adira Insurance yang memberikan jaminan TLO (Total Loss Only) apabila Sobat Pintar kendaraan roda dua Sobat Pintar hilang atau rusak akibat kecelakaan. Bahkan, jaminan ini akan mencakup lebih dari 75% atas kerusakan kendaraan kalian.

Saat ini, asuransi Adira memiliki tiga paket yang bisa Sobat Pintar pilih sesuai dengan kebutuhan:

  1. Paket Lengkap: khusus untuk motor dibawah harga Rp. 50 juta.

Produk ini memberikan manfaat: TLO, biaya pengobatan, hingga kecelakaan diri.

  1. Paket Standar: bisa digunakan untuk semua motor.
  2. 50 Juta ke atas: khusus untuk motor diatas harga Rp. 50 juta.

Asuransi Astra

Asuransi Astra menawarkan produk perlindungan motor dengan biaya premi yang cukup terjangkau. Jenis asuransi yang digunakan oleh Astra adalah TLO yang mencakup jaminan tabrakan, benturan, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, dan lain-lain.

Asuransi Sinarmas

Sama seperti asuransi motor Adira dan Astra, Sinarmas menawarkan layanan perlindungan untuk kendaraan roda dua dengan jenis TLO. Menariknya, mereka juga menawarkan biaya premi secara tahunan atau periode.

Avrist General Insurance

Selanjutnya ada Avrist General Insurance yang menawarkan perlindungan menyeluruh dengan memberikan jaminan perbaikan kerusakkan akibat kecelakaan, perbuatan jahat, dan kecelakaan lainnya.

Lippo Insurance

Lippo Insurance juga menawarkan produk perlindungan untuk kendaraan roda dua. Jenis asuransi yang mereka tawarkan adalah TLO. Menariknya, jaminan TLO ini tidak hanya berlaku akibat kerusakan karena kecelakaan atau kehilangan saja. Lippo Insurance juga menerima perbaikan dalam kondisi:

  • Kerusuhan, pemogokan, dan sebagainya.
  • Bencana alam.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Pilihlah Asuransi Motor Sesuai Kebutuhan Sobat Pintar!

Jangan sampai tergiur dengan produk asuransi motor dengan premi yang sangat mahal. Memang, produk tersebut menawarkan jaminan yang jauh lebih lengkap, namun biaya premi setiap bulannya akan memberatkan kalian semua. Sesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan dan dana kalian supaya tidak mengganggu kesehatan keuangan kalian.Terus ikuti Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya. Kredit Pintar adalah perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download