4 Aset Investasi Terbaik di Tahun 2022. Cek Sekarang!

01 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Menjadi kaya tanpa harus bekerja adalah impian semua orang, mulai dari yang muda hingga tua, setiap orang pasti memimpikan hal tersebut. Akan tetapi, mendapatkannya tentu saja bukan perkara yang mudah. Untuk itu, kini banyak bermunculan platform digital maupun kursus yang mengedukasi khusus terkait aset investasi terbaik.

4 Aset Investasi Terbaik di Tahun 2022. Persiapkan Diri Dari Sekarang!

Bagi Sobat Pintar yang belum memulai berinvestasi, tidak ada salahnya untuk mencoba memulainya dari sekarang. Perlu diketahui, bahwa investasi memang tidak dapat membuahkan hasil yang instan. Namun apabila Sobat Pintar mempelajarinya dengan tekun dan giat, maka tidak ada yang tidak mungkin untuk terjadi.

Pengertian Aset Investasi

Sebelum membahas mengenai tips pemilihan aset investasi terbaik untuk Sobat Pintar, penting untuk memahami pengertian investasi terlebih dahulu.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. 

Sedangkan dalam referensi yang lebih spesifik, menurut Otoritas Jasa Keuangan, investasi merupakan sebuah tindakan Penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan (investment).

Dapat disimpulkan bahwa investasi memiliki makna yaitu penanaman modal tertentu untuk meraup keuntungan tertentu. Modal atau aset investasi inilah yang akan Kita bahas dalam tulisan kali ini. 

Pentingnya aset investasi

Aset investasi merupakan tools yang sangat penting untuk menunjang kehidupan. Pasalnya, setiap orang pasti menginginkan “financial freedom” sedini mungkin agar mereka tak perlu lagi bersusah payah memenuhi kebutuhan hidup dimasa depan. 

Cara kerja investasi adalah dengan menyediakan Sobat Pintar rasa tenang akan berbagai kemungkinan buruk yang mungkin akan menimpa hidup Sobat Pintar. Dengan memiliki aset investasi terbaik, Sobat Pintar jadi lebih bisa menikmati hidup dan melakukan banyak hal yang Sobat Pintar inginkan. 

Tak hanya itu, disisi lain, investasi tidak bisa membuat Sobat Pintar kaya dengan instan. Karena dalam investasi diperlukan adanya proses pengelolaan dana untuk menghasilkan jumlah yang lebih banyak. Sehingga, buang jauh-jauh angan Sobat Pintar untuk cepat kaya dengan investasi.

Sebaliknya, investasi mengajarkan Kita semua untuk peduli dengan masa depan dan lebih bersiap akan tantangan finansial yang ada. Selain itu, investasi juga bisa membuat Sobat Pintar menjadi kaya, dengan mengendapkan aset baik material maupun non material dan menambah nilai aset tersebut.

Setelah mengetahui tentang pengertian dan pentingnya investasi, Kita wajib mengerti terkait aset investasi terbaik yang menjanjikan dan bisa Sobat Pintar perhatikan berikut ini.

Rekomendasi Aset Investasi

4 Aset Investasi Terbaik di Tahun 2022. Persiapkan Diri Dari Sekarang!

Lalu apa saja aset investasi patut dicoba? Berikut ini ada beberapa rekomendasi aset investasi yang cocok untuk Sobat Pintar. 

  1. Saham dan Reksadana

Aset investasi yang satu ini memiliki penggemar dari berbagai kalangan usia. Saham dan reksadana juga menjadi tren dikalangan anak muda karena kehadiran beberapa aplikasi tabungan saham, serta kursus reksadana yang sedang naik daun. 

Menggunakan saham dan reksadana memang tidak ada salahnya. Disisi lain, perlu Sobat Pintar ketahui kelebihan dan kekurangannya sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli aset yang satu ini. 

Saham dan reksadana sendiri merupakan aset investasi jangka panjang yang berupa surat berharga kepemilikan dari suara badan usaha, termasuk didalamnya penghasilan serta aset. 

Saham dapat dibeli melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Ketika membeli saham dan reksadana, Sobat Pintar telah dikategorikan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Porsi kepemilikan Sobat Pintar tentu saja sesuai dengan besar investasi yang Sobat Pintar tanam.

  1. Emas

Sebagian orang memilih untuk investasi mudah dan cepat tanpa harus belajar cara membangun usaha. Emas adalah investasi alternatif yang bisa dipilih. Pasalnya, emas memiliki fluktuasi harga yang cenderung stabil dan tidak berubah ubah. 

Aset investasi berupa emas juga merupakan aset jangka panjang seperti saham. Akan tetapi, emas memiliki lebih sedikit risiko jika dibandingkan dengan saham. Apalagi di masa pandemi, harga emas mengalami kenaikan yang cukup stabil.

  1. Properti

Investasi yang satu ini memerlukan modal yang kuat dan dalam jumlah yang besar, akan tetapi memiliki return atau hasil yang besar pula. Selain itu, berinvestasi dalam properti memiliki risiko yang dapat dibilang sangat besar.Beberapa risiko tersebut diantaranya seperti kebakaran, kerusakan properti, hingga bencana alam. 

Perlu diketahui bahwa harga atau nilai properti jarang sekali menurun, pasti meningkat setiap tahunnya.Selain itu, permintaan dari properti juga terbilang meningkat setiap tahun nya akibat penambahan jumlah penduduk. Hal ini membuat properti menjadi aset investasi terbaik yang bisa Sobat Pintar pilih.

  1. Aset Investasi Leher Ke Atas

Aset investasi yang satu ini adalah yang paling penting diantara ketiga aset investasi lainnya. Investasi leher keatas memiliki makna pendidikan, pengalaman dan keterampilan. Hal ini berarti Sobat Pintar harus mengeluarkan sejumlah modal untuk mendapatkan pendidikan, pengalaman serta keterampilan untuk meningkatkan nilai Sobat Pintar.

Sebagai contoh, beberapa orang rela mengeluarkan dana untuk pendidikan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk bisa mengenyam pendidikan  institusi atau lembaga pendidikan yang terkenal. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan skill, kompetensi atau rekognisi tertentu.

Tak sedikit orang percaya bahwa penghasilan atau kekayaan Sobat Pintar ditentukan oleh kapasitas mindset dan cara berpikir Sobat Pintar. Ini berarti, sebanyak apapun uang yang Sobat Pintar punya, jika Sobat Pintar tidak memiliki mindset jutawan, Sobat Pintar tidak akan menjadi jutawan.Sebaliknya, apabila Sobat Pintar memiliki mindset jutawan dengan penghasilan menengah,aka Sobat Pintar akan menjadi jutawan pula.Kesimpulan

Memilih aset investasi terbaik untuk Sobat Pintar layaknya memilih pasangan yang cocok dengan visi yang sama. Semua hal pasti bergantung kepada kebutuhan dan kemampuan Sobat Pintar sebagai pemodal.

Hal yang tak kalah penting yakni, pastikan Sobat Pintar memiliki tujuan dalam berinvestasi. Karena apabila Kita tidak memiliki tujuan tertentu, maka bisa jadi investasi yang Kita tanam tidak akan membuahkan hasil yang begitu melimpah.

Percaya atau tidak, perencanaan juga menjadi hal yang sangat penting sebelum akhirnya Sobat Pintar mengambil keputusan berinvestasi. Pastikan Sobat Pintar telah memiliki sejumlah tabungan, dana darurat serta dana untuk kebutuhan sehari-hari sebelum akhirnya berinvestasi.

Tetap utamakan transparansi dan perhatikan aset investasi mana yang akan Sobat Pintar pilih. Hal ini memudahkan Sobat Pintar untuk bisa memproyeksikan penghasilan di masa depan dari Sobat Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download