Simple Digunakan, Inilah 8 Rekomendasi Aplikasi Desain

16 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 17 Nov 2021

Mendesain sebuah karya memang tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mendesain dengan baik dengan hasil yang memuaskan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia banyak aplikasi desain yang bisa memudahkan Anda. Aplikasi desain ini menyediakan fitur-fitur simple, jadi Anda tidak memerlukan keahlian khusus agar bisa mengoperasikannya. Aplikasi desain ini juga bisa digunakan secara gratis di internet ataupun Anda unduh di perangkat.

Simple Digunakan, Inilah 8 Rekomendasi Aplikasi Desain

Aplikasi desain yang nantinya Anda gunakan, bisa menjadi peluang bisnis yang bisa memberikan Anda penghasilan. Anda bisa memilih aplikasi apa yang paling sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Beberapa rekomendasi di bawah ini bisa Anda coba untuk memulai mendesain. 

1. Canva

Aplikasi desain paling populer saat ini adalah Canva. Siapapun bisa mendesain menggunakan Canva. Caranya pun simple dan mudah. Anda hanya perlu mengakses ke http://www.canva.com dan Anda sudah bisa mulai mendesain. Kebutuhan desain yang beragam bisa diselesaikan dengan Canva. Misalnya Anda ingin membuat logo perusahaan, banner promosi, undangan pernikahan atau undangan ulang tahun, dan beragam kebutuhan desain lainnya. 

Canva menyediakan fitur-fitur desain paling lengkap. Mulai dari fitur bentuk, fitur animasi, fitur gambar, font yang beragam, template desain yang bisa Anda kembangkan, hingga fitur video. Hasil desain dari Canva bisa didownload dalam berbagai format, misalnya PDF atau JPG. Anda bisa membuat desain dalam beberapa layer dan bisa diunduh sesuai kebutuhan, misalnya semua layer atau hanya beberapa layer saja. Canva bisa digunakan di laptop, PC, dan smartphone Anda.

2. Over

Over sering digunakan para pengguna Instagram yang ingin mendesain fotonya menjadi lebih estetik. Over memiliki fitur bagus untuk menggabungkan foto serta mengedit foto. Sama halnya dengan Canva, Over juga menyediakan beragam stok template yang dapat digunakan untuk membuat flyer, poster, logo, cover, atau profil gambar. Aplikasi ini cukup sederhana sehingga mudah digunakan.

Fitur font dan tema yang tersedia ada banyak dengan bentuk-bentuk yang menarik. Anda bisa memilih font disesuaikan dengan kebutuhan desain, misalnya untuk posting desain di sosial media Instagram. Over bisa diunduh di PlayStore maupun AppStore. Coba gunakan Over bagi Anda yang ingin mendesain gambar dengan fitur-fitur yang sederhana, namun tetap menarik.

3. Adobe Spark

Adobe Spark bisa Anda gunakan di Android maupun iPhone. Adobe Spark Post merupakan aplikasi edit foto yang dianggap paling membantu untuk para pebisnis mendesain tampilan foto produk atau untuk promosi. Misalnya Anda sedang merintis usaha kecil, maka dengan bantuan aplikasi desain Adobe Spark akan mempermudah Anda membuat konten. Selain itu, Adobe Spark juga bisa digunakan untuk edit foto sebelum Anda posting di sosial media.

Template yang tersedia ada banyak. Anda bisa memilih template atau desain gambar sesuai dengan tujuan bisnis. Template yang tersedia misalnya tentang food, fashion, travelling, hingga lifestyle. Template yang tersedia dirancang secara profesional dan bisa disesuaikan, mulai dari layout, mengubah teks dan jenis font-nya, hingga.

4. Infinite Design

Aplikasi yang bisa digunakan khusus bagi pengguna Android dengan mengunduh di PlayStore. Infinite design khusus digunakan untuk mengolah desain dengan gambar vektor. Aplikasi ini menyediakan tampilan yang pilihan menunya sederhana. Mudah digunakan karena bisa cepat dimengerti cara penggunaannya. Tampilan menu yang simple, menjadi keunggulan Infinite Design. 

Tools disediakan lengkap, seperti banyaknya pilihan shapes. Bagi Anda para profesional di bidang desain, Infinite Design bisa menjadi pilihan. Gambar apapun bisa di desain di aplikasi ini. Kanvas dan layer tersedia tak terbatas, import dan export gambar bisa dilakukan dengan mudah. File akhir dapat diunduh dalam format PNG, JPG, dan SVG. Bisa digunakan di ponsel Android Anda tentu akan menunjang pekerjaan desain Anda.

5. Figma

Figma menjadi aplikasi yang memudahkan dalam mendesain website, apps, serta berbagai komponen user interface lain. Figma lebih canggih karena bekerja di sebuah cloud dan bisa Anda akses juga melalui browser.  Figma memiliki kelebihan dengan menawarkan sesuatu yang berpotensi jadi clincher untuk designers dan bisnis. Berbagai fitur desain pada Figma cukup familiar sehingga cukup mudah digunakan.

Beberapa fitur lain yang jarang ditemui, misalnya Arc tool dan Vector Networks. Tools tersebut akan menambah pengalaman Anda mendesain. Dengan model penyimpanan via cloud, desain-desain yang Anda buat akan lebih aman karena rentan hilang. Anda juga tidak perlu menyimpan setiap karya yang dibuat karena sudah otomatis ada di cloud penyimpanan.

6. Adobe Illustrator Draw

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Selain itu, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak space pada memori, sehingga aman digunakan walaupun space memori Anda kecil. Dengan Adobe Illustrator, pemula sekalipun bisa dengan mudah menggunakannya. Jadi, walaupun Anda masih pemula, tak perlu berkecil hati, karena aplikasi ini akan memudahkan desain walaupun belum memiliki keahlian desain.

Pada awal menggunakan aplikasi, Anda bisa langsung menekan tombol + pada sisi kanan bawah. Setelah itu Anda akan melihat banyak fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan desain. Kelebihan aplikasi ini adalah warna dan grading yang bagus. Banyak orang mengakui kelebihan pada warna dan grafis yang dimiliki oleh Adobe Illustrator.

7. Desygner

Desygner adalah platform desain yang tersedia di website ataupun aplikasi pada ponsel. Desygner cocok digunakan bagi para pemula di dunia desain, ataupun bagi para profesional yang menekuni bidang desain. Anda bisa membuat konten visual, dengan dukungan dari tools atau alat untuk membuat serta merancang gambar.

Cara kerja Desygner terbukti mudah dan simple. Disediakan template kosong sebagai kanvas menggambar Anda. Di kanvas tersebut, Anda bebas berkreasi untuk mendesain berbagai gambar yang diinginkan. Desygner menjadi aplikasi yang bisa diunduh gratis. Namun, untuk mendapat fitur yang lebih lengkap, Anda bisa juga berlangganan Desygner dengan tipe premium yang akan menyediakan fitur menyeluruh pada pilihan layout, aset gambar, serta dapat mengimpor elemen dari file dengan format PSD dan PDF.

8. Afterlight

Satu satu aplikasi populer yang digemari para anak muda. Afterlight diunggulkan sebagai aplikasi desain yang menyediakan banyak filter yang bisa mempercantik tampilan gambar yang didesain. Afterlight memiliki sekitar 15 adjustments tools dengan 59 filters, ditambah lagi dengan 66 textures. Banyaknya tools yang ada, membuat penggunaannya senang untuk mendesain melalui aplikasi desain ini. 

Dapat diunduh di Appstore ataupun Playstore secara gratis. Tampilan aplikasi ini ramah bagi pengguna, dan simple digunakan. Tools lain yang terdapat pada Afterlight diantaranya, memutar foto, kecerahan foto, kontras, Exposure, dan Straighten. Afterlight sangat sering digunakan untuk mendesain foto yang nantinya akan diunggah ke Instagram atau sosial media lain.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

17 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download