Apa Saja Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Bikin Boros?

29 Jun 2021 by Laruan
Apa Saja Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Bikin Boros?

Sudah tidak menjadi rahasia apabila kehidupan mahasiswa memang dipenuhi oleh berbagai macam beban. Mulai dari beban hidup, sampai beban finansial. Pikiran yang sudah melayang terpikirkan tugas dan skripsi ditambah kecamuk masalah keuangan yang seolah tidak habisnya. Sebenarnya, apa saja kebiasaan buruk mahasiswa yang bikin boros, yang akhirnya menjadi penyebab malapetaka ini?

Setiap mahasiswa tentu memiliki pengeluarannya tersendiri. Sulitnya adalah membedakan mana pengeluaran yang sifatnya wajib dan tidak wajib. Terkadang, gaya hidup yang salah membuat kita masuk kedalam lubang pengeluaran yang semakin membuat kita makin boros. Akhirnya, bukannya tabungan yang gendut, malah tabungan yang kian menipis.

Untuk mengetahui apa sebab pengeluaran yang banyak ini, tentu kalian harus melihat apa saja saja kebiasaan buruk mahasiswa yang bikin boros, agar bisa kalian jadikan pelajaran kedepannya, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa yang Membuat Mahasiswa Boros?

1. Selalu Membeli Buku yang Baru (yang belum tentu dibaca)

Apa saja saja kebiasaan buruk mahasiswa yang bikin boros? Salah satunya yang jelas adalah membeli buku yang baru terus menerus. Apakah Sobat Pintar benar-benar perlu membeli buku pelajaran yang baru? Apa Sobat Pintar beli buku baru yang fresh karena butuh atau gaya hidup saja?

Hematlah uang kalian dengan membeli buku lama, menyewa, atau beralih ke buku digital saja. Saat ini, beberapa universitas bahkan menawarkan program penyewaan buku teks sehingga kalian tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membeli yang baru. 

Jika kampus kalian tidak memiliki program persewaan semacam ini, carilah di toko buku lokal atau online. Pastikan untuk membandingkan toko untuk mendapatkan harga yang terbaik.

2. Salah Memilih Kartu Kredit atau Bank

Jika kalian sebagai mahasiswa akan mendaftar untuk kartu kredit, pilihlah dengan bijak. Duduklah bersama orang tua dan lihat syarat dan ketentuan setiap kartu yang dipertimbangkan. 

Pahami bahwa memiliki kartu kredit bukanlah ajakan terbuka untuk mulai belanja sembarangan. Kalian tentu harus melunasi hutang itu — dengan bunga pula. Jadi, jangan sampai gunakan kartu kredit untuk puaskan gaya hidup.

3. Makan Terlalu Banyak

Dengan tidak adanya orang tua untuk menyiapkan makanan rumahan, mahasiswa sering sekali membeli makanan secara sembarangan, baik itu makan di restoran cepat saji, atau makan di luar di restoran. Bahkan jika makanan ini hanya berharga 20-50 ribuan saja, jumlahnya bertambah seiring waktu jika kalian memutuskan untuk makan di luar tiga atau empat kali seminggu. 

Kalau dihitung, biayanya sekitar 80 sampai ratusan ribu tiap minggunya, yang justru bisa kalian manfaatkan untuk hal lain. Selain itu, pola makan yang buruk dapat berdampak buruk bagi kesehatan kalian juga. Jadi, akan lebih baik jika kalian memiliki rencana makan untuk menyusun menu sehat, sekaligus jadwal makanan yang tepat.

Jadi, hindari apa saja saja kebiasaan buruk mahasiswa yang bikin boros, dan mulailah hidup dengan lebih tertata. Apabila kalian merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan utama, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama Kredit Pintar.

Aplikasi pinjaman online ini akan memberikan dana secara cepat, sehingga kalian yang sedang terdesak akan memenuhi kebutuhan bisa segera tertolong. Pembayarannya juga sangat mudah, dan kalian tidak perlu membayar bunga yang tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Cek Kredit Pintar sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload