Apa Itu Blockchain? Simak Artikel Berikut

09 Apr 2021 by Laruan
apa itu blockchain

Meski semakin populer di Indonesia, banyak dari kita yang masih menanyakan arti sebenarnya dari apa itu blockchain. Blockchain sendiri merupakan teknologi yang sudah terlebih dahulu populer di kalangan IT, dan kini sudah merambah kalangan umum.

Pemanfaatan teknologi blockchain berfokus pada keamanan data, yang mana membuka peluang untuk berbagai bidang, terutama keuangan. Selain daripada menggunakan aplikasi keuangan seperti Kredit Pintar, blockchain juga memberikan akses kemudahan dan keamanan.

Nah, apabila ada dari kalian yang sedang mencari pinjaman rupiah, blockchain bisa menjadi teknologi mutakhir, dan info selengkapnya akan kami bahas di bawah.

Untuk menjawab apa itu blockchain, mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Blockchain

Seperti yang kalian semua tahu, blockchain terdiri dari dua kata, block dan chain. Block bisa diartikan sebagai kelompok atau group, sedangkan chain adalah rantai.

Secara umum, kedua kata ini sudah menjelaskan gambaran utama dari teknologi ini. Sederhananya, blockchain menggunakan sebuah resource berupa komputer untuk membentuk dan membangun blok-blok yang saling terhubung untuk bisa melakukan sebuah transaksi, tanpa adanya perantara.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pinjam uang dengan cepat dan bunga rendah, seperti yang bisa kalian temukan pada aplikasi-aplikasi finansial.

Cara Kerja Blockchain

Sebelum membahas mengenai potensi pinjaman rupiah dari teknologi blockchain dan memahami memahami apa itu blockchain lebih dekat, mari kita pahami dulu cara kerjanya.

Pada sistem blockchain terdapat dua jenis record, yakni blok dan transaksi. Tiap blok ini unik dan berbeda yang berisikan hash kriptografi unik untuk membentuk sebuah jaringan.

Fungsi dari hash kriptografi tersebut adalah untuk transfer output berupa compact string yang berasal dari blok asal. Guna dari string ini adalah sebagai alarm jika ada sabotase yang mengganggu jalannya transaksi.

Selain koneksi langsung, blockchain memiliki sifat desentralisasi yang mana tidak bisa dikendalikan oleh otoritas manapun. Tiada satupun otoritas yang memiliki kekuasaan secara penuh atas yang lainnya, karena semua data sudah terpecah pada tiap-tiap komputer yang terhubung.

Apabila dilihat di permukaannya, blockchain mirip dengan Google Doc. Analogi Google Doc nampak lebih mudah dipahami khalayak umum.

Tentu kalian sudah familiar dengan fungsi Google Doc, bukan? Dengan fitur ini kalian bisa memberikan akses pada orang-orang dengan link yang sudah kalian berikan. Hal ini secara langsung memberikan jaringan atau rantai pada orang lain untuk memberikan perubahan pada dokumen yang sama.

Semua perubahan akan disimpan secara real time, tanpa harus menunggu persetujuan dari salah satu pihak. Dan setiap perubahan sifatnya transparan dan mudah dideteksi.

Nah, dengan analogi tersebut, apakah kalian sekarang sudah paham apa itu blockchain?

Pemanfaatan Blockchain dengan Baik

Salah satu bidang utama dalam pemanfaatan blockchain adalah keuangan. Pengguna bisa mendapatkan pinjaman rupiah dengan lebih aman, layaknya menggunakan aplikasi finansial terpercaya seperti Kredit Pintar.

Transaksi bisa dilakukan dengan transparan, lebih aman, dan tidak perlu repot melakukan proses birokrasi yang rumit. Blockchain juga bisa meminimalisir adanya uang haram seperti korupsi maupun suap, karena semua data bersifat transparan.

Namun selain dari bidang keuangan, potensi blockchain juga menjangkau industri lainnya, seperti bidang medis, pertanian, dan juga telekomunikasi.

Pemanfaatan Blockchain Untuk Pinjaman Uang

Salah satu pembuktian bahwa blockchain bisa membantu ekonomi masyarakat adalah program layanan keuangan dengan basis desentralisasi data atau DeFi. Layanan ini bisa dinikmati para pengguna Indonesia yang ingin pinjam uang dengan aman.

Tokocrypto merupakan salah satu penyelenggaranya. Dengan mengadopsi sistem DeFi yang menggunakan potensi teknologi blockchain, layanan ini bisa mulai dinikmati sejak bulan Agustus 2020.

Meski tampak menggiurkan, masyarakat yang masih aman tentu masih harus belajar mengenai sistem blockchain dan DeFi itu sendiri.

Alternatif Pinjaman Uang yang Lebih Mudah

Salah satu alternatif termudah dan praktis untuk mendapatkan pinjaman dana adalah lewat aplikasi. Kredit Pintar merupakan salah satu metode aman bagi kalian untuk bisa mendapatkan dana dengan cepat dan aman.

Resmi diawasi OJK dan bersertifikat, seluruh pengguna bisa mendapatkan pinjaman kurang dari 5 menit. Selain itu, mereka juga bisa menikmati keuntungan berupa bunga rendah, yang tentunya sangat menguntungkan.

Jadi, bagi kalian yang sedang mencari dana dengan cepat, gunakan Kredit Pintar.

mobile-closeKredit PintarDownload